Kitabisa! - Zakat untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin
Zakat untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin

Zakat untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin

Rp 29.407.072
123 Donasi 104 hari lagi
LBH JAKARTA
Akun telah terverifikasi
Bagian dari ZakatHub by BAZNAS

Cerita

Andro & Nurdin, dipaksa mengakui pembunuhan yang bukan dilakukan olehnya. 

Keduanya adalah pengamen yang secara tidak sengaja melihat mayat  di kolong Jembatan Cipulir, Jakarta Selatan tahun 2013 lalu. Awalnya keduanya dijadikan saksi atas pembunuhan tersebut. Tidak tau kenapa, statusnya berubah menjadi tersangka.

511debb6-6a71-4de6-a996-3a73502653f7.jpg

Saat ditetapkan menjadi tersangka, keduanya tidak mendapatkan pendampingan hukum dari pengacara. Dalam penyidikan, Andro & Nurdin mengalami penyiksaan dan dipaksa untuk mengakui perbuatan yang bukan dilakukan olehnya.

Andro dan Nurdin pun sempat merasakan masa tahanan selama setahun hingga kemudian didampingi oleh LBH Jakarta dan mendapatkan keputusan tidak bersalah oleh Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta di 2014.

Belum cukup sampai di situ, ganti rugi atas kasus salah tangkap ini pun sempat berbelit-belit. Untunglah, bantuan hukum yang diberikan oleh LBH Jakarta dapat menolong Andro dan Nurdin memperoleh hak mereka.

5fb06473-b5a1-45a4-aa44-fff230ee4e33.jpg

Tidak hanya Andro dan Nurdin, masih banyak kasus-kasus serupa yang ditangani LBH Jakarta. Dedi misalnya, seorang tukang ojek yang dituduh melakukan pengeroyokan yang menyebabkan kematian. Ada Bu Siti Hadiatin, seorang Bidan yang mempertahankan rumahnya sendiri dan diancam penjara.

“Tiap tahun kami memberikan layanan bantuan hukum gratis kepada masyarakat, kurang lebih 1.250 kasus. Rata-rata mereka ini miskin, buta hukum, dan tertindas yang memang membutuhkan layanan bantuan hukum,” ujar Arif Maulana, Direktur LBH Jakarta.

Masyarakat yang membutuhkan bantuan hampir seluruhnya berasal dari keluarga prasejahtera yang buta akan pengetahuan hukum, sehingga rentan menjadi korban ketidakadilan.

0ee7f8cb-1a70-479f-b07a-01deceed1ec2.jpg

Sedikit informasi, baru-baru ini LBH Jakarta telah mendapat dukungan fundraising dari BAZNAS. Mengingat proses pendampingan memerlukan waktu, energi, dan biaya yang tidak sedikit, maka Zakat Anda akan menjadi wujud dukungan bagi LBH Jakarta agar bisa terus memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin hingga memperoleh keadilan.

Kenapa LBH Jakarta Berhak Menerima Zakat?

  • Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh LBH Jakarta berasal dari asnaf Miskin dan Fi sabilillah merujuk kepada 8 Golongan yang berhak menerima zakat menurut QS At Taubah 60:
9f8cdf35-1212-4917-be96-5eafae720be9.jpg

Program Penyaluran Zakat yang Dilakukan oleh LBH Jakarta Kepada Mereka yang Membutuhkan.

Konsultasi Hukum Gratis

Ribuan orang yang datang ke LBH Jakarta setiap harinya, akan diberikan konsultasi hukum secara gratis. Tujuannya, setidaknya orang yang diberikan konsultasi tau apa saja hak-hak mereka di dalam hukum yang dilanggar.

Pendampingan Hukum Gratis

LBH Jakarta memberikan bantuan hukum secara gratis untuk masyarakat prasejahtera. Pendampingan akan dilakukan oleh pengacara yang ditunjuk oleh LBH Jakarta hingga selesai kasus hukumnya.

Pendidikan Hukum Gratis

Masyarakat bisa mendapatkan pendidikan seputar pengetahuan hukum dan gerakan sosial. Saat ini, LBH Jakarta memiliki ratusan paralegal (bukan pengacara) yang diberikan pendidikan hukum secara berkala dengan tujuan dapat berperkara secara mandiri, maupun membantu komunitasnya ketika berhadapan dengan hukum.

Bantuan Hukum Keliling

Melalui program ini, LBH Jakarta berusaha untuk mendekatkan akses bantuan hukum gratis kepada masyarakat di area Jabodetabek. Tujuannya agar masyarakat tau, bahwa orang yang terjerat hukum berhak mendapatkan bantuan hukum.

Untuk informasi detail seputar kegiatan LBH Jakarta, Anda bisa menghubungi:

  • Facebook: LBH Jakarta
  • Website: bantuanhukum.or.id

Mari salurkan zakat Anda melalui LBH Jakarta agar lebih banyak lagi masyarakat miskin yang bisa memperoleh bantuan hukum; serta membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup kita.

Cara Zakat:

  1. Klik Tombol "Zakat Sekarang"
  2. Masukkan nominal Zakat
  3. Pilih metode pembayaran: GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI.

Wassalam,

Arif Maulana (Direktur LBH Jakarta)

+++++++

Disclaimer:

100% zakat Anda disalurkan dalam program ZakatHub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke LBH Jakarta
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS

Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (123)