Kitabisa! - Bantu Risma Melawan Lupus
Bantu Risma Melawan Lupus

Bantu Risma Melawan Lupus

Rp 55.012.818
terkumpul dari Rp 150.000.000
355 Donasi 0 hari lagi
kholifatin artika
Akun belum terverifikasi

Cerita

Risma tercatat sebagai mahasiswa di salah satu Universitas di Jawa Barat. Ia juga merupakan salah satu mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK yang cukup membanggakan dan penerima beasiswa bidik misi serta Pemprov Sumatera Selatan yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi namun berasal dari keluarga yang tergolong kurang beruntung di finansial.

Risma adalah anak Yatim, selama di Tasikmalaya, Risma tinggal bersama pamannya. Sementara Ibu kandungnya berdomisili di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Ayah tiri Risma hanya bekerja sebagai petani karet dan Ibu kandungnya sebagai ibu rumah tangga biasa. Risma adalah anak yang mandiri dan gigih, hal ini terlihat sedari SMA Risma sering berjualan makanan kecil di lingkungan asrama dan juga selama kuliah Risma bekerja paruh waktu sebagai penjaga mini market.

Akan tetapi saat ini Risma terpaksa harus menunda pendidikannya karena bergulat dengan penyakit Lupus yang dideritanya. Diketahui bahwa Risma divonis mengidap penyakit lupus dan TBC. Hasil labotarium menunjukkan bahwa penyakit tersebut telah menyerang organ sarafnya yang perlahan menyebabkan kelumpuhan dan kesulitan untuk bergerak dan berbicara. Ia juga seringkali mengalami gangguan pernafasan. Walau seperti itu, ketika dicoba diajak berbicara Risma masih mempunyai semangat tinggi untuk berusaha merespon walaupun kesulitan.

sebelumnya Risma telah pernah dirawat di Rumah Sakit di Tasikmalaya selama 12 hari dan selama itu pula risma tidak dapat/pernah tidur. Risma akhirnya dibawa pulang dari Rumah Sakit dikarenakan pihak keluarga sudah “lelah” dengan kemungkinan besar penyebabnya adalah masalah biaya. Selama dirawat di rumah, Risma hanya diberikan obat dengan harapan pasien (Risma) dapat menjadi lebih tenang. Berat badan Risma menurun dratis dan saat ini hanya dapat mengkomsumsi makanan bayi dan air mineral. Untuk pengobatan alternatif, keluarga mencoba dengan melakukan pengobatan terapi rohani dengan mendatangkan beberapa ustadz yang melakukan terapi pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an.

Kabar tentang Risma akhirnya sampai di telinga salah satu alumni SMAN Sumatera Selatan. Setelah itu, salah satu perwakilan alumni mengunjungi Risma di Tasikmalaya pada hari sabtu. Kondisinya sangat memprihatinkan, oleh karena itu, alumni Sman Sumatera Selatan membentuk Tim penyembuhan Risma pada hari Sabtu, 19 Maret 2016.

Pada hari senin, ada lagi salah satu alumni Sman Sumatera Selatan datang ke kediaman Risma. Dia membantu untuk mengevakuasi Risma dari rumah untuk dirawat di RSHS Bandung. Karena keterbatasan pendidikan dan pengetahuan dari pihak keluarga Risma, maka perlu banyak hal yang harus dibantu, seperti mengurus surat rujukan ke RSHS, Jamkesda, dan persyaratan-persyaratan lain serta biaya transportasi.

Selasa tanggal 22 Maret 2016 ada satu lagi alumni Sman Sumsel yang membantu mengevakuasi Risma. Selasa siang hari, Risma sudah dibawa ke RSUD Tasik untuk diperiksa kestabilan kesehatannya dan mendapat surat rujukan dari RSUD setempat untuk di rawat di RSHS Bandung.

Akhirnya Risma berhasil di pindahkan dari RSUD Tasik ke RSHS Bandung, pada tanggal 23 Maret 2016, pukul 04.00 didampingi oleh dua alumni Sman Sumsel, empat keluarga dan perawat dari RSHS Tasik.

Pada awal masuk RSHS, Risma terdaftar sebagai pasien umum, karena Jamkesda Risma baru diurus senin dan baru jadi hari rabu siang. Dana untuk mengevakuasi Risma dari Tasik, biaya pendaftaran dan perawatan pada hari rabu pagi hingga siang berasal dari donasi yang kami galang di internal keluarga Sampoerna Academy. Pada sore hari, Jamkesda Risma sudah sampai RSHS Bandung dikirim oleh paman Risma dari Tasik. Setelah itu, Risma terdaftar sebagai pasien dengan tanggungan Jamkesda.

Diprediksikan oleh dokter, proses penyembuhan dan pemulihan Risma dari Lupus serta TBC ini membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk membiayai pengobatan Risma yang tidak dicover oleh Jamkesda, seperti beberapa obat, biaya rawat jalan nantinya, akan didanai menggunakan dana dari donatur melalui situs ini.

Setiap rupiah yang diberikan sangat berharga bagi Risma dalam melawan penyakitnya dan membuat nya kembali tersenyum

3f5dbd2b978d831adb28046e9f1e1394c2652ee3

Keadaan Risma sebelum mengidap LUPUS

Bagi yang ingin melihat kondisi dan memberikan bantuan secara langsung dapat mengunjungi Risma di ruang Kemuning 1, RS Hasan Sadikin Bandung.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (355)