Kitabisa! - Selamatkan Pulau Bangka
Selamatkan Pulau Bangka

Selamatkan Pulau Bangka

Rp 3.289.425
terkumpul dari Rp 174.933.000
20 Donasi 0 hari lagi
Yayasan Terumbu Rupa
Akun belum terverifikasi
Bagian dari #BikinJadiNyata

Cerita

Kembalikan Kesejahteraan Masyarakat Pulau Bangka!

Selama 5 tahun, masyarakat Pulau Bangka, Sulawesi Utara berjuang melawan perusahaan tambang bijih besi raksasa yang telah mengeruk kekayaan alam mereka. Akhirnya pertarungan panjang itu berhasil dimenangkan. Tanggal 31 Maret 2017, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mencabut izin usaha milik PT. Mikgro Metal Perdana (MMP).

Namun ternyata perjuangan masyarakat Bangka masih panjang…

Dulu, Pulau Bangka menjadi salah satu tujuan wisata favorit Minahasa Utara karena terkenal akan keindahan dan ragam terumbu karangnya yang merupakan tempat tinggal beberapa biota laut khas seperti pigme seahorse, mandarin fish dan dugong.

Kini, kerusakan yang ditimbulkan aktivitas tambang selama 5 tahun telah banyak menimbulkan kerugian, bukan hanya kerusakan alamnya, tapi juga kesejahteraan penduduknya.

2bdaf4098bccf9e2b99b8697b7dff2cbde23a1c6

Yayasan Terumbu Rupa , organisasi nirlaba yang menggunakan instalasi seni untuk restorasi terumbu karang, bekerja sama dengan Yayasan Suara Pulau (Bangka) tergerak untuk membantu mengembalikan ekosistem laut di Pulau Bangka. YTR akan membuat intalasi seni bawah laut berupa pyramida 6x6 meter dengan tinggi 4m karya seniman Teguh Ostenrik, sebagai medium tempat terumbu karang tumbuh-berkembang. Dengan teknologi Biorocks, pertumbuhan terumbu karang bisa dipercepat hingga 6 kali lipat.

82844f898aa404e69426b58f9c06165991568886

Restorasi tersebut diharapkan dapat mengembalikan sebagian kekayaan bawah laut Pulau Bangka agar menjadi area konservasi yang bisa menarik wisatawan sehingga otomatis meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Para relawan telah bergandengan tangan, menyisihkan waktu, tenaga dan dana yang tidak sedikit, tapi sayangnya masih banyak biaya yang dibutuhkan untuk dapat mewujudkan impian imengembalikan alam bawah laut dan kesejahteraan masyarakat Pulau Bangka.

Oleh karena itu, Yayasan Terumbu rupa merangkul seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu saudara-saudara kita di Pulau Bangka. Bersama kita kembalikan ekosistem bawah laut yang sehat di Pulau Bangka untuk meningkatkan lapangan pekerjaan berbasis parwisata bagi penduduk setempat.

Sekecil apapun kontribusi kita, besar artinya untuk Pulau Bangka.

FB : www.facebook.com/ytrpage

IG @yterumburupa

[email protected]


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (20)