Kitabisa! - Tanggal 31 Juli Untuk si Cantik (Orangutan)
Tanggal 31 Juli Untuk si Cantik (Orangutan)

Tanggal 31 Juli Untuk si Cantik (Orangutan)

Rp 1.556.226
terkumpul dari Rp 5.000.000
9 Donasi hari lagi

Cerita

Halo, gue Fitri mahasiswa Fakultas Hukum UI, tanggal 31 Juli gue berulang tahun. Namun diulang tahun kali ini gue ingin membantu satwa favorit gue yaitu Orangutan yang bernama Cantik.

Orangutan adalah salah satu hewan favorit gue. Entah mengapa tapi dari dulu gue punya rasa sayang yang sangat spesial terhadap satwa jenis Primata, terutama Orangutan. Kadang gue menganggap mereka adalah sahabat yang tidak pernah gue miliki.

Menurut gue, Orangutan itu memiliki tingkah yang hampir sama dengan manusia dan Orangutan juga menurut gue punya sensibilitas yang sama dengan Anjing. Orangutan akan tau apakah manusia yang berinteraksi dengan dia itu tulus atau tidak dan mereka juga punya loyalitas yang sama seperti Anjing.

Cantik adalah Orangutan berusia 4 tahun yang ditemukan oleh Doni di daerah Parit Timur. Doni membawa Cantik dalam kondisi terikat di karung karena pada saat ditangkap, Cantik mencoba untuk menggigit Doni.

2ec76646cce3a65dd6107bbe4e78f298f610c89d.jpeg

Sumber : IAR (saat Cantik kesakitan dan pertama kali dibawa ke IAR)

Setelah tim medis dari IAR (International Animal Rescue, Indonesia) datang, Cantik langsung dibawa ke klinik IAR untuk mendapat pertolongan pertama. Penanganan cukup sulit karena Orangutan ini semakin stress dan agresif. Saat itu drh. Ayu dan tim medis lainnya memeriksa semua kondisi fisik Cantik dan membersihkan kaki kirinya yang sudah agak membusuk.

A-WCo-Nwln08QiYUE2M3yixIAeF7KIpqy5xw9iukPIwRzU7-7lw_4Jqox5cspEkKliXun4GFt39cJBoP6fBFlsC_cVA4DTIfWcPCJgxQcWNka_AiWc_qGyNQnfSNfCru5Su0qMpR

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Cantik mengalami malnutrisi yang cukup parah dengan bobot hanya 3.7 kg. Selain itu juga terdapat luka yang sudah infeksi sehingga terjadi pembusukan dan kematian jaringan.

LHC10ZZQsCYBUBUHFz15rZjlOMh4Bi_4rgNmwFEnNX_Uasxb-fj9eFfdNe04I99_Ez2sv--TH6DnJB36LyoKAvE-zcfbuXk8BSqu4CkX1ppPUyL7P3iv8VDphCTFu1WBcHDLSUA0

sumber : IAR (Saat operasi amputasi kaki Cantik)

Pada tanggal 23 September 2016, tim medis Yayasan IAR Ketapang bersama dengan tim bedah drh. Paolo dari Hongkong memutuskan untuk melakukan prosedur amputasi.

Setelah menjalani prosedur amputasi, Cantik melewati beberapa macam pengobatan. Kondisi Cantik benar-benar pulih setelah kurang lebih 1 bulan pasca amputasi. Tidak ada infeksi sekunder pada perlukaan dan bobot badan pun bertambah secara signifikan.

e000451d11c9c0d364f5fbb6681c32172e44c69e.jpeg

Permasalahan yang dialami oleh Cantik pasca operasi adalah psikologis dan pemenuhan kebutuhan obat. Kondisi psikologisnya terlihat seperti belum pulih sepenuhnya. Cantik mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan Orangutan lain. Cantik selalu menjauh bila ada Orangutan lain yang mendekatinya. Bahkan seringkali dia tidak mau keluar dari kandangnya. Kondisi seperti ini mengakibatkan Cantik beberapa kali jatuh sakit sehingga perlu adanya konsumsi obat. Saat ini Cantik masih berusaha diperkenalkan dengan bayi Orangutan lainnya yang sebaya dengan dia satu per satu di kandang perawatan. Sekarang pelan-pelan Cantik sudah ikut baby school di mana dia pergi ke hutan jam 7 pagi dan pulang lagi kandang pukul 15.30.

Kalo lo mau ikut berkontribusi, cara donasinya mudah sekali:

1. klik tombol "Donasi Sekarang"

2. Masukkan nilai donasi dan data diri

3. Pilih metode pembayaran lalu transfer

Untuk informasi lebih lanjut hubungi 081290930765

Terima kasih teman-teman atas hadiah untuk tanggal 31 Juli ini. Semoga kita bisa saling menginspirasi untuk tumbuh menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat untuk semua.


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (9)