Bangun Tempat Olah Sampah Di Banyuwangi
Bangun Tempat Olah Sampah Di Banyuwangi

Bangun Tempat Olah Sampah Di Banyuwangi

Rp 2.660.729
terkumpul dari Rp 250.000.000
87 Donasi 26 hari lagi


Cerita

Mengerikan! Timbunan Sampah di Indonesia Tahun 2020 Capai 67,8 Juta Ton. 

Dilansir dari bbc.com, sampah plastik sebanyak 1,3 miliar ton diperkirakan akan mencemari daratan dan lautan dunia pada 2040 mendatang. Seorang peneliti menyebut hal ini "mengerikan".

Beberapa daerah di Indonesia khususnya Desa Sumberagung Banyuwangi hingga tahun 2019 belum memiliki fasilitas pengelolaan sampah.

Sebanyak 1 ton sampah per hari tidak dikelola dan dibiarkan menumpuk. Sampah-sampah ini dikhawatirkan akan menjadi bom bagi destinasi wisata serta lingkungan warga sekitar. 

Maka dari itu, Greeneration Foundation membentuk tim Eco Ranger dan membentuk SEKOLA (Sentra Kelola Sampah) untuk mendukung kebersihan dan keberlanjutan destinasi wisata di Indonesia. Tim ini terdiri dari warga lokal yang tergerak dalam isu persampahan. 

Mulai dari Ketua Kelompok Masyarakat, pemuda desa, hingga perangkat desa. Tim Eco Ranger bertangung jawab dalam mengelola sampah di Desa Sumberagung.

SEKOLA didirikan pada tahun 2019 didukung oleh dana swadaya dari Greeneration Foundation dan penyediaan izin lahan oleh PERHUTANIKPG Banyuwangi Selatan. 

Sedihnya, meskipun sudah berdiri namun infrastrukturnya sangat memprihatinkan sehingga memiliki banyak keterbatasan dalam menjalankan pengelolaan sampah.

Ada beberapa hal yang diperlukan untuk mendukung keberlanjutan SEKOLA:

  1. Pengurukan lahan untuk mencegah banjir
  2. Instalasi listrik dan air bersih
  3. Modal awal pengolahan sampah organik
  4. Biaya operasional pengelolaan sampah residu

Dampak dari pengelolaan sampah yang tidak baik perlu mendapat perhatian agar setiap orang mendapatkan hidup yang sehat dan lebih baik lagi.

Jangan biarkan SEKOLA berhenti dan membiarkan sampah terus menumpuk dan tidak terkelola.  

#OrangBaik, mari mulai kebiasaan baik dengan berpartisipasi pada program bantu perbaiki tempat pengolahan sampah demi melestarikan lingkungan Indonesia, dengan cara:

  1. Klik "DONASI SEKARANG";
  2. Masukkan nominal donasi;
  3. Pilih Metode Pembayaran (GO-PAY, Dompet Kebaikan, Transfer, Virtual Account, Kartu Kredit);
  4. Segera transfer sesuai nominal jika menggunakan Transfer & Virtual Account.

Kamu juga bisa berkontribusi dengan menyebarluaskan link campaign ini agar lebih banyak orang lagi yang mendukung program ini.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (87)