Water for Desa Nibaaf
Water for Desa Nibaaf

Water for Desa Nibaaf

Rp 385.010.000
terkumpul dari Rp 385.000.000
218 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Watch the video:

1bc9e4eb-3ce1-4b60-bf3d-7e24590ba08b.jpg


Chapter One: Water for Desa Nibaaf

Latar Belakang Desa Nibaaf

Di Desa Nibaaf, kabupaten Timor Tengah Utara, terdapat 865 penduduk yang hidup dengan penuh kesederhanaan. Mayoritas warga desa Nibaaf berprofesi sebagai petani. Ironisnya, warga desa Nibaaf yang sudah memiliki tradisi menanam sirih ini masih mengalami kesulitan memperoleh air bersih.

367f4a04-6cc8-425c-95f9-1c1e488005e0.jpg

Jangankan air untuk bercocok tanam, air untuk kebutuhan pokok sehari-hari warga Desa Nibaaf pun masih belum terpenuhi.

“Air berlimpah di kampung kami, tapi tidak pernah sampai di depan rumah” 

Warga harus berjalan kaki setiap hari menempuh medan yang terjal untuk mencapai sumber air. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun harus menempuh jarak yang sama sebanyak tiga kali dalam satu hari. Waktu berharga yang seharusnya bisa mereka gunakan untuk belajar tersita untuk menempuh perjalanan selama 2-3 jam untuk menimbah air.           

78f1dd6e-ef6e-40f6-8c21-ed0e67b69321.jpg


Deskripsi Proyek

Sebelumnya, Desa Nibaaf sudah pernah di intervensi oleh PAMSIMAS untuk pemasangan pipa dan pompa. Namun, tidak berlanjut karena kurang nya infrastruktur dan biaya perawatan yang menyebabkan pipa berhenti berfungsi. Oleh karena itu, warga Desa Nibaaf masih belum memiliki akses air bersih yang mudah.       

Kami mencetuskan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan membantu menyalurkan akses air bersih pada 865 warga di Desa Nibaaf. Hal ini dapat dicapai dengan membangun solar panel untuk memompa air dari sumber mata air ke kran-kran yang mudah diakses oleh warga sekitar. 

Untuk mewujudkan upaya ini, kami mengajak teman-teman untuk membantu kami dalam membangun infrastruktur yang akan memberi akses air bersih untuk Desa Nibaaf. Selain memberi donasi, teman-teman juga dapat membantu dengan mengajak teman-teman dan keluarga untuk ikut berdonasi. Tidak ada jumlah yang terlalu kecil untuk kami dan penduduk Desa Nibaaf. Kami sekeluarga Solar Chapter mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur. 

Perincian Biaya

Berikut di bawah ini adalah perencanaan perincian biaya untuk proyek kami akan terus memperbarui perincian biaya setelah kami menentukan desain final dari tim teknis. Berhubung sebagian besar dari total anggaran kami adalah material dan peralatan, kami akan berkerjasama dengan pemasok material untuk menekan biaya akhir.

Kami akan memompa air dari mata air Benin yang lalu akan ditampung di 2 reservoir di SMP Nibaaf. Pompa ini akan memakai 21 lempeng solar panel sebagai sumber tenaga memompa 53 000 L per hari. Lalu dari reservoir yang terletak di SMP, kami akan memakai daya gravitasi untuk menyalurkan air ke Dusun A dan pompa di Dusun B. Dari pompa pompa Dusun B, kami akan memompa air lagi ke rumah warga dengan pompa solar yang dimiliki Desa Nibaaf.

de63490e-0535-40cf-a37c-3fe787e2bb19.jpg

Tentang Kami

ec28337f-8d6e-4c96-9261-50a0b9c49c13.jpg

Solar Chapter adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh pelajar di Amerika Serikat pada bulan Agustus 2017 di University of Illinois at Urbana-Champaign. Kami memiliki lebih dari 4 cabang. Misi dari organisasi kami adalah memperbaiki kualitas hidup masyarakat di daerah pedalaman Indonesia dengan menyediakan kemudahan akses air, meningkatkan kualitas pendidikan, dan pengembangan komunitas secara umum.

Proyek pertama Solar Chapter adalah memberikan Desa Umutnana akses air bersih, dan dengan bantuan donatur-donatur, proyek ini berhasil membangun 16 keran. Melihat besarnya dampak yang dapat kami berikan mendorong kami untuk terus berkarya. Proyek-proyek lain yang telah kami lakukan termasuk pembangunan perpustakaan di Desa As Manulea, KAIN MAKNA, proyek yang dibangun untuk ibu-ibu desa untuk memasarkan hasil karya kain tenun setempat, dan berbagai proyek infrastruktur lainnya. 

Website: https://solarchapter.com/

Instagram: https://www.instagram.com/solarchapter

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler

Maaf terjadi kesalahan. Cobalah beberapa saat lagi. Coba lagi


Donasi (218)


Fundraiser