Kitabisa! - Dapur Umum Rachel Vennya Untuk Lombok
Dapur Umum Rachel Vennya Untuk Lombok

Dapur Umum Rachel Vennya Untuk Lombok

Rp 446.038.730
terkumpul dari Rp 500.000.000
4894 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Hai teman-teman!

Aku Rachel Vennya.

5dd9374d3b28bdca8133ce26964f8f5d0dae6e85.jpeg

Aku mau mengajak teman-teman semua untuk membantu para pengungsi korban gempa di Lombok yang kelaparan dengan mendirikan Dapur Umum bersama ACT (Aksi Cepat Tanggap).


“Sudah sejak gempa pertama, pasarnya belum ada yang berani buka. Semuanya juga jadi korban gempa. Mungkin rumah mereka juga sama seperti rumah saya. Ambruk. Jadi susah kalau mau cari sayur, telur, daging dan gas elpiji untuk masak,” keluh Runi, salah satu pengungsi.

755c8a9b5c2bcfc55a75a70ce2e7ab79ae7a1532.jpeg

Di pengungsian, warga Lombok hanya makan sehari sekali

Memasuki pekan ketiga sejak gempa 6.4 SR pada Ahad (29/7) melanda, 390.529 korban gempa Lombok masih padati pengungsian. Tenda-tenda terpal darurat dipenuhi puluhan hingga ratusan warga.Tak ayal, pemenuhan kebutuhan makanan dan minuman menjadi hal yang sulit.

Hampir sebulan tinggal di tenda pengungsian, warga masih terancam kelaparan. Penyaluran makanan di pengungsian sering terkendala dan tidak merata. Akibatnya, kadang mereka hanya makan sehari sekali saja. Berebut makanan juga tak terhindarkan.

Dapur Umum dan Food Humanity Truck ACT Hadir di Tengah Warga Pengungsi

Namun, Juli sampai awal Agustus, ACT sudah mengaktivasi sebanyak 8 dapur umum di Posko Kemanusiaan ACT. Dapur umum berdiri di beberapa wilayah di Lombok di antaranya Gunung Sari, Pemenang, Tanjung, Gangga, Kayangan, Bayan, Obel-Obel, sampai Sembalun.

8dcb8e2b738cfd6e4db48a087e26cd54fabfa0a4.jpeg

Setiap harinya, seluruh Dapur Umum ACT yang tersebar di Lombok Barat, Lombok Utara, sampai Lombok Timur menyiapkan ribuan porsi makanan. Pada siang dan sore hari, makanan siap saji dan padat gizi didistribusikan untuk pengungsi di tenda-tenda pengungsian.

Bersamaan dengan Dapur Umum, perjalanan Humanity Food Truck ACT telah dimulai dari Mataram dan terus akan berkeliling ke titik-titik pengungsian. Dari Food Truck, 500-1000 paket makanan siap saji akan diberikan kepada warga Lombok.

b9cw_Ymu6XUqP90GfsjBhl4deLXnxCu0BLES7zVIgYxk-_r6-pHzBUsWz6OzmhKqhMnogfK-jl2NoL3uXpAcnIAMUHp_XiurKMbpSqMp5KbJwaOyW1x-YMpzwKXa-c6a4RzOUyI5

Dapur Qurban Gantikan Dapur Umum Saat IdulAdha

Pada IdulAdha, Dapur Umum ACT mengebul, disulap sementara menjadi Dapur Qurban. Di beberapa wilayah di Lombok Utara, kaum perempuan dengan keterampilan memasaknya, dibuat sibuk untuk mengolah daging menjadi santapan lezat dan bergizi khas IdulAdha.

Di salah satu desa di Kecamatan Tanjung, Desa Penjalin, kelak air dan daging goreng jadi santapan andalan khas warga. Tawa dan canda menutup Hari Tasyrik ke dua dengan makan bersama, menyatukan pengungsi dan relawan ACT.

Mari, bantu lanjutkan perjuangan Dapur Umum ACT untuk membantu pengungsi yang kelaparan.

Cara berdonasi:

  1. Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Kartu Kredit)
  4. Dapat laporan via email

Terima Kasih teman-teman semua!

Salam

Rachel Vennya

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Donasi (4894)