Kitabisa! - Sepuluh Ribu Porsi Makanan di Gerakan #3Lauk10ribu
Sepuluh Ribu Porsi Makanan di Gerakan #3Lauk10ribu

Sepuluh Ribu Porsi Makanan di Gerakan #3Lauk10ribu

Rp 9.947.684
terkumpul dari Rp 100.000.000
70 Donasi 0 hari lagi
Hariadhi
Akun telah terverifikasi

Cerita

Hai, Saya Hariadhi, sudah 15 tahun belakangan terjun di dunia kemanusiaan, terutama dalam bencana banjir, gempa, dan membantu mereka yang tidak mampu.

Dari sekian belas tahun melayani masyarakat, paling utama dan jadi kebutuhan semua orang dalam bertahan hidup dan menjadi produktif adalah makanan. Pengalaman-pengalaman tersebut membuat saya berusaha merumuskan bagaimana sesama manusia bisa saling menolong tanpa merasa diberatkan secara finansial. Maka terciptalah gerakan #3lauk10ribu

Sederhananya, gerakan ini mengupayakan makanan layak dengan 3 lauk bergizi hanya dengan donasi Rp 10 ribu per porsi.

Memberdayakan, Bukan Memanjakan

Walaupun merupakan bantuan makanan, sebenarnya #3lauk10ribu bukanlah bantuan memanjakan. Di baliknya, ada pasukan relawan yang memasak untuk ratusan hingga ribuan orang.

Mereka, mayoritas perempuan, diberikan challenge untuk menemukan total harga bahan makanan kurang dari Rp 10 ribu per porsi tanpa mengurangi kualitas masakannya. Dari selisih tersebut (bisa berkisar Rp 2500 hingga Rp 4000 per porsi), mereka bisa membawa pulang Rp 250 ribu hingga 400 ribu untuk 100 porsi, atau 2,5 juta hingga 4 juta untuk 1000 porsi.

Bayangkan tiap kali kita memesan 10 ribu porsi untuk dibagikan, ada 25 juta hingga 40 juta yang bisa mereka bawa pulang untuk membantu perekonomian keluarganya.

Ini sudah pernah kita praktekkan di Pengungsian Lombok, dengan membiayai sekitar 6 kali aksi dengan jumlah porsi sekitar 300-400 porsi tiap kaki event untuk korban gempa 2018. Seluruh bahan masakan dibeli dari tenda-tenda pengungsi sehingga mereka yang rumahnya ambruk mendapat uang cash untuk melanjutkan hidupnya, pada saat ATM serentak mati dan kantor bank tutup karena tidak ada listrik. Ekonomi di pengungsian bergairah karena ibu-ibu mendapat pekerja sementara dan memiliki sedikit modal untuk lanjutkan usaha.

Layakkah Makan dengan Budget Rp 10 ribu per Porsi?

Saya berani jamin layak! Menu #3lauk10ribu terdiri dari:

1. Lauk utama ayam, daging, atau ikan

2. Lauk kedua telur, kerang, atau jamur

3. Lauk ketiga tahu, tempe atau ikan asin

4. Masih ditambah sayuran hijau untuk pelengkap vitamin dan serat

Mengapa harganya bisa jadi murah sekali? Rahasianya adalah karena kita membeli langsung ke petani, nelayan, atau peternak, sehingga efek lainnya adalah membantu mereka lepas dari jeratan tengkulak karena bisa mendapat harga yang cukup baik.

Namun bila akses membeli langsung tidak ada, maka bahan-bahanya dibeli dari pasar tradisional. Ini juga memberi napas kepada pedagang kecil dalam menghadapi gempuran minimarket.

Serba Transparan

Setiap donasi masuk, pembelian bahan, pemanfaatan, dan porsi makanan yang dihasilkan dilaporkan dengan rinci. Bahkan penyumbang, jika berkesempatan, boleh ikut terlibat langsung saat proses membeli bahan makanan, memasak, dan membagikan.

Siapa Targetnya?

Target utamanya adalah orang-orang tidak mampu, terutama panti asuhan, santri, manula, orang-orang dengan masalah sosial, anak jalanan dan lainnya. Dengan makan yang bergizi dan mengenyangkan, mereka punya energi untuk berpikir dan bekerja atau belajar dengan performa baik, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidupnya

Bukan Cuma Teori atau Impian

Apa yang saya tulis di atas ini bukanlah kumpulan teori. Gerakan #3lauk10ribu telah melayani dan memberi benefit 10 ribu porsi makanan sepanjang tahun 2018. Kini kita semua berharap bisa melaniutkannya dengan target yang sama atau lebih di tahun ini, atau cukup dengan 100 juta saja untuk memberi makan 10 ribu orang.

Seluruh kegiatan sebelumnya bisa dilihat di twitter, search keyword: 3lauk10ribu. Gerakan ini sudah dilakukan di Sabang, Suku Anak Dalam Jambi, Jakarta, hingga Lombok.

Sementara tahun 2019 ini sudah terwujud 2 event di Ngawi, Jawa Timur

Info lebih lanjut, atau jika ingin bertanya secara pribadi, silakan WA saya di 081808514599

Atau Mention saya di twitter @hariadhi











Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (70)