Zakat Gemilang Indonesia
Zakat Gemilang Indonesia

Zakat Gemilang Indonesia

Rp 82.890.384
655 Donasi 12 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

Zakat untuk Pendidikan Pemulung dan Dhuafa

Kabar baik untuk dunia pendidikan Indonesia bahwa angka putus sekolah sudah semakin menurun. Sayangnya penurunan angka tersebut masih kurang signifikan, sebab masih ada 32.127 anak usia SD yang putus sekolah, sebagaimana yang tercatat di Badan Pusat Statistik pada tahun ajaran 2017/2018.

Berdasarkan data dari UNICEF, faktor terbesar yang menjadi penyebab anak putus sekolah tentu saja kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan.

32 ribu anak putus sekolah sebagian tersebar di lapak-lapak pemulung di seluruh Indonesia. Salah satu wilayah yang memiliki sejumlah lapak pemulung adalah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kondisi ekonomi keluarga yang sulit mengharuskan anak-anak pemulung dari lapak-lapak di daerah ini ikut mengais rezeki disaat anak-anak yang lain berbahagia merasakan bangku sekolah.

Berangkat dari sinilah Yayasan Gemilang Indonesia dirintis. Saat ini kami menyelenggarakan pendidikan di jenjang PAUD, TK, dan SD untuk anak-anak pemulung di daerah Karang Pola, Jati Murni, dan Mangga Besar, Kecamatan Pasar Minggu. Di sekolah ini mereka tak perlu lagi memikirkan perihal biaya perlengkapan, gedung, dan sebagainya karena semua fasilitas diberikan secara GRATIS.

PROFIL GEMILANG INDONESIA

  • Legalitas Yayasan

Akta Pendirian No mor 02 tanggal 28 Agustus 2014 dibuat dihadapan Susy Susilowati, S.H., Notaris di Depok dengan Akta Perubahan Terakhir No. 1 tanggal 1 November 2014 yang dibuat oleh Susy Susilowati, SH., Notaris di Depok.

Persetujuan Operasi dari Departemen Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang telah disahkan oleh Menteri Kehakiman RI AHU 05458.50.10.2014 tertanggal  4 September 2014.

  • Visi & Misi

VISI

Menjadi lembaga sosial profesional yang fokus bergerak di bidang pendidikan bagi anak-anak marginal, yatim dan dhuafa.

MISI

  1. Menerapkan sistem organisasi sesuai ISO (International Standard Organization)
  2. Mendirikan tempat-tempat pendidikan gratis yang aplikatif dan solutif bagi anak-anak marginal, yatim dan dhuafa.
  3. Memberikan pendampingan dan pembinaan terhadap anak-anak marginal, yatim dan dhuafa.
  4. Mengadakan berbagai kegiatan sosial berbasis pendidikan.
  5. Menjalin komunikasi dan kerjasama dengan lembaga atau instansi yang mendukung dan atau bergerak di bidang pendidikan.

• Program-Program

PAUD Harapan

Program pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan secara GRATIS bagi anak-anak pemulung, yatim, dan dhuafa.

b7dbf112-68bc-4c35-bf26-eeec1f85f749.jpg

Qur'anic School

Program pendidikan setingkat SD yang diselenggarakan secara GRATIS bagi anak-anak pemulung, yatim, dan dhuafa.

9095a6fb-5659-4cd0-9be3-e1c06311ae6d.jpg

Kelas Mimpi

Program pendampingan dan bimbingan softskill dan hardskill bagi remaja sekitar lapak pemulung Karang Pola, Jati Padang.

5dd015bf-6f29-4e07-aedf-60f02e45642d.jpg

Rumah Qur'an Al-Hikmah

Program pendidikan Al-Qur'an bagi anak-anak yang diselenggarakan secara GRATIS atas kerjasama dengan Masjid Al-Muawanah yang beralamat di Jl. Gotong Royong II, RT.5/RW.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.

fc940c0e-a83f-47eb-a2d5-99cf5799c04b.jpg

Rumah Qur'an Al-Hikmah 2

Program pendidikan Al-Qur'an GRATIS untuk anak-anak petani di sekitar Tawang Mangu, Karanganyar yang didirikan oleh warga setempat. Gemilang Indonesia berperan dalam memberikan bantuan dana bulanan untuk mendukung program tersebut.

Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar yang diselenggarakan secara GRATIS bagi anak-anak di sekitar kantor Gemilang Indonesia.

Anak-anak binaan kami…  

Namanya Dani, waktu itu kami menjumpai seorang anak usia 9 tahun di lapak pemulung Saibun. Awalnya Dani adalah anak yang agak sulit diatur. Hal itu disebabkan karena sakit di tulang lehernya yang membuatnya tidak bisa sekolah bertahun-tahun dan merasa dikucilkan oleh teman-temannya. Ketika sakitnya sudah sembuh, tidak mungkin ia kembali ke sekolahnya yang dulu, sebab ketertinggalannya sudah terlalu jauh. Maka kami ajak Dani untuk bersekolah di Quranic School. Tidak ada yang menyangka, kini ia menjadi anak yang rajin dan baik budinya.

d0cd3cda-4a02-4e37-8da8-782cbbe7116d.jpg

Dani tidak sendiri, Fahrel

misalnya. Ia adalah anak yang pandai, rajin, dan langganan bintang kelas. Selain sekolah, kesehariannya ia jalani dengan memulung sampah setiap pulang sekolah. Biasanya ia ditemani dengan adik laki-lakinya, Abi, yang juga bersekolah di Quranic School.

Pernah Fahrel dan Abi tidak masuk sekolah satu setengah bulan. Kami sempat kehilangan kontak dengan keluarga Fahrel, sampai suatu hari salah satu pengurus yayasan kami bertemu dengan Fahrel dan Abi di jalan ketika sedang memulung. Ketika ditanya, ternyata keluarganya pindah ke daerah yang jauh jaraknya dari sekolah. Padahal sebenarnya mereka masih ingin sekolah.

Kami yang mengenal Fahrel sebagai anak yang semangat dan pintar, tentu langsung bertandang ke rumah mereka untuk membahas tentang kelanjutan sekolah keduanya dengan orang tuanya. Sebab belum tentu ada sekolah yang mau menerima peserta didik tanpa dokumen kependudukan yang lengkap. Akhirnya sampai hari ini Fahrel dan Abi bisa bersekolah lagi di Quranic School. Bahkan kehadiran mereka juga masih terhitung yang paling rajin.

032751e6-cf33-4197-b6a8-140658ebd607.jpg

Masih banyak cerita serupa Dani dan Fahrel di lapak-lapak pemulung lainnya. Putus sekolah di tengah jalan, dokumen kependudukan yang belum lengkap, dan berbagai permasalahan lainnya. Tentu saja untuk memutus rantai putus sekolah, kami tidak bisa berdiri sendiri. Kami butuh teman berjuang sepertimu.

• Kenapa Yayasan Gemilang Indonesia Berhak Menerima Zakat?

Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh Yayasan Gemilang Indonesia masuk dalam kategori Asnaf Miskin dan Fi Sabilillah merujuk pada 8 Golongan yang berhak menerima zakat menurut Al Qur'an surat At Taubah ayat 60.

• Program Penyaluran Zakat yang Yayasan Gemilang Indonesia Jalankan :

  1. Memberikan bantuan dana pendidikan kepada anak-anak marjinal yang tinggal di lapak-lapak pemulung di bawah naungan Yayasan Gemilang Indonesia.

Dalam program ini, anak-anak binaan berhak mendapatkan pendidikan untuk mendapat ijazah Paket A (setara SD).

  1. Pemenuhan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti buku atau modul, alat tulis, seragam, dana transportasi. Selain itu pemenuhan gizi seimbang juga diberikan setiap bulannya.
  2. Bimbingan belajar matematika dan bahasa inggris di luar jam sekolah.
  3. Tunjangan tenaga pengajar profesional dan pelatihan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak binaan Gemilang Indonesia.

• UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SEPUTAR YAYASAN GEMILANG INDONESIA DAPAT DILIHAT MELALUI :

Lokasi : Jl. Ketapang No. 17 Rt/Rw 04/10 Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Telpon: 021 27872502/0896-1574-1676

Email: [email protected]

Web: www.gemilangindonesia.or.id

Facebook: Gemilang Indonesia

Instagram: @gemilangindonesia

Twitter: @aksigemilang



Salurkan zakat terbaikmu melalui Gemilang Indonesia untuk pendidikan anak-anak pemulung dan dhuafa

Cara Zakat:

Klik Tombol "Zakat Sekarang"

Masukkan nominal Zakat

Pilih metode pembayaran: GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI.

Disclaimer : Informasi, opini dan foto yang ada di halaman galang dana ini adalah milik dan tanggung jawab penggalang dana. Jika ada masalah/kecurigaan silakan lapor kepada kami disini.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (655)


Fundraiser