Kitabisa! - Ulang Tahun Bebe untuk Sarah, my tough little girl
Ulang Tahun Bebe untuk Sarah, my tough little girl

Ulang Tahun Bebe untuk Sarah, my tough little girl

Rp 2.160.799
terkumpul dari Rp 1.200.000
17 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Halo, insan-insan yang diberkahi kebaikan hati oleh Tuhan Yang Maha Esa :)

Perkenalkan saya Nabila Arsyitia. Supaya lebih mudah, Anda dapat panggil saya Bebe saja. Saat ini, saya mahasiswa semester 8 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pada 27 Mei 2017 ini, alhamdulillah saya berkesempatan untuk memasuki usia 22 tahun. Pada hari-hari ulang tahun saya sebelumnya, biasanya ucapan selamat dan doa cukup banyak menghampiri. Hari ini saya menyadari, kebahagiaan yang saya rasakan selama 22 tahun ini merupakan kebahagiaan yang berpusat pada diri saya sendiri. Di ulang tahun saya kali ini, saya ingin ulang tahun saya lebih bermakna dengan berbagi kebahagiaan pada sahabat kecil saya, Sarah. Sebagai penghargaan baginya karena kekuatan hatinya dan semangat berbagi yang patut diteladani. Saya yakin dan percaya bukan tanpa maksud Tuhan memperpanjang usia saya, dengan berbagi kebahagiaan ini saya yakin ulang tahun saya akan lebih bermakna. Untuk itu, di hari ulang tahun saya ini, saya akan sangat senang jika teman-teman mau membantu saya berbagi kebahagiaan melalui "Sepeda untuk Sarah".

Sarah merupakan anak kelas 4 SD, ia merupakan satu di antara 5 anak yang setiap hari Minggu belajar membuat pernak-pernik dari kain flanel di rumah saya. Ibu saya yang menginisiasi 'kelas' ini, sebagai pembekalan keterampilan bagi anak-anak yatim/piatu/dhuafa di perkampungan sekitar rumah saya. Niatnya sederhana, untuk membuat anak-anak ini paling tidak dapat membuat suatu karya yang bisa menghasilkan apabila suatu hari terkendala biaya untuk menyambung kehidupan.

Di hari pertama ikut di kelas minggu tersebut, Sarah mengeluhkan sakit di perutnya. Ternyata karena ia belum makan seharian. Kemudian, ibu saya menanyakan alasannya belum makan, ternyata karena di rumah tidak punya makanan. Ternyata tidak sekali-dua kali ia tidak punya makanan, sehari-hari ia cukup terbiasa menahan lapar hingga perutnya sakit karena tidak punya makanan. Ibu kemudian mengobrol lebih lanjut dan mendapatkan informasi bahwa ternyata Sarah memiliki Ibu yang sakit hingga tidak dapat bangun dari kasurnya -informasi belakangan diketahui ibunya mengidap sakit liver yang sudah akut-. Ayah kandung Sarah sudah meninggal dunia dan saat ini ia memiliki ayah tiri yang bekerja serabutan, terkadang mencari barang rongsokan untuk dikumpulkan. Selain ayah dan ibu, ia memiliki adik berusia sekitar 3 tahun dan seorang kakak. Ia juga tinggal dengan neneknya yang bekerja memulung. Di tengah kondisi tersebut, Sarah merupakan anak yang bertanggungjawab untuk urusan rumah tangga seperti memasak, mencuci, bersih-bersih rumah, termasuk mengurus ibunya yang sakit. Kewajiban ini terkadang membuatnya tak sengaja 'tertangkap' sedang kelelahan atau mengantuk. Ia akan bangun lebih pagi untuk mencuci atau masak apabila ada suatu kegiatan yang harus diikutinya sejak pagi.

Satu hal yang cukup menyentuh bagi saya. Di tengah-tengah saat bahagia, misalnya seperti saat makan siang bersama di rumah kami. Sarah sering tiba-tiba terlihat murung. Jika ditanya, jawabnya

"Sarah inget Ibu kak, pasti ibu suka makanan ini".

Begitulah ia, hampir selalu menyisakan setengah dari makanannya dan minta izin membawanya pulang untuk ibunya. Sarah merupakan anak yang mengajarkan saya untuk senantiasa berempati dan berbagi, sekalipun pada hal yang disukainya sekali. Bukan saja pada ibunya, ia sering terlihat mengalah di antara teman-teman sebayanya yang sangat kompetitif dan kerap kali ingin menang sendiri. Saya salut pada anak sekecil itu yang mampu menginspirasi melalui kekuatan diri dan ketulusannya dalam berbagi. Bahkan di tengah kondisi sulit sekalipun.

Sudah beberapa minggu belakangan ini, Sarah tidak datang lagi ke kelas Minggu kami. Termasuk juga ke bimbel gratis yang diusung bapak-bapak setempat. Kami hanya mendapat laporan dari teman-temannya yang berkata bahwa Sarah tidak dapat beraktivitas karena tidak ada sepeda (mengingat jarak dari rumahnya ke tempat bimbel jauh dari rumah). Untuk saling berbonceng dengan teman-temannya juga tidak mungkin karena masing-masing sudah saling membawa boncengan. Saya paham, sebab sepeda terakhir Sarah yang terlihat mampir di rumah saya merupakan sepeda bekas rongsokan yang velgnya sudah miring sehingga meskipun dibetulkan ban sepedanya kembali rusak lagi dan lagi. Ban-nya pun sudah gundul. Tidak layak pakai dan berbahaya baginya untuk perjalanan jauh. Saat ini tanpa sepeda, Sarah seperti kehilangan akses menuju pendidikan keterampilan dan bimbingan belajar. Sangat disayangkan sebab ia termasuk anak yang tekun di Kelas Minggu kami.


b561bf11bed7ca9f8d42c42de12dd5f54182fab5


Untuk itu, di hari ulang tahun saya ini. Saya akan sangat senang bila semangat berbagi yang ditunjukkan Sarah bisa menular ke teman-teman. Atas ketulusan hatinya, saya ingin mengajak teman-teman mengapresiasi kebaikan Sarah dengan memberikan sepeda kepada Sarah untuk mempermudah dirinya belajar dan beraktivitas kembali. Saya ingin menghidupkan kembali semangatnya, dan menimbulkan keberaniannya untuk bercita-cita. Dalam penggalangan Sepeda untuk Sarah kali ini, saya menargetkan biaya 1,2 juta untuk sepeda yang lebih awet dan dapat disesuaikan dengan tubuhnya yang sedang berkembang. Saya akan sangat senang bila ternyata donasi yang terkumpul lebih, sisanya akan dialokasikan untuk keperluan pendidikan Sarah, seperti untuk SPP, mengganti tas sekolah yang sudah rusak, membeli buku LKS yang belum terbeli. Apabila donasi yang terkumpul lebih sekali, saya ingin menyisakan sebagiannya untuk persiapan jika sekolah Sarah mengadakan study tour atau pergi berenang. Seumur hidupnya, jika sekolah mengadakan acara Sarah tidak pernah mengikuti kegiatan tersebut.

Apabila sekiranya teman-teman ingin memberi hadiah pada saya di hari ulang tahun ini. Melihat kebahagiaan Sarah dapat beraktivitas kembali di rumah kami merupakan hadiah terindah yang dapat teman-teman beri pada saya. Untuk mewujudkannya, teman-teman dapat memberikan donasi yang caranya mudah sekali.

  1. Klik tombol "Donasi Sekarang"
  2. Masukkan nilai donasi dan data diri
  3. Pilih metode pembayaran dan transfer.

Saya ucapkan terimakasih sebelumnya bagi teman-teman yang sudah memberi kesempatan untuk memahami apa yang saya inginkan di hari ulang tahun saya. Juga untuk bantuan teman-teman apabila tergerak untuk berbagi kebahagiaan pada Sarah di hari ulang tahun saya.

Seorang Ibu dari teman saya pernah berkata "Hendaknya kebaikan itu menular". Dengan adanya kebaikan yang ditebarkan Sarah dan sudah menular, mari kita sebarkan kebaikan-kebaikan kembali agar dapat menjadi kebaikan yang semakin luas menularnya.

Apabila teman-teman memiliki pertanyaan, teman-teman dapat menghubungi saya di nabilabebe (Line) atau email di [email protected] .


Salam kebaikan,

Nabila Arsyitia

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (17)