Kitabisa! - Bantu Petani & Pengrajin Organik Lokal
Bantu Petani & Pengrajin Organik Lokal

Bantu Petani & Pengrajin Organik Lokal

Rp 8.187.128
terkumpul dari Rp 250.000.000
73 Donasi hari lagi

Cerita

Alam Indonesia memiliki potensi dan kekayaan yang sangat besar. Akan tetapi industri dan gaya hidup seringkali menyisakan kerusakan pada alam dan bahkan pada individu itu sendiri.

Permasalahan kerusakan lingkungan dan peningkatan jumlah kasus lifestyle disease (penyakit yang diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat) kemudian menjadi pemicu untuk mencari solusi dengan kembali kepada alam dan kearifan lokal. Bahkan bagi sebagian orang, prinsip selaras alam dan kearifan lokal masih menjadi pegangan hidup termasuk dalam mencari penghasilan. Bukan hanya para petani organik, namun juga para perajin yang mengolah produk-produknya dengan cara tradisional dan alami.

Banyak dari petani dan perajin ini memilih cara organik dan tradisional semata-mata karena menyadari dan peduli akan dampak buruk yang diakibatkan oleh zat aditif. Sebagian dari mereka bahkan berangkat dari lingkungan yang tidak menyenangkan, yaitu karena melihat atau mengalami sendiri penyakit lifestyle disease seperti stroke, diabetes, autoimun, cancer, dan sebagainya.

Sebagian besar dari petani organik dan perajin alami di Indonesia merupakan pelaku industri mikro, kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan dana. Mereka harus menghadapi derasnya tantangan dari pelaku industri besar, yang umumnya mengolah produk dengan menambahkan bahan-bahan kimia yang sejatinya berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Tak kalah pentingnya, diperlukan juga edukasi bagi masyarakat agar dapat mengetahui setiap produk yang mereka konsumsi dan dampaknya bagi diri mereka sendiri. Juga untuk menumbuhkan kecintaan terhadap karya anak bangsa dan kepada alam Indonesia.

Kini, lebih dari 600 petani organik dan perajin produk alami lokal dari seluruh Indonesia tergabung dalam Komunitas Organik Indonesia (KOI). Sepanjang kiprahnya selama sembilan tahun, KOI secara konsisten mengadakan event dan memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya membantu petani dan perajin lokal.

Tahun ini, KOI melalui badan usahanya; KOPSI (Koperasi Produk Sehat Indonesia) berupaya untuk memberikan solusi kepada lebih banyak petani dan perajin lokal yang berasal dari daerah, yang memiliki dana sangat terbatas. Solusi yang saat ini telah dijalankan adalah dengan mendistribusikan produk-produk alami dan organik daerah ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang dan Jogjakarta. KOI juga mendisitribusikan produk-produk tersebut melalui situs belanja bernama Organik.id yang dapat diakses dari seluruh Indonesia.

Akan tetapi, dikarenakan KOI adalah komunitas yang juga memiliki pendanaan terbatas (hanya dari iuran dan sumbangan anggota), maka KOI memerlukan bantuan untuk mengangkat kekayaan alam dan kearifan lokal negeri ini. Adapun pendanaan tersebut akan digunakan untuk keperluan sebagai berikut:
1. Untuk pembelian / pengadaan produk dari petani dan perajin kecil di daerah
2. Modal awal (biaya sewa dan biaya operasional) toko,
3. Biaya pembuatan dan maintenance situs belanja Organik.id
4. Rekrutmen tenaga professional untuk mengelola kegiatan ini.

Dengan membeli produk organik, kita tidak hanya menyelamatkan lingkngan namun juga menyelamatkan diri kita sendiri. Dengan membeli produk lokal, kita membangun ekonomi bangsa, membantu para petani dan perajin kecil menyediakan makanan untuk keluarganya, serta membantu anak-anak mereka agar dapat bersekolah.

Ayo tunjukkan kepedulianmu terhadap lingkungan, karya anak bangsa dan kesehatan kita sendiri. Bantu kami dengan berdonasi sekarang!

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (73)