Kitabisa! - Startup Youtube Channel
Startup Youtube Channel

Startup Youtube Channel

Rp 26.688
terkumpul dari Rp 50.000.000
4 Donasi 217 hari lagi

Cerita

Halo netpren!

Perkenalkan nama saya aldy tapi suka menamakan diri; Aldiator. Nama panggilan yang terdengar aneh bukan? Itu adalah sebuah nama panggung, kombinasi antara Aldy + Gladiator (nama band saya) Mengapa saya sangat bangga dengan nama tersebut? ah .. i just loved it!

Saya ingin menyebut diri saya seorang pekarya, atau orang-orang sekarang mengatakan Content Creator. Saya membuat musik, membuat video, membuat vlog, membuat beberapa desain grafis, mendongeng dengan podcast dan juga menulis di blog. Jadi, ya mungkin saja saya seorang pekarya.

Untuk melihat detail profil & Portfolio saya bisa langsung klik : www.aldiator.com

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Februari 2019 saya memulai sebuah vlog game show yang menjadi starting poin untuk terus fokus membangun channel youtube saya. Berikut adalah beberapa content yang sedang berjalan dan terus di produksi setiap minggunya :

Wedding Car Vlog

Wedding Car Vlog

Konten vlog perdana saya yang terinspirasi karena dorongan untuk menambahkan value dari profesi saya sebagai wedding driver.

Wedding Car Vlog adalah sebuah Vlog Gameshow yang berisikan tantangan untuk pengantin baru yang secara spontan saya ajak menjadi partisipan game nya. Untuk menonton episode yang sudah tayang bisa di tonton di www.nontonwcv.com atau klik gambar.

#Onedaywith

#onedaywith

Konten ini tercipta setelah obrolan dengan kawan saya seorang konsultan digital marketing yang menyarankan saya fokus terjun di youtube dengan channel pribadi (bukan channel wedding car vlog) karena di channel wedding car vlog kreasi saya akan terbatas, sedangkan di channel pribadi saya bisa upload dan mengembangkan konten apapun.

#Onedaywith yang secara harfiah berarti sehari bersama. Sehari bersama siapa?

Tepatnya sehari bersama subjek/seseorang yang sedang menjalani profesinya. Yang membedakan dokumenter ini dengan dokumenter lain sejenis adalah; video dokumenter ini dimulai dari subjek berangkat dari tempat rumah (memulai pekerjaannya) hingga selesai pekerjaan dan pulang ke rumahnya direkam secara penuh tanpa ada bagian terlewati.

Berbagai jenis profesi di berbagai level
akan coba di hadirkan di tiap episodenya. Untuk melihat beberapa episode yang sudah tayang bisa klik di : www.bit.do/onedaywith atau klik gambar.

MasterCep #grebekitchen

MasterCep #grebekitchen

Berawal dari mencari narasumber Untuk episode dua #onedaywith saya berencana mengajak seorang kawan lama; Acep, dia seorang koki yang pernah ikut berlaga di kontes Masterchef Indonesia Season 4. Setelah briefing panjang lebar mengenai konten #onedaywith bersama koki dan saya pulang kerumah, kenapa tidak saya buat konten yang bisa digarap berkelanjutan saja bersamanya? dia seorang peserta Masterchef namanya Acep, jadi gimmick bagus tuh ; jadilah MasterCep.

Konten kuliner! konsepnya adalah menggrebek sebuah resto/bisto/kedai/kafe untuk mengeluarkan menu andalannya dan di kolaborasikan dengan menu baru buatan Mastercep.

Untuk melihat beberapa episode yang sudah tayang bisa klik di : www.mastercep.id atau klik gambar.

3 Konten diatas semua konten yang bersifat kolaborasi dimana kolaborator di konten saya pastilah sudah punya penonton walau memang tak banyak. Konten pun dirancang agar mudah dimonetisasi atau mendapatkan sponsor/kerjasama dengan pihak lain dikemudian hari.

Asbun Podcast ngobrolin #Joblyfe

Asbun Podcast

Konten yang tidak sengaja dibuat. ketika proses pengeditan #onedaywith ternyata bagian interview bersama narasumber membuat durasi #onedaywith akan jadi terlalu panjang, sedangkan bila banyak memotong interview pastinya akan menghilangkan keseruannya. Jadi saya putuskan membuat konten terpisah antara #onedaywith dan obrolan mendalam sekitar pekerjaannya dengan narasumber. 

adapun beberapa konten lainnya seperty daily vlog, review, sponsored content, juga reportase yang tidak rutin jadwal tayangnya.

---------------------------------------------------------------------------------------------------
semua konten tersebut saya upload di channel youtube.com/aldiator
berikut statistik yang saya capture per 11 Juni 2019 :

6ce97cd2-b31e-4bde-8144-b17bba23aba8.jpg
*klik foto untuk update statistic

Saya tidak pintar membaca/riset data statistik, tapi kita bisa lihat di progress graph untuk monthly subs-nya naik dari april 2019, tepat dimana saya mulai konsisten membuat dan mengupload konten di youtube. 

Semua konten saya dibuat dengan passion, tidak pernah saya se-semangat ini mengerjakan sesuatu hal (terkait dengan membuat karya/pekerjaan) sebelumnya. Semua konten di garap dan dikonsep dengan serius, saya kerahkan semua potensi yang saya miliki. 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KENAPA CROWDFUNDING?

Dipertengahan 2018 lalu saya berstatus unemployee, sudah sempat melamar diberbagai perusahaan & profesi bahkan menurunkan standard sallary pun tetap belum berjodoh diterima kerja lagi. Akhirnya saya menjadi supir mobil wedding milik kawan saya untuk memback-up finansial yang sudah mulai terpincang-pincang.

Selama hampir setahun saya menjadi supir mobil wedding, tabungan dan asetpun mulai habis sekedar untuk membiayai kebutuhan harian. (karena sallary dari supir mobil wedding jelas tidak sebesar anggota DPR) hingga pada akhirnya saya menemukan passion untuk berkarya ini.

Terlambat! semua aset dan tabungan saya sudah nol. saya tidak punya dana untuk membeli gear untuk produksi vlog dan dana untuk membackup keperluan harian. 

Yang saya butuhkan sebenarnya adalah seorang investor, saya sudah mendatangi beberapa teman sultan dan mengajukan proposal tapi mungkin karena satu dan lain hal belum ada yang deal.

Cari investor? memang bagaimana cara memonetisasi karya2 tsb?

Menjadi influencer! itu sih mimpi anak kekinian banget, apakah itu realistis? tentu saja!

004903f7-fae8-4b18-b4be-3121f713cab5.jpg

*capture dari inbox instagram pribadi saya.

Ternyata saya sudah termasuk influencer, baru di level nano tentunya. pesan tersebut saya dapat pada tanggal may 17, saya tidak tau atas dasar apa agency tersebut mengontak saya untuk bekerja sama menjadi influencer di projectnya. Bisa karena vlog, blog, atau juga podcast? atau bahkan karena keseluruhan karya yang saya buat? mungkin karena niche nya pas? ya niche yang pas dengan saya mungkin lifestyle vlogger/blogger. 

Saya yakin itu adalah sedikit clue yang baik untuk menjadi awalan memonetisasi karya saya selain dari bentuk kerja sama lainnya. 

Selanjutnya saya bikin FAQ saja biar mudah menjelaskannya :

+ Produksi konten tersebut menggunakan gear/properti dari mana? 
Semua hasil pinjam, ada beberapa properti yang saya miliki hasil pemberian sahabat. bahkan untuk beberapa video mengharuskan saya meminjam laptop/PC milik teman untuk mengedit dikarenakan PC saya sudah tidak mumpuni.

+ Kenapa tidak mengajukan pinjaman ke BANK ?

Alasan utama nya sangat personal karena saya menolak Riba. Seandainya pun tidak ada Riba di bank, atau ada pinjaman lainnya untuk sekarang saya tidak mampu mengebalikan cicilan bulanan karena konten ini belum mendapatkan profit langsung, melainkan project jangka panjang.

+ Mau diapakan dana dari Kitabisa?
Las vegas! kita gunakan modal tersebut di meja judi! kita lipat gandakan dahulu! hahahah tentu tidak lah.. Rencananya 70% dana terkumpul akan dialokasikan untuk Pembelian Gear/Property seperti Camera, Lighting, Tripod, Audio Recorder, dan PC untuk keperluan editing. Sedangkan 30% sisa dana nya diperuntukan biaya operasional selama produksi.

+ Apakah ada Benefit/Profit dari donatur?
Saya tidak bisa berikan apapun secara profit untuk donatur, karena produk yang dibuat hasil akhinya hanyalah Vlog/Konten Tayangan. Sedangkan apabila Crowdfunding Film biasanya ada giftback dari penggalang campaign berupa penyantuman nama donatur di DVD ketika nanti rilis ataupun merchandise lainnya. sejauh ini saya belum bisa janjikan apapun selain ucapan terima kasih, doa dan penempatan nama donatur di tiap deskripsi video yang di upload.

+ Saya tertarik menjadi investor, apa yang akan saya dapat?
Investor yang siap menjadi pemodal untuk produksi dengan jangka waktu tertentu yang siap untuk untung dan siap rugi bersama kelak. Semua hasil monetisasi karya saya di Vlog, Blog, Podcast, ataupun paid promote kelak di Akun Media Sosial saya akan dibagi persentase yang disepakati sebelumnya untuk pemodal hingga jangka waktu tertentu.   

C/O :

Aldy Akhmad Mujahidin Haq

0896-3117-4517

mail@aldiator.com

www.aldiator.com | www.aldiator.blog

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (4)