Kitabisa! - Ulang Tahun Vera Makki
Ulang Tahun Vera Makki

Ulang Tahun Vera Makki

Rp 8.751.851
terkumpul dari Rp 50.000.000
9 Donasi 0 hari lagi

Cerita

#SemangatiGuru adalah inisiatif untuk memberikan apresiasi kepada guru-guru di Indonesia. Ide ini berada di bawah naungan Yayasan Literasi Anak Lebah Indonesia (Taman Baca Anak Lebah) yang akan mendanai project guru di kelas, yang selama ini tidak dapat dilakukan karena terkendala kurangnya dana. Di hari ulang tahun saya, target dana yang terkumpul di sini akan digunakan untuk menyemangati 41 guru (sesuai umur saya tahun ini).

Jelang ulang tahun, seringkali teman-teman dan keluarga menanyakan: mau kado apa? Saya tidak pernah berharap materi apa-apa, doa baik saja sudah lebih dari cukup.

Kali ini, daripada dibelikan kado atau kue, saya sampaikan bahwa dana dapat digunakan untuk bantu #SemangatiGuru. Pastinya kado donasi dari teman-teman tak hanya menyemangati namun juga membahagiakan guru dan anak murid di kelasnya. Yuk, apresiasi guru-guru di Indonesia...

345f6167275df77ce2d8493f521975fc01c61dc8


Sembilan tahun lalu, saat saya memulai misi saya untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak di Indonesia Timur dengan cara yang menyenangkan, saya dihadapkan pada realitas pahit terkait kondisi para guru/tutor PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK. Mereka bekerja giat dan bersemangat mendidik anak-anak dengan bayaran per bulan hanya sekitar Rp.80ribu, itu pun terkadang dibayar dan terkadang tidak dibayar secara rutin. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat mereka. Para tutor ini tetap bekerja dan bernyanyi riang gembira bersama para anak didiknya.

Melihat semangat dan dedikasi mereka, saya seringkali malu dengan kondisi saya yang jauh lebih baik dari mereka secara finansial, namun saya sadar bahwa jiwa dan karakter mereka jauh lebih baik dari saya. Hal ini memberikan pelajaran berharga bagi saya untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi, tidak mudah berpuas diri dalam hal membantu sekeliling kita, dan diingatkan selalu untuk hidup dengan kerendahan hati dan memperkuat istiqomah kepada Allah SWT.

Selama ini fokus Taman Baca Anak Lebah (TBAL) yang saya dirikan adalah ke pemberian akses buku cerita anak-anak ke berbagai wilayah terutama di Indonesia Timur. Saya pun kemudian sadar bahwa beribu-ribu buku yang kita berikan pun tidak akan memberikan banyak manfaat jika tidak ada guru/tutor yang mulai membacakannya untuk anak-anak. Kebahagiaan guru kemudian menjadi satu faktor penting yang harus kita bantu wujudkan.

ee7d7deb4b716f656b3de0835857635318e943f3

Dalam bermitra dengan TBAL mendirikan perpustakaan/taman baca, ada guru yang merelakan ruang tamunya dipergunakan untuk kelas belajar, Alhamdulillah hal ini disetujui suami dan anak-anaknya. Ada juga guru yang menggunakan terasnya untuk kegiatan belajar mengajar. Dari TBAL pun kami mengadakan sesi penguatan guru seperti teknik cara mendongeng untuk anak dan kelas parenting. Hal ini kami lakukan untuk #SemangatiGuru .

be5f0ebb97a2c5d6532c619d46a05f3bd4e16845

Kegiatan #SemangatiGuru diharapkan senantiasa dilakukan secara berkesinambungan. Selama ini kami melakukan kegiatan #SemangatiGuru sesuai project yang ingin mereka laksanakan. Misalnya, pengadaan alat peraga berbagai karakter untuk memudahkan mereka bercerita (hand puppets), pembelian kertas berwarna untuk latihan origami dan dekorasi kelas agar lebih berwarna dan bersemangat, penyediaan berbagai CD lagu-lagu agar anak-anak dapat juga belajar menari dan bernyanyi di kelas, dan seterusnya.

652e85a057fb2bb4d5eb255c3a5043abb9d13733

Rencananya, kado berupa donasi yang terkumpul di sini akan disalurkan untuk mendanai project 41 guru di Lombok, Wakatobi, Maluku Tenggara Barat, dan Trenggalek dengan total dana yang dibutuhkan adalah Rp. 50juta.

Apabila teman-teman ada usulan untuk #SemangatiGuru di lokasi lain, silahkan hubungi melalui email: [email protected] .

Mari #SemangatiGuru . Caranya mudah kok,

1. klik tombol "Donasi Sekarang"

2. Masukkan nilai donasi dan data diri

3. Pilih metode pembayaran dan transfer :)

Terima kasih teman-teman atas hadiah ulang tahunnya. Semoga rantai kebaikan ini akan terjalin lebih kuat lagi dan sambung-menyambung menjadi kebaikan yang kembali lagi untuk kita semua.

Jika ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi Taman Baca Anak Lebah di [email protected] . Jangan lupa follow akun twitter di @lebahbooks dan Like page/halaman Taman Baca Anak Lebah di Facebook. Ingin mengetahui berbagai kegiatan TBAL dan #SemangatiGuru? silahkan berselancar di tbal.org.

Salam,

@vera_makki

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (9)