Kitabisa! - Bantu Pemberdayaan Petani Kopi Desa Senaru
Bantu Pemberdayaan Petani Kopi Desa Senaru

Bantu Pemberdayaan Petani Kopi Desa Senaru

Rp 4.638.446
terkumpul dari Rp 20.000.000
45 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Desa Senaru terletak di kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Desa ini juga menjadi salah satu destinasi wisata karena menjadi gerbang jalur pendakian Gunung Rinjani sehingga masyarakat mayoritas menggantungkan hidupnya dengan menjadi porter, guide, jasa homestay, dan trekking organizer pendakian. Namun, rangkaian gempa yang mengguncang Lombok tahun 2018 silam sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat. 

Rusaknya infrastruktur wisata akibat gempa dan ditutupnya jalur pendakian hingga waktu yang belum ditentukan praktis menurunkan jumlah kunjungan wisatawan. Bahkan maret 2019 silam gempa kembali mengguncang Lombok dan menewaskan 2 orang wisatawan di Desa Senaru. Kini warga Senaru kehilangan pendapatan dan bertahan hidup dengan beralih pekerjaan salah satunya melalui berkebun kopi.

Desa Senaru yang berada di dataran tinggi dikaruniai dengan tanah yang subur sehingga tanaman kopi jenis robusta dan arabika yang dibudidaya secara organik dapat tumbuh dengan baik. Sayangnya warga Senaru masih melakukan pengolahan kopi secara tradisional mulai dari penanaman, panen, produksi, bahkan pengemasan untuk dijual. Hasil panen kopi juga tidak maksimal karena buah yang dihasilkan sangat jarang bahkan pohon kopi sering didatangi hama burung dan monyet sebelum dipanen. Kopi masih disangrai dengan cara tradisional dengan kuali dan kayu di atas kayu bakar. Kopi juga dijual dalam bentuk bubuk dengan kemasan plastik yang masih sederhana.

Untuk meningkatkan daya produksi dan daya jual, Sebumi dan IATSS Forum bekerjasama dengan Ngoepi dan Scopi menginisiasi pelatihan budidaya dan pengelolaan kopi bersama petani. Dalam kegiatannya petani akan dilatih untuk mengelola kopi dari hulu hingga hilir mulai dari dari pembuatan benih, penanaman, perawatan kebun, cara setek, panen buah kopi, penjemuran, roasting, perhitungan ongkos produksi, serta menyeduh kopi hingga dituang ke dalam cangkir.

Selain itu sebagai bentuk tindak lanjut pasca pelatihan, para petani akan dihibahkan mesin pemanggang kopi dan alat pressing kemasan yang akan digunakan di desa secara swadaya. Total kebutuhan dana pembelian alat sebesar Rp. 20,000,000 dan kami harus mengumpulkan dana segera agar warga desa Senaru dapat mengolah kopinya sendiri.

Untuk mewujudkan semua ini, tentu kami tidak bisa melakukannya sendirian. Kami membutuhkan bantuan dan partisipasi Anda untuk membantu masyarakat Desa Senaru memiliki kapasitas pengelolaan kopi yang lebih baik.

Caranya:

1. Klik "Donasi Sekarang".

2. Masukkan nominal donasi.

3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Mandiri/Kartu Kredit).

4. Anda akan mendapat laporan via email.

Setiap rupiah yang Anda donasikan, adalah kontribusi nyata untuk memberdayakan petani kopi Indonesia di masa depan.

#rebuildrinjani #kopirinjani #sebumiberbagi #IATSSForum #Scopi #Ngoepi #lombok

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (45)