Kitabisa! - Hadiah Rumah Layak untuk Hari Tua Wak Isa
Hadiah Rumah Layak untuk Hari Tua Wak Isa

Hadiah Rumah Layak untuk Hari Tua Wak Isa

Rp 169.811.060
terkumpul dari Rp 300.000.000
4361 Donasi 0 hari lagi
Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan
Akun telah terverifikasi
Bagian dari Lets ACT Indonesia

Cerita

Wak Isa diselamatkan dari hidup menggelandang oleh keluarga baik hati yang kondisi ekonominya sulit. Sayangnya, rumah yang kini mereka tempati bersama, sudah tak layak dan memprihatinkan.

***

2a15452a-7fad-4787-bd14-bb3c832f4bc2.jpg

Namanya Annisa, atau orang sekitar memanggilnya Wak Isa. Usianya saat ini diperkirakan mencapai 85 tahun.

Sudah 4 tahun ini, Wak Isa hidup bersama keluarga Bapak Yamin yang tergolong tidak mampu di salah satu kampung di Kecamatan Sematang Borang, Palembang. Wak Isa sendiri tinggal di salah satu bilik yang dibuatkan oleh keluarga baik hati ini.

Wak Isa sebelumnya hidup menggelandang. Pak Rohman (kakak ipar Pak Yamin), selama beberapa hari melihat Wak Isa tidur di emperan sebuah rumah makan tempat istrinya bekerja.

Tak tega melihat seorang lanjut usia telantar, Pak Rohman pun mengajak Wak Isa agar tinggal di rumah keluarga Pak Yamin, adik iparnya.

Akhirnya karena iba saya menjemput Wak Isa. Beliau kami titipkan di rumah adik saya,” ujar Pak Rohman.

169420ed-ca26-428b-a62e-f838152e1017.jpg


Menurut penuturan Wak Isa, dia berasal dari Lampung. Namun, di sana pun dia tidak memiliki keluarga.

Wak Isa pernah menikah. Tapi hanya berselang empat hari, suaminya meninggal setelah shalat Dhuhur. Setelah itu, dirinya tidak lagi menikah.

Kedatangan Wak Isa ke Palembang karena ikut seseorang. Dirinya diminta mengasuh bayi dari orang yang mengajaknya. Akan tetapi, sang ibu bayi meninggal. Wak Isa akhirnya tinggal bersama ibu orang yang mengajaknya ke Palembang.

Namun akhirnya Wak Isa pergi karena tidak tahan tinggal bersama sang Ibu. Setelah itu dirinya menggelandang sampai akhirnya dirinya ditemukan oleh keluarga Pak Rohman dan Pak Yamin.

9f32932d-0037-44f8-92fe-36a505c7780c.jpg

Keluarga Pak Yamin membuka dengan tangan terbuka kehadiran Wak Isa di rumah sederhana mereka. Selama empat tahun ini Wak Isa hidup nyaman di tempat yang mereka siapkan. Setelah Idul Fitri rencananya kamar Wak Isa akan diperbesar.

“Ya (kamarnya) seadanya, karena memang kita mampunya seperti ini,” ujar Bu Yuyun isteri Pak Yamin.

Dari pengakuan Wak Isa, bersama keluarga ini dirinya sangat diperhatikan walaupun bukan siapa-siapa. Makannya selalu tercukupi meski hanya lauk tahu, tempe dan ikan asin.

Keluarga Pak Yamin adalah keluarga penolong yang baik. Walaupun dari keluarga tidak mampu mereka masih punya kebesaran hati untuk berbagi. Padahal dalam memenuhi kebutuhan Wak Isa, keluarga ini bekerja serabutan.

***

Wak Isa dan keluarga Pak Yamin saat ini butuh bantuan para #OrangBaik dimana pun berada agar bisa tinggal dengan nyaman di sebuah rumah layak, caranya:

  1. Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BNI/Mandiri/BCA/BRI/BNI Syariah/Kartu Kredit)
  4. Klik "DONASI" dan ikuti langkah selanjutnya

***

Disclaimer:

  1. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk membangun hunian layak bagi Wak Isa dan keluarga Pak Yamin serta biaya hidup sehari-hari selama pendampingan.
  2. Donasi juga akan digunakan untuk pemberdayaan keluarga Pak Yamin dan keluarga lain di sekitarnya yang tidak mampu.
  3. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR) yang fokus membantu meringankan permasalahan sosial dan ekonomi yang dialami masyarakat.
  4. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Elly Sumantri (+62 811-7814-950).
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (4361)