Kitabisa! - Bantu Haykal Membuat Tangan Robot Untuknya
Bantu Haykal Membuat Tangan Robot Untuknya

Bantu Haykal Membuat Tangan Robot Untuknya

Rp 162.759.874
terkumpul dari Rp 200.000.000
1165 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Haloo om dan tante sekalian!

Namaku Akara Haykal. Aku biasa dipanggil Haykal. Aku adalah anak kedua dari ayahku, Rakyan Bramasto Asmara Yuniarto, dan ibuku, Febfi Setyawati. Aku memiliki seorang kakak yang selalu setia menemaniku yang bernama Akara Kaja Anjali. Namun, aku akan bercerita mengenai kisahku kali ini...


4660becbf87c13bd8d96f45c4fb06c63fe239b4c

Ketika aku berumur 34 minggu di dalam kandungan ibuku, dokter mengatakan bahwa ada akumulasi cairan yang berlebih di dalam kepalaku atau dalam istilah medis biasa disebut hidrosefalus. Lalu, ketika aku kembali diperiksa menggunakan usg kembali ketika aku berumur 37 minggu dokter mengatakan bahwa kepalaku seperti bayi yang berumur 39 minggu namun badanku masih terlihat seperti bayi berumur 28 minggu. Karena kepalaku yang sudah sangat besar tadi, dokter akhirnya menyarankan ibuku untuk melakukan operasi caesar karena kepalaku sudah terlalu besar untuk lahir dengan normal.


df8af60c7a59e4f7d8e2471faf72ae32f90f3eb5

Ketika aku dilahirkan, suara tangisanku juga berbeda dengan bayi-bayi normal karena ketika itu mulutku sangat sulit untuk dibuka. Ketika itu, aku juga langsung dirujuk oleh dokter untuk dirawat di NICU RSUP Sarjito dan setelah aku diamati selama beberapa hari dokter menyatakan bahwa ternyata aku adalah bayi yang sangat spesial. Baru ada dua bayi yang memiliki keadaan yang serupa denganku di Indonesia. Dokter menyebut keadaanku dengan istilah Poland Syndrome. Poland syndrome sebenernya bukan sebuah penyakit yang menyerangku, ia adalah sebuah makhluk jahat yang muncul ketika otot dada, atau dalam bahasa medis otot pectoralis, pada salah satu sisi tubuh bayi yang dilahirkan tidak terbentuk dengan sempurna atau bahkan tidak terbentuk sama sekali, seperti yang aku alami saat ini.


608688f0842babd194049df4370af2e89074ea3e

Makhluk jahat ini, Poland Syndrome, juga ditemani dengan keadaan tangan kananku yang tidak terbentuk dengan sempurna sehingga aku hanya memiliki sebelah tangan untuk menggenggam jari-jari ibuku yang begitu besar.

Tidak hanya tangan kanan Haykal, kaki kiri Haykal juga ditemani dengan makhluk jahat yang bernama Clubfoot atau CTEV. Makhluk jahat yang bernama clubfoot ini merupakan tendon-tendon, jaringan yang menghubungkan otot dan tulang, yang terbentuk lebih pendek dari seharusnya sehingga kaki kiriku tertekuk dari keadaan normalnya. Untuk sekarang, dokter memberikan gips pada kaki kiriku yang harus diganti setiap minggunya.


d3c27968ea2e172a5ee6bf6359763489f99671c3

Melalui hasil pengamatan ketika aku berada di NICU, dokter juga menyimpulkan bahwa ada makhluk jahat lainnya yang kali ini berada di dalam kepalaku. Makhluk ini bernama hidrosefalus obstruktif yang berarti terdapat hambatan di dalam rongga-rongga kecil yang terletak diantara otakku. Karena hambatan ini, terjadi akumulasi cairan di dalam kepalaku yang menimbulkan tekanan kepada otakku.

Selain itu, Haykal juga kesulitan ketika Haykal harus menghisap dan menelan. Waktu itu aku pernah diberi ASI namun yang terjadi justru aku mengalami henti nafas. Oleh karena itu, hingga saat ini aku harus menggunakan selang Orogastric (OGT) yang masuk dari mulutku hingga ke lambungku. Selang OGT ini sangat membantuku untuk menelan karena semua makananku langsung masuk ke lambung ketika dimasukkan dari luar. Namun, aku harus mengganti selang OGT ini setiap minggunya juga.

fbb8a321f167d233f99e2b46ba987d91e4842176

Saat ini Haykal juga sedang menjalani kursus fisioterapi setiap dua kali seminggu agar Haykal kelak bisa minum tanpa selang OGT tersebut dan membantu Haykal untuk belajar bergerak. Namun, karena anggota tubuhku yang tidak lengkap aku membutuhkan sebuah lengan robot (bionic), mirip seperti lengan IronMan! tapi ini bukan agar aku terlihat keren seperti iron man ya om dan tante tapi aku membutuhkan lengan ini agar kelak aku bisa memiliki anggota tubuh yang lengkap.

Lengan robot ini memang tidak akan aku gunakan saat aku bayi karena memang pembuatannya juga sangat lama tetapi aku akan menggunakannya ketika aku sudah berumur 3 atau 4 tahun. Lengan robot ini juga yang akan membantuku untuk berinteraksi penuh dengan dunia luar kelak dan bermain bersama dengan teman-temanku dikemudian hari.

Kalo semisalnya om dan tante ingin membantu Haykal agar Haykal bisa memiliki anggota tubuh yang lengkap dan juga berhasil mengusir makhluk-makhluk jahat ini, om dan tante bisa melakukan hal berikut:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera

Selain itu, om dan tante juga bisa membantu Haykal dengan mambagikan halaman ini ke lingkaran sosial om dan tante sekalian. Haykal juga ingin berterima kasih kepada om dan tante sekalian yang udah merelakan waktunya untuk membaca kisah Haykal ini. Semoga aku bisa menjadi seperti layaknya anak-anak normal di kemudian harinya.

Ohiya, kalo om dan tante punya pertanyaan bisa ditanyakan kepada ibuku, Febfi Setyawati, di nomor +62 878-7712-7027 atau Instagram di @febfisetyawati.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1165)