Kitabisa! - #MasihMelawanAsap Dengan Pot Tanaman Sanseviera
#MasihMelawanAsap Dengan Pot Tanaman Sanseviera

#MasihMelawanAsap Dengan Pot Tanaman Sanseviera

Rp 39.002.224
terkumpul dari Rp 35.000.000
140 Donasi 0 hari lagi
Grevilma Kurniati Pertiwi
Akun belum terverifikasi
Bagian dari #MelawanAsap

Cerita

Hampir setengah abad pemerintah abai masalah kebakaran hutan. Dan dampak asap 10 tahun terakhir ini makin bahaya!

Saat ini saya tinggal di Singapura, dmn kadar asap mendekati PSI 200 ( >200 adl level sangat tdk sehat), padahal kadar asap di Riau bahkan sudah sampai PSI 800-1000 dgn jarak pandang <60 m.

Jujur, sebagai WNI saya gregetan sama lalainya pemerintah saya sendiri.
Kita tdk boleh tinggal diam terhadap masalah ini. Memadamkan api, sudah seharusnya menjadi kewajiban pemerintah. Membagikan masker pun sudah serentak banyak disumbangkan.

Saya tergerak membagikan dgn percuma 200 pot tanaman hias lidah mertua (nama ilmiahnya sanseviera) dan (sbg langkah awal) mengirimnya ke Riau & Jambi. Supplier tanaman yg dilibatkan dlm aksi ini semuanya adl supplier lokal. Ini menjadi salah satu value added dari aksi, yaitu turut memberi rezeki bagi para penjual tanaman di daerah setempat. Aksi ini juga didukung oleh PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia).

Rencana pembagian pot adalah setiap dua minggu, hingga nantinya selesai di bulan Desember. Mengapa? Karena musim kemarau diperkirakan akan bertahan sampai bln Desember.

Terdapat byk opsi tanaman yg bermanfaat sbg pembersih udara alami, lalu mengapa Sanseviera?

1. Dapat menyerap 107 jenis polutan pada daerah yg padat lalulintas serta ruangan yg penuh dgn asap. Pada setiap helai daunnya terdapat pregnane glycoside, yakni zat yg dpt mengurai zat beracun menjadi senyawa organik (seperti gula serta asam amino).

2. Dlm ruangan, tanaman ini dpt mengatasi sick building syndrome, yakni keadaan ruangan yg tdk sehat krn tingginya konsentrasi gas C02, nikotin rokok serta pemakaian AC. Satu tanaman lidah mertua dewasa dgn jml daun 4-5 helai mampu menyegarkan kembali udara di dlm ruangan seluas 20m persegi.

3. Daun lidah mertua yg dipotong-potong menjadi kecil dapat menghilangkan aroma tdk sedap pada kulkas. Pada lingkungan industri, potongan daun ini seringkali disebarkan pada ruang-ruang produksi industri dgn tujuan untuk mereduksi senyawa beracun yg akan terhirup oleh para pekerja.

4. Mampu mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yg dikeluarkan komputer dan televisi.

5. Di sejumlah daerah, tanaman ini pun dipercaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit seperti darah tinggi, kencing manis, diare, radang saluran nafas, radang usus dan radang lambung. Akan tetapi, tidak seperti manfaatmya terhadap lingkungan yg telah teruji klinis sbg air purifier plant, manfaatnya sbg tanaman obat minum masih blm teruji secara klinis.

Berikut ini adalah beberapa link mengenai manfaat tanaman ini:

1. Penelitian NASA mengenai Sanseviera

2. Kamal Meattle: How to grow fresh air

3. Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Semoga dgn adanya pot2 kecil sanseviera di rmh2 warga, setidaknya bisa sedikit membantu meminimalisir efek buruk dari asap. Krn untuk mencegah kebakaran itu sudah pasti di luar kuasa rakyat kecil seperti kita.

Tgl 14 sept, saya sudah siapkan 200 pot lidah mertua (100 u/ jambi & 100 u/ Riau), dan berencana untuk menyiapkan lebih banyak lagi.

Jika teman2 ada yg mau berkontribusi membantu apapun itu (bantu beri info/kasih masukan, bantu sebar aksi ini, bantu sumbang dana, atau bantu turut membeli tanaman tsb secara kolektif & mengirimnya ke daerah bencana asap), silakan.. tlg lakukan dan saya akan sangat berterimakasih kpd teman2 semua.

Makin banyak yang tau, makin banyak kontribusi. Makin banyak pula tanaman lidah mertua yg dikirim ke Sumatera & Kalimantan. Dan semoga makin banyak juga oksigen segar yg bisa dihirup oleh sodara2 kita di sana.

Ayo kita juga desak pemerintah Jokowi untuk lebih tanggap dalam #masihmelawanasap

Details hubungi saya: Wilma,+6587404629

Rencana Penggunaan Dana

3.500 pot Sanseviera X Rp 10000 = Rp 35.000.000

Harga satu pot kecil tanaman Sanseviera bervariatif antara 6000 - 10000, tergantung dari lokasi & ukuran toko, banyak pemesanan, lokasi pengiriman dan kemampuan pembeli menawar harga.

3.500 pot ini nantinya akan dibagikan ke 7 provinsi terparah yg terkena dampak bencana asap yaitu Riau, Jambi, Sumbar, Sumsel, Kalteng dan Kalsel.

Minggu ini akan dilakukan pembagian 270 pot tanaman Sanseviera, dengan rincian 150 di Jambi dan 120 di Riau.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (140)