Kitabisa! - Pita Biru untuk Elang
Pita Biru untuk Elang

Pita Biru untuk Elang

Rp 132.129.306
terkumpul dari Rp 300.000.000
595 Donasi 0 hari lagi
witjak bobi
Akun belum terverifikasi

Cerita

Saya, Witjaksono Agung Nughrahanto adalah teman dari om Adhi Prayogo yang putra tunggalnya yaitu Elang Rizky Pratama (7thn) mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka bakar serius.


Kronologi kejadian: hari Senin tanggal 12 September 2016, Elang dan teman-temannya ikut merayakan Idul Adha dengan membakar sate daging Qurban bersama warga tetangga disekitar rumahnya. Warga sedang mempersiapkan arang untuk memanggang sate daging Qurban dan salah satu bapak/tetangga menambahkan spirtus ke tempat pembakaran yang kemudian api menyambar ke botol spirtus yang dipegang bapak tersebut, namun sayang reflek/reaksi yang kurang bagus sehingga botol spirtus dengan api menyala tersebut dilepas kearah belakang (karena dibagian depan bapak itu ada warga lainnya). Naas-nya, botol spirtus tersebut mengenai Elang dan 2 teman lainnya yang berada dibelakang bapak tersebut. Elang sempat membantu salah satu temannya yang terkena dampak botol spirtus tersebut dibagian kaki, sayangnya hal itu justru mengakibatkan luka yang diderita Elang lebih (paling) parah dibanding 2 teman lainnya.Satu orang teman Elang yang lainnya mengalami luka bakar pada sebagian wajah. Saat kejadian, Elang berguling di aspal untuk mematikan api kemudian pulang/masuk ke rumah dan langsung mengguyur badannya di kamar mandi. Setelah itu Elang di evakuasi oleh keluarga ke RS Mitra Keluarga - Depok hingga akhirnya di rujuk untuk pengobatan dan perawatan di RS Pusat Pertamina dikarenakan memiliki Ruang/Unit Khusus Luka Bakar.


Motivasi saya melakukan penggalangan dana untuk pengobatan dan perawatan Elang:

  1. Rasa salut dan simpatik saya terhadap Elang dengan usia yang masih kecil namun sudah memiliki keberanian untuk menolong temannya yang sedang dalam musibah/membutuhkan pertolongan.
  2. Keluarga Elang adalah keluarga baik-baik, tidakan Elang diatas merupakan sifat yang diturunkan dan dicontohkan oleh Ayah Elang (Om Adhi) yang juga merupakan bagian dari keluarga besar dan aktif didalam Organisasi Mapa Gunadarma, dimana rasa sosial dan pengorbanan untuk teman/sesama manusia dan alam begitu tinggi walaupun tidak jarang membahayakan/mengorbankan diri sendiri. *crying*
  3. Alasan yang paling penting adalah biaya yang sudah dikeluarkan hingga saat ini sudah melebihi limit yang diberikan oleh pihak asuransi, dan pihak keluarga sudah berusaha untuk menutupi kekurangannya namun kekurangan biaya belum dapat tertutupi juga. *RS Pusat Pertamina tidak melayani fasilitas BPJS


Info Medis:Dokter menginformasikan bahwa luka bakar yang diderita hingga 50% dengan luka bakar tingkat 2 (Tangan, kaki dan wajah) dan tingkat 3 (bagian badan/dada). Operasi pertama untuk pengangkatan luka pada kulit sudah dilakukan tanggal 13 September 2016. Elang harus menggunakan alat bantu pernapasan yang dipasang langsung (by pass) pada leher karena terdapat peradangan di tenggorokan akibat luka bakar yang dialami. Elang masih dalam keadaan sadar dan mampu berinteraksi walaupun hanya sebatas dengan menggerakkan kaki, tangan atau anggukan kepala karena sudah tidak bisa lagi berbicara akibat dari pemasangan alat bantu pernafasan.

Per tanggal 15 September 2016 diketahui terdapat infeksi di bagian paru-paru yang menyebabkan penurunan grafik kondisi kesehatan Elang. Hari Rabu tanggal 21 September 2016 direncanakan dilakukan operasi kedua untuk pengangkatan/pengupasan kulit mati yang ada dibagian perut dan tangan.

Elang membutuhkan 10 botol/tabung cairan imun (Oktogam) untuk menumbuhkan sel-sel kulit baru pasca operasi pertama hingga masa kritisnya lewat. Adapun biaya untuk 1 tabung/botol cairan imun sekitar 4 juta rupiah sehingga diperlukan dana sekitar 40 juta rupiah. Biaya kamar sebesar 10juta rupiah per hari (include peralatan, tidak termasuk biaya dokter, tindakan & obat-obatan), sedangkan biaya yang sudah dikeluarkan hingga saat ini sudah melebihi limit yang diberikan oleh pihak asuransi. Masa kritis yang harus dilewati selama pemulihan diperkirakan 2-3 minggu dan selanjutnya Elang masih membutuhkan perawatan dan dilakukan 2 sampai 3 kali lagi tindakan operasi.

Update Info: Informasi mengenai perkembangan kesehatan Elang akan terus disampaikan melalui akun Facebook Dani Novana dan juga pelaporan hasil penerimaan donasi akan disampaikan melalui akun Facebook tersebut. Bagi Bapak dan Ibu yang memiliki waktu luang dan ingin bertemu langsung dengan Elang dan keluarga dapat mengunjungi (melihat dari balik kaca ruang steril/isolasi tempat Elang dirawat) Ruang Luka Bakar-Burn Unit di RS Pertamina Pusat Lantai.2 - Jakarta. Untuk informasi lainnya Bapak dan Ibu bisa menghubungi Om Adhi di nomor telepon 08111611980, Tante Dani di nomor telepon 082219137991

Semoga Allah SWT memberikan balasan pahala atas kebaikan dan amal baik kepada Om dan Tante yang telah memberikan bantuan untuk Elang, besar atau kecilnya bantuan yang diberikan akan tetap menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi Elang dan keluarga pada saat ini dan saya sebagai pribadi hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan kepedulian Om dan Tante semua......Aamiin

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (595)