Kitabisa! - Rumah Anak Yatim
Rumah Anak Yatim

Rumah Anak Yatim

Rp 4.533.755
terkumpul dari Rp 10.000.000
26 Donasi hari lagi
Menggalang untuk Rumah Yatim

Cerita

Secara universal kemiskinan di Indonesia (khususnya) bisa diidentifikasi menjadi dua kategori: kemiskinan kultural dan kemiskinan struktural. Kedua jenis kemiskinan ini sangat berkaitan erat dalam tatanan kehidupan sosial.

Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang sifatnya teologis, lebih bertumpu pada mental dan spiritual. Artinya kemiskinan kultural ini tidak disebabkan oleh kurangnya materi atau kekayaan, tetapi lebih disebabkan oleh krisis mental dan rapuhnya tatanan iman dan pemahaman agama seseorang sehingga harta yang melimpahpun tak mengurangi “Kemiskinan” jiwanya yang rakus.

Sementara jenis kemiskinan kedua adalah kemiskinan stuktural. Kemiskinan struktural ini lebih bersifat sosialis, yang ditandai dengan kurangnya materi dan lemahnya ekonomi.

Melihat realita kondisi masyarakat saat ini, yang memiliki kesenjangan sosial yang begitu besar sebagai dampak dari dua kemiskinan tersebut, maka sudah saatnya “Spirit Zakat” sebagai penegak keadilan sosial harus benar-benar ditegakkan. Untuk menumbuhkan dampak “Perubahan” yang lebih besar dan luas di masyarakat.

Untuk mengimplementasikan misi ini tidak cukup mengaktualisasikan zakat hanya sebatas doktrinal tanpa membangun spirit transformasi sosial. Spirit zakat ini harus diorientasikan untuk merubah kondisi yang timpang itu menjadi sebuah keadilan sosial yang menyeluruh.

Dengan spirit Zakat, orang yang kaya secara material harus dituntut bersedia berbagi dengan masyarakat yang miskin secara struktural sehingga nantinya orang-orang miskin struktural ini tidak lagi menjadi masyarakat miskin yang selalu diberi zakat (Mustahik), tetapi bisa berubah menjadi masyarakat yang mandiri dan nantinya bisa menjadi orang yang mampu untuk memberi zakat (Muzaki).

Zakat untuk Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Ibadah Zakat bukan hanya dipraktekkan sebagai pemenuhan kewajiban rukun Islam tanpa disemangati untuk merubah tatanan sosial. Zakat bisa merubah kemiskinan kultural karena sesungguhnya zakat itu mengajarkan tentang rasa syukur dan kepedulian, Zakat juga mampu merubah kemiskinan struktural karena zakat juga mengajarkan arti sabar dan kemandirian.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Profesional, Rumah Yatim memiliki sebuah prinsip dan keyakinan bahwa Ibadah Zakat yang diimplementasikan secara benar, bukan hanya mampu menggugurkan kewajiban ritual namun juga sekaligus menjadi sebuah media sangat efektif dalam melakukan perubahan tatanan sosial yang berkeadilan.

5549c8e5efe35cefd0be858f38b3338215a38945

Melalui dana Zakat, para mustahik yang berstatus fakir, miskin dan para lansia, menjadi prioritas utama kami, dalam penyaluran bantuan yang bersifat konsumtif seperti Bantuan Biaya Hidup dan Bantuan Sembako.

ccb4e9a8f328a00e49e8e0b1d92e86c3605e26cf

Dalam membantu pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi lokal, Rumah Yatim menyediakan bantuan bagi para petani dan pengusaha kecil dalam bentuk bantuan modal usaha, bibit, serta bantuan mesin produksi. Setelah pemberian bantuan, kegiatan monitoring pun dijalankan, hingga para petani dan pengusaha kecil tersebut bisa menghasilkan produk yang memiliki daya saing dengan produk yang telah ada sebelumnya.

819313a303e0e9de92e51920a687cebc060433fe

Selain itu Rumah Yatim pun telah berhasil menyediakan layanan kesehatan murah, dan fasilitas ambulan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Program penyuluhan kesehatan pun dicanangkan dengan membentuk tim relawan kesehatan, yang secara berkala menyisir wilayah pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang minim dan sulit terjangkau. Selain melakukan edukasi terhadap wabah penyakit yang diderita secara umum, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan pun dibebaskan dari pungutan biaya.

bf3ea9678cc7175b46c1911be142935b00c436b2

Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Kami mengajak Anda, untuk membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat dari penghasilan, melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim.

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.

"Zakat untuk Perubahan ... "

Salurkan Bantuan anda dengan cara:

1. Klik tombol hijau "Tunaikan Zakat"
2. Isi data diri dan pilih cara pembayaran.
3. Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui sosial media anda.

www.rumah-yatim.org

IG @ : rumahyatim

FB : Rumah Yatim

WA/SMS/CALL

0812-2120-0900

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Donasi (26)