Kitabisa! - Bantu Pak Woto Menyebarkan Virus Membaca!
Bantu Pak Woto Menyebarkan Virus Membaca!

Bantu Pak Woto Menyebarkan Virus Membaca!

Rp 761.562
terkumpul dari Rp 7.000.000
8 Donasi 0 hari lagi
Nur Febriani Wardi
Akun telah terverifikasi

Cerita

Saya mengenal Pak Woto sebagai sosok pendidik yang gigih dan dekat dengan anak-anak. Saya tidak akan pernah lupa teriakan anak-anak yang kegirangan menyambut Pak Woto saat ia berpeluh keringat mendorong gerobak berisi buku bacaan ke sebuah kampung yang cukup kumuh pada waktu itu di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Pak Woto akan tersenyum lebar menghampiri dan menyapa kerumunan anak-anak yang mengelu-elukan kedatangannya. Ia mulai mengeluarkan buku-buku bacaan yang akan diperebutkan oleh anak-anak, dan mengakhirinya dengan dongeng berisi pesan-pesan untuk kebaikan. 

Pada saat itu Pak Woto bekerja di Yayasan Balita Sehat, tempat yang sama dimana saya bekerja. Beberapa tahun kemudian, kami meminta Pak Woto untuk belajar nyetir, hingga akhirnya dia bisa mengoperasikan sebuah mobil pintar berisi ratusan buku dan berkeliling ke PAUD-PAUD di sekitaran Bojonggede. Seringkali ia mengajak anak perempuannya yang masih sangat kecil untuk berkeliling 'menjajakan' buku-buku bacaan.

Kini ia sudah tidak bekerja di Yayasan Balita Sehat karena memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Semarang. Demikian juga saya yang sudah kembali ke Kalimantan. Namun rupanya semangatnya untuk menyebarkan virus membaca dan mendongeng masih tidak pudar. Saya menerima pesan bahwa ia ingin menggunakan vespanya untuk bawa buku-buku! 

Katanya pengennya seperti ini... (idealnya kalo uangnya cukup :p) 

ae3e312a-d134-429b-b8a2-31ac95028d8b.jpg

Konsepnya Vespa kelilingnya nanti mirip seperti gerobak dan mobil pintar milik Yayasan Balita Sehat. Dia berharap bisa berkeliling dengan vespa yang telah diberi sambungan khusus untuk menyimpan buku-buku, dan membawanya ke anak TK/PAUD di sekitaran Semarang. Setiap sesi berdurasi 2 jam yang diisi dengan baca buku, dongeng dengan puppet show, games/quiz, , dan nyanyi bersama. 

Properti yang sudah Pak Woto miliki: vespa sespan, 30 buku bacaan anak, dan beberapa boneka untuk puppet show.

Properti yang belum dimiliki: Sespan (sambungan disamping vespa untuk bawa buku), audio/speaker, dan tambahan buku yang idealnya ada 200 buku lagi.

Uang yang dikumpulkan dari kampanye ini dimaksudkan untuk pembuatan sespan atau sambungan samping Vespa, pembelian audio/sound system, payung, tikar. Sementara untuk buku-buku akan diusahakan dari donasi buku langsung terlebih dahulu. 

Jika ada yang mau membantu langsung, mungkin berdomisili di Semarang dan sekitarnya, silakan menghubungi Pak Woto di 081210098729 atau di rumahnya Perum Kartika Asri Blok C2 No. 7 RT. 03 RW. 15 Pudak Payung Banyumanik, Semarang. 

FYI, aksi Pak Woto dalam berinteraksi dengan anak sudah pernah di feature di Net TV, Trans 7, dan DAAI TV.

Nah sekarang, yuk bantu wujudkan keinginannya untuk modif vespanya jadi perpus keliling!

e034d74d-3996-4eb0-8f74-9e51184eee41.jpgf74a0401-6315-4e13-8dfe-6b5ac7a6b007.jpg
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (8)