Siswa-Siswi SD di Flores Pikul Air 5KM Setiap Hari
Siswa-Siswi SD di Flores Pikul Air 5KM Setiap Hari

Siswa-Siswi SD di Flores Pikul Air 5KM Setiap Hari

Rp 59.627.911
terkumpul dari Rp 70.000.000
2048 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Kemarau panjang yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan warga mengalami krisis air bersih. Tidak hanya rumah tangga yang kesulitan mendapatkan air bersih, sekolah-sekolah pun kesulitan mendapatkannya.

Akibatnya, para siswa pun harus mencari air bersih, sekadar untuk keperluan sekolah seperti menyiram toilet dan menyirami tanaman. Hal ini dialami siswa-siswi sekolah dasar inpres (SDI) Tuanio, Desa Pagomogo, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, Flores. Siswa-siswi SD ini terpaksa memikul air dengan jeriken 5 liter ke sekolah untuk menyirami toilet dan bunga.

5949f1ba-22a5-42b9-ba72-fb1b644eec90.jpg

Itu dilakukan siswa-siswi karena di sekolah tidak ada jaringan air bersih di wilayah sekolah ini berdiri.

"Setiap hari kami pikul air ke sekolah untuk siram toilet dan bunga. Kami jalan kaki dari rumah sejauh 5 kilometer ke sekolah," kata Maria Nasrin, salah seorang siswi, kepada Kompas.com, Senin (14/10/2019).

Ia menceritakan, setiap pagi ia dan kawan-kawan bangun pukul 04.00 Wita untuk menimba air di mata air yang letaknya jauh dari rumah. Mereka bangun pagi karena di mata air, mereka harus antre berjam-jam menunggu giliran untuk mengambil air.

55bfa1c7-f632-4cc1-86c3-5c80de23a37a.jpg

Terpantau Kompas.com, dari rumah ke sekolah, siswa-siswi SDI Tuanio tampak memikul air dengan jerigen 5 liter di atas kepala. Kisah perjuangan siswa-siswi SD Tuanio yang tidak mudah patah arang dalam menjalani keadaan. 

Untuk itu Kompas.com mengajak para pembaca untuk berbagi dalam mewujudkan pembuatan sumber air di tempat sumber ilmu pengetahuan (SD Inpres Tuanio) dengan cara :

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI dan kartu kredit
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan orang baik terkumpul untuk program pembuatan sumber air di Sekolah ini, sehingga siswa-siswi bisa fokus belajar melihat harapan dan menggapai masa depannya.

#JernihMelihatDunia

Artikel ini berdasarkan Kompas.com dengan judul " Cerita Siswa-siswi SD di Flores Pikul Air 5 Km Tiap Hari untuk Siram Toilet Sekolah".

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2048)