Kitabisa! - Zakat untuk Santri Dhuafa Darul Funun
Zakat untuk Santri Dhuafa Darul Funun

Zakat untuk Santri Dhuafa Darul Funun

Rp 32.111.848
191 Donasi 76 hari lagi
Bagian dari ZakatHub by BAZNAS

Cerita

"Bantu kami membantu mereka"

"Zakat membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup"

Perguruan Darul Funun merupakan perguruan pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1854 di Padang Japang, Sumatera Barat. Perguruan ini yang dibawah naungan Yayasan Wakaf Darul Funun El-Abbasiyah. 

Sejak didirikan Darulfunun konsisten fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan juga memberikan sumbangsih pemikiran dalam pengembangan baik skala lokal, regional dan juga nasional.

Tokoh Darulfunun yang dikenal secara nasional adalah Syekh Abbas Abdullah yang memberikan kopiah tinggi kepada Ir Soekarno selepas pembuangannya di Bengkulu.

Saat ini di usianya yang lebih dari 1,5 abad, Darulfunun sejak tahun 2004 memfasilitasi pendidikan tingkat menengah, dan fasilitas asrama. Disamping itu Darulfunun juga memfasilitasi anak-anak yatim dhuafa untuk bersekolah dan tinggal di asrama.

Saat ini dengan jumlah siswa 418 pertahun yang menempuh pembelajaran, 58 diantaranya adalah siswa-siswa dhuafa yang diasuh oleh panti perguruan.

Bukan hanya memenuhi hak anak-anak ini akan pendidikan yang layak, Yayasan Darul Funun El Abbasiyah juga memberikan tempat tinggal dan pengasuhan yang dibutuhkan oleh mereka. 

Kenapa Darulfunun berhak menerima Zakat?

  • Penerima manfaat Darulfunun masuk dalam kategori Asnaf (8 pihak yang layak menerima zakat) yaitu anak-anak kurang mampu (Miskin) yang ingin melanjutkan pendidikan
  • Melalui Kitabisa, Campaign Zakat Darulfunun telah tergabung dalam jaringan ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat resmi pemerintah. Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak). Selengkapnya klik disini

8 Golongan yang berhak menerima Zakat (Asnaf) menurut Surat At-Taubah ayat 60:

1e4f8d15-27ee-4802-b5d5-632fdf1f8bd0.jpg

Apa Program Zakat Darulfunun?

  • Memberikan pendampingan pendidikan kepada anak-anak kurang mampu yang berasal dari daerah terpencil. Nominal biaya pendampingan berkisar antara 60rb-100rb per-anak dan dibantu oleh dana BOS.
  • Memfasilitasi tempat tinggal dan keperluan makanan pokok sehari-hari. Nominal biaya yang diperlukan berkisar 300rb-500rb per-anak dan dibantu oleh bantuan dana sosial dari kementerian sosial.
  • Dana tersebut juga disalurkan memperbaiki fasilitas umum tempat tinggal dan untuk barang-barang penunjang sekolah pendidikan seperti: seragam, buku, perlengkapan sekolah, dan alat penunjang lainnya

Siapa contoh penerima manfaat Darulfunun?

Secara umum penerima manfaat adalah siswa-siswa yang belajar di Perguruan Darulfunun dan secara khusus adalah siswa dhuafa yang tinggal di asrama Darulfunun.

Darul Funun juga memberikan pendampingan karakter dan pembinaan agama dalam program surau.

8309afef-4052-4794-9dc5-595b80e7c8f3.jpg46c383f6-0b86-4c00-853e-68729b6ad734.jpg

Beberapa anak-anak dhuafa atau panti yang menjadi penerima manfaat:

d0fdb04c-aa86-4950-b571-8a06abdb526d.jpg

Puteri Anjeli terlahir sebagai gadis yang cerdas. Meski ibunya telah tiada, Putri yang kini duduk di kelas 11 IPS tetap rajin belajar dan sering memenangkan sederet penghargaan diantaranya adalah, Juara ke-2 kelas 10 IPS, Juara ke-3 Fahmil Quran MTQ tingkat Kabupaten, Juara ke-2 Penciptaan Puisi tingkat Kabupaten, Juara ke-3 Tilawah Alquran tingkat Kabupaten. Puteri juga telah berhasil menghafal 5 Juz Alquran.

ffd583b5-551f-4526-b8ec-ad428bd16510.jpg

Nanda Putra adalah salah satu anak yatim yang juga tekun menghafalkan Quran. Hingga sekarang, Nanda sudah menghafalkan 2 Juz Alquran. Bukan cuma itu, Nanda juga menjadi Juara ke-2 Kelas 11 IPS.

d0b3adc9-640e-4def-86c1-fdcb0f9a09ac.jpg

Menjadi seorang anak yatim dengan keterbatasan ekonomi tak membuat Ramadhan mengurungkan bakat olahraga yang dimilikinya. Ramadhan pun kerap meraih posisi juara pada beragam kompetisi diantaranya adalah, Juara ke-1 Ganda Putra Badminton se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Juara ke-2 Ganda Putra Badminton se-Kabupaten di 2017, Juara ke-2 Volley Ball Putra se-Kabupaten, dan Juara ke-1 Ganda Putra Badminton se-Sumatera Barat.

Sekilas Yayasan Wakaf Darul Funun

Perguruan ini berdiri sejak tahun 1854 di Padang Japang, Sumatera Barat. Perguruan ini telah mengalami berbagai fase pengembangan selama lebih dari 1,5 abad dan memberikan peran dan ide pembaharuan pada zamannya.

Sejak tahun 2004 yayasan merasa perlu memfasilitasi pendidikan menengah dikarenakan tidak cukupnya fasilitas pendidikan untuk menampung anak-anak di kawasan daerah dan tertinggal dan juga untuk anak-anak dhuafa, baik yatim piatu, miskin ataupun muallaf. Fasilitas pendidikan ini juga dibuka dikarenakan keperihatinan terhadap pergaulan anak muda dan penyebaran narkotika di daerah tertinggal.

77397f7e-eb12-46c6-883f-a83dab1417bb.jpg

Website: www.darulfunun.or.id
Facebook: @darulfunun.id
Instagram: @darulfunun.id
Twitter: @suraugadang

Kontak: abdullah@darulfunun.id
Telp: (0752) 97738

Alamat: Jalan Tanjuang Rongik, Padang Japang, VII Koto Talago, Guguak, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26253
-------

Mari bantu anak-anak Indonesia yang berprestasi seperti Puteri, Nanda, dan Ramadhan agar dapat terus bersekolah dan menatap masa depan lewat Zakat yang kita berikan.

"Zakat membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup"

------

Cara Zakat:

1. Klik Tombol "Tunaikan Zakat"

2. Masukkan nominal Zakat

3. Pilih metode pembayaran

Wassalam,

Yayasan Wakaf Darul Funun El-Abbasiyah

----------

Disclaimer:

100% zakat Anda disalurkan dalam program ZakatHub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langung ke Darul Funun El-Abbasiyah
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS
Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (191)