Kitabisa! - Zakat untuk Berdayakan Ratusan Keluarga Asuh
Zakat untuk Berdayakan Ratusan Keluarga Asuh

Zakat untuk Berdayakan Ratusan Keluarga Asuh

Rp 193.034.996
287 Donasi 102 hari lagi
Bagian dari ZakatHub by BAZNAS

Cerita


Family For Family adalah gerakan dari Yayasan Keluarga Asuh yang salah satu programnya di bidang pendidikan berupa pemberian akses agar mereka tidak putus sekolah dan pelatihan untuk mendukung potensi anak asuh agar bisa berdaya. Sejak 2017 Family For Family telah memberdayakan 150 Keluarga.

Kenapa Family For Family Berhak Menerima Zakat?

  • Penerima manfaat Family For Family masuk dalam kategori Asnaf (8 pihak yang layak menerima zakat) yaitu anak-anak dari keluarga yang kurang mampu (Miskin) dan ingin melanjutkan pendidikannya.
  • Melalui Kitabisa, Family For Family telah tergabung dalam jaringan ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat resmi pemerintah. Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak). Selengkapnya klik disini

8 Golongan yang berhak menerima Zakat (Asnaf) menurut Surat At-Taubah ayat 60:

3d274455e15cf005a742a868cf9b98bccda35ff0.png

Apa Program Zakat Family For Family?

  • Membantu membelikan barang-barang yang diperlukan dalam keluarga yang dibantu
  • Mempertemukan keluarga miskin dengan keluarga kaya agar tidak ada lagi kesenjangan hidup diharapkan bisa berkurang
  • Family For Family akan mengadakan penggalian potensi anak asuh dengan melakukan konseling dan pelatihan rutin untuk meningkatkan kemampuan para keluarga
  • Membantu pembiayaan sekolah anak-anak dari keluarga yang dibantu di kota Bandung

Siapa Penerima Manfaat Family For Family?

Namanya Annisa, anak pertama dari 2 bersaudara dan berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Beberapa tahun yang lalu, Annisa sudah ditinggal Ayah untuk selama-lamanya. Bersama Ibu dan satu Adik perempuannya, Annisa harus berjuang melawan kerasanya dunia.

Annisa tinggal di sebuah rumah kontrakan kecil yang seringkali terkena banjir jika hujan tiba.

Ibunya hanya bekerja sebagai penjaga toko burung dengan gaji yang hanya 350 ribu per bulan. Luar biasanya, ia bisa mendidik anak-anaknya untuk menggapai pendidikan tinggi. Bukti nyatanya adalah Annisa, kini ia sedang menempuh kuliah semester 6 jurusan manajemen. Ia merupakan anak berprestasi. Selain mendapatkan IPK cumlaude, ia juga kuliah dengan beasiswa penuh. Selain berkuliah, ia juga menjadi pengajar di madrasah agama yang berlokasi di dekat tempat tinggalnya serta berjualan kue buatan ibunya di kampus tempat ia belajar.

Ketika awal bertemu dengan tim Family For Family, Annisa sama sekali tidak menceritakan kesedihan yang ia alami, ia hanya fokus menjelaskan pada perjuangan yang bisa ia lakukan di tengah kondisi yang memprihatinkan. Annisa juga menceritakan tentang perjuangannya yang harus bolak-balik warung internet ketika ada tugas kuliah atau untuk sekadar membaca referensi belajar. Ketika mengetahui hal tersebut, Family For Family memutuskan untuk memberikan support kepada Annisa berupa satu buah laptop. Mengingat sebentar lagi ia akan memasuki semester akhir dan akan menulis skripsi.

043b874106b788fbcf691e5a0df2ddf62c4f58f1.png

“Uang yang aku dapat dari ngajar dan jualan biasanya habis untuk ke warnet buat ngerjain tugas kuliah. Tapi semenjak ada bantuan dari Family For Family, aku kini bisa pake uang yang aku dapat buat bantu nambah pemasukan keluarga. Selain dikasih laptop, aku juga diajarin banyak hal sama tim Family For Family yang menambah wawasan dan bikin aku jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya”.

Kami sangat terharu dan merinding jika mendengar cerita Annisa. Suatu hal yang luar biasa, dengan segala keterbatasan dukungan dan fasilitas Annisa mampu berprestasi. Idealnya dengan potensi yang Annisa miliki saat ini, dia sangat membutuhkan dukungan dan fasilitas untuk bisa lebih berkembang lagi, lebih fokus lagi belajar serta meminimalkan kekhawatiran besok makan apa Ibu dan adiknya, bayar kontrakan dan lain sebagianya.

Sekarang, Annisa sudah mempunyai laptop yang ia gunakan untuk kuliah.

Annisa adalah satu dari ratusan anak-anak yang diasuh Family For Family yang dibantu, diberdayakan dan berhasil menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Family For Family merupakan suatu gerakan yang tidak hanya fokus pada pemberian bantuan kepada mereka yang kurang mampu, tetapi juga mencoba agar donatur / keluarga mampu mau untuk mengasuh atau setidaknya bertemu dengan yang dibantunya secara langsung. Dengan adanya pertemuan ini, kesenjangan antara si kaya dan si miskin diharapkan bisa berkurang. Yang mampu akan semakin tumbuh rasa ingin membantu mereka yang kurang beruntung, yang kurang mampu akan merasa bahwa masih banyak orang baik di sekitarnya yang peduli dengan kondisi mereka.

3fa50b07f4d072a1698752526af233ff30dd12b4.jpeg

Selain memberikan bantuan dalam bentuk barang dan pertemuan dua keluarga, Family For Family juga fokus pada penggalian potensi anak asuh dengan melakukan konseling dan pelatihan rutin untuk meningkatkan kemampuan mereka. Sehingga nantinya diharapkan mereka akan berdaya dan mandiri.

Saat ini ada ratusan anak dari keluarga asuh Family For Family yang sedang duduk dibangku SD, SMP, dan SMA bahkan perguruan tinggi. Mereka menunggu untuk dibantu dan diberdayakan. Family For Family percaya bahwa untuk mengurangi kemiskinan salah satunya melalui jalan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama semua pihak dan diperlukan intervensi yang komprehensif untuk menyelesaikannya. Pengentasan kemiskinan bukan hanya tugas Anda, Dia, atau Mereka; melainkan tanggung jawab kita semua.

Siapa tim dibalik Family For Family?

1a6042602e652d858490632ab763fc8a534cc846.png

Family For Family merupakan Program keluarga asuh, dimana keluarga yang kurang mampu diasuh sampai mandiri oleh keluarga yang mampu. program multidimensi dengan diberikan kail usaha dan pendidikan. Program ini Terinspirasi dari Kaum Ansar yang membantu Kaum Muhajirin ketika hijrah, di inisiasi oleh Ridwan Kamil sebagai Walikota Bandung.

Yuk bantu berdayakan ratusan anak dari keluarga asuh Family For Family. Dengan berdonasi, maka Anda telah menjadi bagian dari perubahan. Dengan berdonasi, Anda membantu untuk mengurangi tingkat kemiskinan khususnya di Kota Bandung.

Cara Zakat:

1. Klik Tombol "Tunaikan Zakat"

2. Masukkan nominal Zakat

3. Pilih metode pembayaran


Disclaimer:

100% zakat akan disalurkan untuk program ZakatHub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke Family For Family
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (287)