Kitabisa! - SAVE CORAL PULAU WEH
SAVE CORAL PULAU WEH

SAVE CORAL PULAU WEH

Rp 31.746.613
terkumpul dari Rp 50.000.000
166 Donasi 106 hari lagi
yayasan coral oasis
Akun telah terverifikasi

Cerita

Pendahuluan

Hampir semua orang telah memproduksi sampah setiap harinya. Dan masalah sampah sudah menjadi momok bagi setiap masyarakat. Sebagian besar sampah-sampah berujung di tepi jalanan, sungai dan, akhirnya, di laut. Sayangnya perkembangan yang pesat ini tidak diikuti dengan tingginya kesadaran masyarakat akan lingkungan sekitar dan keberadaan fasilitas yang memadai. Hal ini dapat di lihat dari banyaknya sampah yang mayoritas merupakan bungkus makanan di sekeliling anda, belum lagi masalah pusat pembuangan sampah yang belum layak untuk dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Sehingga banyaknya sampah bertebaran dimana-mana.

011558d471e51e030f515e5e6f78a725e14e92df.jpeg

Karena ketidaksesuaian volume sampah yang diproduksi masyarakat sekitar ditambah lagi dengan ketidaklayakan TPS yang ada, ini menjadikan masalah sampah menjadi masalah utama di kawasan wisata pesisir yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara. Volume sampah yang besar ini disebabkan oleh banyak sumber, salah satunya yang cukup mudah ditemukan, yaitu produksi sampah dimulai dari penginapan/bungalow, restourant/cafe, kedai/warung penjual makanan, rumah warga dan konsumsi para wisatawan yang berkunjung

Coral Oasis adalah sebuah wadah dimana mengajak setiap masyarakat, komunitas-komunitas, sekolah-sekolah, dan seluruh warga dapat bergabung dan mempunyai suara yang lebih besar dalam peduli terhadap kelestarian lingkungan. Kami ingin menyatukan komunitas-komunitas dan relawan-relawan melalui kegiatan gotong royong dalam rangka menciptakan kawasan wisata pesisir yang lebih bersih dan asri.

Dengan mengajak berbagai komunitas untuk bergotong royong dan melakukan aksi ‘bersih-bersih pantai dan di dalam laut’, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan kawasan wisata pesisir adalah tanggung jawab kita semua. Melalui kegiatan ini, kita juga mengharapkan masyarakat bisa lebih menyadari betapa merugikannya membuang sampah sembarangan sekaligus menanamkan kepekaan terhadap pentingnya proses daur ulang sampah serta ekosistem terumbu karang untuk masa depan.

74bb6b1c7fcf59b58cad9064c1bb430c65dbf48f

Tujuan aksi ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan terhadap bahaya dari pembuangan sampah sembarangan dan pentingnya proses daur ulang – dimulai dari kita sendiri, di lingkungan rumah atau pekerjaan. Visi kami adalah untuk menciptakan kesadaran bahwa setiap hari seharusnya membuang sampah pada tempatnya, sambil membentuk masyarakat yang peduli akan wilayah pesisir.

Aksi ini dilakukan oleh Para relawan yang ikut berpartisipasi dengan cara bersama-sama mengutip/mengambil sampah dan membersihkan sampah yang ada di pesisir pantai dan sampah yang ada di dalam laut yang telah menutupi kehidupan ekosistem terumbu karang.

Semua kegiatan ini dilaksanakan oleh para relawan (anda!). Tanpa dukungan Anda, mustahil kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik. Bantu Kami dalam menyebarluaskan kegiatan ini kepada teman-teman, saudara, rekan-rekan dan kolega-kolega Anda agar acara ini dapat menjelma menjadi acara yang sukses.


Rencana Penggunaan Dana

Berdonasi sedikit atau sebanyak mungkin yang dapat kalian berikan yang mana donasi tersebut akan digunakan dalam aksi tersebut untuk, sbb:
1. Membeli alat-alat kebersihan (seperti; trash bag, sarung tangan, dll) untuk para relawan.
2. Membuat media transplatasi terumbu karang, dan
3. Membuat papan himbauan untuk menjaga kebersihan pantai dan laut.

Documentasi

b4a2e710612c4ccd33e83f198fbcff1424d18c85

Foto. Media Transplantasi Terumbu Karang @coraloasis

0347ed371c239ae71280c99809e69dcf419178e2

Foto. Mengikat Bibit Karang di Media Transplantasi @coraloasis

5cff334ea70de8857be65fb3f21ccf81d7e1c9d6

Foto. Pertumbuhan Karang Transplantasi @coraloasis

ee4b05c7cf05f764c6c88f445c2b3177f3f9e56e

Foto. Para Relawan Sampah @acehcoral


Dengan menjadi bagian dari aksi ini adalah sebuah proyek CSR (Corporate Social Responsibility) yang sangat menguntungkan bagiAnda. Dengan bergabung dalam kegiatan ini, Anda bisa menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Anda adalah orang yang sangat peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (166)