Kitabisa! - #RubiForMuba - Waktunya Guru Beraksi!
#RubiForMuba - Waktunya Guru Beraksi!

#RubiForMuba - Waktunya Guru Beraksi!

Rp 33.600.757
terkumpul dari Rp 30.610.500
113 Donasi 0 hari lagi

Cerita

"Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik” - Anies Baswedan

Kami adalah orang-orang yang dipertemukan atas satu cita-cita yaitu untuk kemajuan pendidikan. Kami adalah sekelompok relawan yang peduli bahwa kesuksesan pendidikan tidak luput dari kualitas pendidik. Ruang Berbagi Ilmu adalah sebuah gerakan dari Indonesia Mengajar yang berbentuk wahana aktivitas yang bertujuan meningkatkan kapasitas penggerak pendidikan daerah melalui pelatihan dan pendampingan dari narasumber-narasumber berlevel nasional yang berkompeten. Suatu kehormatan bahwa Kabupaten Musi Banyuasin (Sumatera Selatan) menjadi salah satu tempat yang terpilih untuk penyelenggaraan Ruang Berbagi Ilmu di Tahun 2016. Tercipta Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin menjadi tonggak dan trigger terhadap pengembangan kapasitas pendidik daerah di Kabupaten Musi Banyuasin.

Visi kami adalah setelah penyelenggaraan Ruang Berbagi Ilmu di Musi Banyuasin akan tercipta semakin banyak penggerak pendidikan daerah yang mampu membuat ruang-ruang berbagi ilmu lainnya bagi rekan sejawatnya dengan pergerakan dari inisiatif mereka sendiri, tanpa bantuan Indonesia Mengajar ataupun kami Relawan.

72535f685f990e9d80b50de8d20f48a3dba70ab8

illustrated by Marsela Christie

Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin dapat diilustrasikan seperti ilustrasi gambar diatas. Kemasan Kegiatan Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin adalah Training For Trainers dengan judul besar "Waktunya Guru Beraksi" dengan fokus topik Motivasi Guru, Leadership and Self Management, dan Metode Belajar Kreatif. Pelaksanaan akan diselenggarakan pada 2 Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin; Kecamatan Lalan dan Bayung Lencir, yang akan dilaksanakan secara paralel pada tanggal 30 April dan 1 Mei. Peserta dalam Ruang Berbagi Ilmu (RUBI) Kabupaten Musi Banyuasin ini adalah 80 pengajar di 2 kecamatan yaitu Bayung Lencir dan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin.

Kenapa kami mendesain acara kami seperti ini?

Karena berdasarkan apa yang dirasakan oleh pengajar-pengajar muda penempatan musi banyuasin bahwa pengembangan kapasitas dari sisi leadership, motivasi, dan metode belajar kreatif lah yang dirasa perlu untuk ditingkatkan.

Kenapa kami menyelenggarakan acara ini secara paralel di 2 kecamatan, tidak di Kabupaten?

Karena apabila diselenggarakan di Kabupaten Musi Banyuasin kendala jarak dan biaya yang akan membebani guru-guru di desa untuk ke kabupaten, serta akomodasi penginapan untuk mereka selama di kabupaten, karena kami berpikir akan jauh lebih efisien dari segi dana dan juga mobilitas maka kami memutuskan untuk menyelenggarakan di desa tempat guru-guru itu berada.

Dan Kenapa kami melakukan Crowdfunding #RubiForMuba?

Kami sangat menyadari bahwa kepedulian dan bekerja dengan hati akan menciptakan berbagai jalan untuk satu niat. Meski kendala terbesar kami pasti tidak jauh dari dana untuk penyelenggaraan acara ini, Namun kami yakin bahwa diluar sana masih banyak teman-teman yang peduli dengan apa yang kami niatkan untuk guru-guru di desa Kecamatan Lalan dan Bayung Lencir. Total Dana yang kami butuhkan untuk menyelenggarakan acara ini adalah Rp 24.520.000.

Kenapa donasi Anda diperlukan untuk #RubiForMuba?

Cuplikan video kami adalah salah satu kegiatan yang dilakukan guru-guru di desa bayung lencir untuk berkembang bersama-bersama rekan sejawatnya dalam kegiatan yang dinamakan Kelompok Kerja Guru. Mereka sudah sangat menantikan Ruang Berbagi Ilmu di desa mereka untuk pengembangan kapasitas mereka lebih jauh lagi dengan pendampingan dari narasumber berkaliber nasional. Bantu guru-guru di desa kecamatan Lalan dan Bayung Lencir untuk lebih berkapasitas dengan Ruang Berbagi Ilmu. Dan bantu Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin untuk menciptakan Gugus Guru Inspiratif Muba yang siap memberikan ruang berbagi ilmu bagi rekan sejawatnya di semua desa di Kabupaten Musi Banyuasin setelah acara ini berhasil dilaksanakan.

42763baaf72ec30e18649127676c8c64398bb01a

Semua dana yang terkumpul akan digunakan untuk akomodasi relawan panitia ke desa, konsumsi untuk acara, perlengkapan untuk acara, administrasi, dan apresiasi untuk guru-guru di desa yang menjadi peserta Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin. Pertangunggungjawaban akan kami update melalui campaign ini di situs kitabisa.com, akun twitter Ruang Berbagi Ilmu Musi Banyuasin, ataupun melalui email pribadi dari kami langsung ke donatur.

Donasi dapat dilakukan melalui campaign ini dengan prosedur dari situs kitabisa.com

Pertanyaan, Konfirmasi atas donasi yang telah diberikan atau segala kebutuhan informasi mengenai Crowdfunding #RubiForMuba harap menghubungi Yudho Bintoro Sandi selaku Contact Person kami di +6285267588551 (Whatsapp dan Nomor Handphone)


094186a9e152b212a5acdc53a26fc26e5d1ce690

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (113)