siagabanjir.org — Notifikasi Banjir Jakarta
siagabanjir.org — Notifikasi Banjir Jakarta

siagabanjir.org — Notifikasi Banjir Jakarta

Rp 6.087.823
terkumpul dari Rp 30.000.000
25 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Pada tahun 2014, banjir di Jakarta telah menyebabkan kerugian sebesar Rp 5 Triliun dan telah merugikan lebih dari 1.000.000 orang.

Apakah kamu salah satunya?


Kami mengerti bahwa untuk mendapatkan informasi banjir yang akurat berdasarkan lokasi tidaklah mudah. Kamu bisa mencari manual menggunakan akun Twitter kamu, mencari berita yang terkait, atau memantau peringatan dini yang dibuat oleh BPBD DKI Jakarta atau BKMG. Berapa waktu yang kamu butuhkan untuk mencari informasi? Apakah sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan?

Siaga Banjir membantu kamu untuk mengumpulkan informasi banjir yang paling relevan dengan lokasi yang kamu pilih, dan mengirimkannya langsung ke e-mail kamu.

Lokasi yang bisa kamu pantau dengan Siaga Banjir dapat berupa nama daerah kantor, alamat rumah, nama jalan, landmark, atau nama kelurahan. Contoh: "Plaza Indonesia", "Ancol", "Cikini', "Bintaro", "Rasuna Said", dll. Siaga Banjir kemudian akan mengirimkan notifikasi ke e-mail kamu dengan frekuesi yang bisa dipilih sendiri, yaitu setiap 1/3/6/12 jam.

Ada 3 keunggulan informasi yang disajikan oleh Siaga Banjir.

1. Informasi banjir yang paling populer. Siaga Banjir memiliki sistem untuk mendeteksi laporan banjir yang paling relevan dan paling populer di wilayah yang kamu pilih.

2. Kategori status bahaya yang mudah dipahami. Laporan yang kamu dapatkan akan dibagi berdasarkan kategori #merah, #jingga, #kuning, dan #hijau, yang mengindikasikan tingkat bahaya yang terjadi.

3. Interaksi dengan pelapor. Kamu juga bisa bertanya kepada pelapor menggunakan akun Twitter. Jadilah yang pertama mengetahui perkembangan terkini terkait banjir di lokasi yang kamu pilih.


CARA KERJA SIAGA BANJIR


Kami mengumpulkan data publik berkaitan dengan banjir melalui Twitter dan sumber informasi lain yang relevan. Engine yang ada di Siaga Banjir memetakan informasi tersebut ke lokasi/wilayah yang cukup spesifik di Jakarta. Jika lokasi yang kamu pantau berada dekat dengan lokasi laporan tersebut, maka kamu akan mendapatkan notifikasinya.

Oleh karena itu, kami juga butuh bantuan kamu untuk memperkaya laporan yang ada di Siaga Banjir. Cukup dengan menggunakan akun Twitter, kamu bisa langsung memberikan kontribusi konten ke Siaga Banjir dan membantu sesama yang membutuhkan informasi.


TIM & PENGHARGAAN


Fauzan Helmi Sudaryanto (Product Captain) / Riska Fadilla (UX Wizard) / Rasmunandar Rustam (Backend Ninja) / Taufan Satrio (Geocode Master) / Caraka Nur Azmi (JS Warrior) / Enreina Annisa Rizkiasri (App Constructor)

Rencana Penggunaan Dana

Hal istimewa dari campaign ini adalah selain kamu mendapatkan informasi banjir yang relevan, kamu juga sekaligus membantu korban banjir di Jakarta. Sejumlah 70% dari total dana yang masuk melalui campaign akan diberikan ke korban banjir melalui bantuan Dompet Dhuafa.

Senilai 30% sisanya akan digunakan untuk operasional tim, pemilihan konten, kepentingan product marketing, dan biaya untuk mengantisipasi server load yang tinggi. Kami juga akan menggunakannya untuk mengembangkan database posko bantuan banjir di Jakarta.

Semakin banyak dana yang kamu donasikan melalui KitaBisa, semakin banyak warga yang terbantu. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan tanggal 20 Januari 2015 masuk dalam masa tanggap darurat banjir di DKI Jakarta. Ayo kolaborasi bersama menghadapi musim banjir yang akan datang.

http://siagabanjir.org


Image credits: Banjir Transportation #1 oleh Ragil Ticilius

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler

Maaf terjadi kesalahan. Cobalah beberapa saat lagi. Coba lagi


Donasi (25)


Fundraiser