Kitabisa! - Sumur Wakaf untuk Santri di Desa Penawungan
Sumur Wakaf untuk Santri di Desa Penawungan

Sumur Wakaf untuk Santri di Desa Penawungan

Rp 513.827.183
terkumpul dari Rp 500.000.000
2907 Donasi 0 hari lagi
Aksi Cepat Tanggap Malang
Akun telah terverifikasi
Bagian dari Lets ACT Indonesia

Cerita

Terima kasih, #OrangBaik!

Berkat niat baikmu untuk membantu santri Ponpes As-Sunniyah, impian mereka untuk bisa mandi dan wudhu setiap saat sudah di depan mata. 

Selanjutnya, Tim Global Wakaf-ACT berkeinginan untuk memperluas pembangunan sumur wakaf yang tidak hanya mengalirkan air di Ponpes As-Sunniyah, tapi juga berguna bagi warga Desa Penawungan.

Berhubung Desa Penawungan terletak di daerah kering dan sulit sumber air, selama ini kegiatan warga pun terhambat. Karenanya, apabila sumur wakaf berhasil didirikan, niscaya warga akan bisa melakukan kegiatan seperti berternak dan berkebun dengan lebih leluasa. Harapan kami dari usaha ini, akan tercipta warga desa yang lebih maju dan berdaya secara ekonomi.

Mari lanjutkan ikhtiar membangun sumur wakaf di Desa Penawungan. Insya Allah, sumur yang kita bangun bersama akan mengalirkan kebaikan yang bisa mengubah segalanya di Desa Penawungan, sekaligus membersihkan dosa-dosa kita di dunia ini.

---

20 tahun lebih santri Pondok Pesantren As-Sunniyah mandi hanya sekali dalam sehari. Itu pun dibatasi hanya 1 bak kecil saja untuk setiap anak. Jangankan untuk mandi, untuk berwudhu pun masing-masing santri dijatah hanya 1 botol kendi.

f893ab41-65bc-4c08-8d91-046defbdb14c.jpg

Ponpes As-Sunniyah asuhan KH. Hasib ini memang telah lama menghadapi kelangkaan air bersih. Bertahun-tahun pengurus Ponpes As-Sunniyah telah mengupayakan berbagai bentuk bantuan baik dari pemerintah maupun dari lembaga kemanusiaan lainnya.

Harapan pernah merekah pada tahun 1995, saat Ponpes As-Sunniyah mendapatkan dana hibah dari pemerintah untuk menggali sumur bor. Namun, harapan yang baru saja tumbuh tersebut, tak lama harus sirna. Kala itu, setelah menggali sedalam 100 meter, air tak kunjung mengalir, sementara plafon dana bantuan sudah habis terpakai. Mitra kontraktor pun angkat tangan, menyerah. Proyek mangkrak, dan seluruh penghuni pondok kembali gigit jari.

Mengenal Pondok Pesantren As-Sunniyah

Ponpes As-Sunniyah berdiri di Desa Penawungan, Lumajang, Jawa Timur. Bukan sebuah kebetulan Ponpes As-Sunniyah berdiri di tanah tandus, di atas gunung, jauh dari sumber air. Karena hanya di sanalah, KH Aminullah, ayahanda KH Hasib memiliki sebidang tanah kebun yang kemudian dibangun pondok  pesantren di atasnya.

b59c1196-d705-4c4d-ab9a-a881ff987324.jpg

Dulu, untuk memperoleh air, KH Aminullah harus memikul jerigen besar dari Ranu (danau) Bedali yang jaraknya kurang lebih 20 KM dari ponpes.

Setelah bertahun-tahun pun, ponpes As-Sunniyah mengandalkan air hujan yang ditampung di tandon. Jika musim kemarau, pengurus terpaksa harus membeli air dari mobil tangki dengan biaya sewa sekitar Rp 100.000 sekali jalan. Jika dihitung, selama sebulan ponpes As-Sunniyah menghabiskan Rp 6.000.000 sampai Rp 7.000.000 per bulan hanya untuk air. 

Hal ini tentu ironis. Sebab, tempat mengaji yang awalnya hanya berupa bangunan masjid sederhana ini telah berubah menjadi Lembaga Pendidikan dengan berbagai jenjang. Mulai dari PAUD, TK, MI, MTs, MA, SMK bahkan hingga Perguruan Tinggi.

Di Ponpes As-Sunniyah ini lah, putra-putri terbaik Desa Penawaungan, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang menimba ilmu. Bukan hanya santri lokal, beberapa santri dari luar kota bahkan mancanegara pun ada. Jarak yang jauh dan fasilitas yang terbatas tak menyurutkan semangat para santri dalam menuntut ilmu di Ponpes As-Sunniyah.

12d04286-19f0-4302-8067-8d281eebee15.jpg

---

#OrangBaik, inilah kesempatanmu untuk membangun aset di Jannah dengan menjadi donatur (wakif) Sumur Wakaf-ACT di Ponpes As-Sunniyah.

Insya Allah, setiap tetes air yang digunakan santri untuk berwudhu saat akan hendak solat, akan terus mengalirkan pahala ke rekening kebaikan Anda hingga ke akhirat.

Mari bergabung dan sukseskan program Sumur Wakaf-ACT dengan cara:

  1. Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BNI/Mandiri/BCA/BRI/BNI Syariah/Kartu Kredit)
  4. Klik "DONASI" dan ikuti langkah selanjutnya


Semoga setiap gayung air yang membersihkan debu-debu saat mereka mandi dan wudhu, kelak akan turut membersihkan kita dari dosa-dosa dan hisab yang berat di akhirat.

Aamiin...

---

Disclaimer:

  1. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk membangun sumur wakaf di Pondok Pesantren As-Sunniyah, Lumajang, Jawa Timur.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR) yang fokus dalam pembangunan infrastruktur.
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi ACT Malang a.n. Diki (+62 812-9678-2816).
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2907)