Kitabisa! - Dukungan untuk Sokola Rimba
Dukungan untuk Sokola Rimba

Dukungan untuk Sokola Rimba

Rp 317.452.697
terkumpul dari Rp 330.000.000
981 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Sokola Rimba adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh Sokola institute sejak tahun 2003 bagi komunitas adat Orang Rimba yang tinggal di Hutan Makekal Hulu di sisi barat Taman Nasional Bukit Duabelas, Provinsi Jambi, Sumatera.

Sokola mengembangkan pendekatan dan metode khusus yang ramah budaya. Relawan guru kami tinggal (live in) bersama Orang Rimba agar bisa menyesuaikan waktu belajar dengan rutinitas harian mereka, serta memberikan materi pelajaran yang kontekstual. Saat ini dua relawan guru diterjunkan, dibantu oleh 10 remaja rimba sebagai kader guru yang bertanggung jawab mengorganisir kegiatan belajar di rimba.

Selain mengajar, kader guru Sokola juga berperan besar sebagai mediator antara Orang Rimba dengan dunia luar terutama saat menghadapi masalah.

Sejak tahun 2005, mereka menjadi ujung tombak perjuangan Orang Rimba dalam advokasi hak-haknya baik sebagai warga negara Indonesia maupun sebagai masyarakat adat. Kader-kader telah mewakili komunitas dalam berbagai audiensi dengan lembaga negara seperti DPR, kementerian terkait, serta berbagai forum untuk menyampaikan persoalan Orang Rimba. Aktivitas mereka berdampak pada sekitar 3.500 jiwa Orang Rimba penghuni Hutan Bukit Duabelas.

Orang Rimba tinggal dalam kelompok-kelompok yang menyebar di kawasan hutan dan sebagian besar diakses dengan berjalan kaki. Hal ini menuntut mobilitas tinggi para guru dan kader Sokola untuk dapat menjangkau murid-murid yang menyebar.

2640dfd28da3f6192a3a3b1553b7deead272e4cf

Donasi Anda akan digunakan terutama untuk operasional penyelenggaraan Sokola Rimba (materi belajar, logistik dan transportasi) selama satu tahun, serta peningkatan kapasitas kader karena kepada mereka nantinya tongkat estafet Sokola Rimba diberikan. Selain itu juga untuk mendukung administrasi pengelolaan Sokola Rimba.

Silakan kunjungi website kami www.sokola.org atau hubungi melalui email [email protected] apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai program ini.


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (981)