Kitabisa! - Harapan untuk Harimau Sumatera
Harapan untuk Harimau Sumatera

Harapan untuk Harimau Sumatera

Rp 10.044.536
terkumpul dari Rp 100.000.000
188 Donasi 1 hari lagi

Cerita

Dulu, hutan-hutan di Jawa, Bali dan Sumatra merupakan rumah bagi berbagai spesies harimau yang asli Indonesia. Namun, setelah Harimau Jawa dan Harimau Bali dinyatakan punah beberapa tahun silam, kini hanya Harimau Sumatera saja yang tersisa. Populasi kucing besar tersebut tinggal 371 individu. Nasib Harimau Sumatra yang berada di ujung tanduk disebabkan hilangnya habitat, konflik dengan manusia, hingga perdagangan bagian tubuh satwa secara ilegal. Menyadari hal itu, WWF-Indonesia bekerja bersama pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat dan komunitas lokal untuk mengamankan masa depan harimau sumatera di Indonesia.

Tak kenal, maka tak sayang. Sebelum berdonasi, kita perlu memperkaya pengetahuan tentang Harimau Sumatra. Ketika sudah memahami sang raja hutan, maka kita akan menyadari arti penting pelestarian Harimau Sumatra.

Harimau menempati posisi puncak dalam rantai makanan. Sebagai raja hutan, ia bertugas menjaga keseimbangan ekosistem di dalam rimba. Keberadaan harimau di satu area merupakan penanda ketersediaan air yang cukup bagi seluruh makhluk hidup di sekitar kawasan. Harimau juga berperan mengendalikan tingkah laku serta populasi satwa herbivora di “daerah kekuasaannya”.

Selain informasi tersebut, kita juga perlu mengetahui ciri harimau lainnya yang merupakan hewan dengan daya jelajah luas. Satu individu harimau membutuhkan areal hutan seluas 30-250 kilometer persegi untuk kelangsungan hidupnya. Jadi, salah satu upaya pelestarian Harimau Sumatra yaitu dengan membiarkan mereka hidup di habitat aslinya. Dengan begitu, harimau dapat bergerak leluasa, berkembang biak, dan berinteraksi langsung dengan satwa lainnya.

Namun, kini tutupan hutan Sumatera yang menjadi tempat tinggal harimau terus menurun akibat alih fungsi lahan menjadi perkebunan atau hutan tanaman industri. Dengan mendukung upaya pelestarian hutan, maka kita juga ikut berperan dalam penyelamatan Harimau Sumatra.

Kamu bisa berdonasi maupun menjadi fundraiser untuk kampanye ini.

Donasi yang anda berikan akan digunakan untuk:

  • Membantu membiayai Tim Protection Unit untuk memonitoring jerat dan ancaman perburuan di wilayah jelajah harimau.
  • Membeli 10 set video trap untuk penelitian dan pemantauan satwa di hutan sumatera.
  • Membuat perpustakaan mini untuk pendidikan lingkungan

Informasi lebih lanjut, kunjungi www.wwf.id/TigerWarrior atau email ke [email protected] (Telepon: 021-7828384)

Mari bersama-sama berdonasi untuk membantu upaya konservasi Harimau sumatera yang dilakukan oleh WWF-Indonesia.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (188)