Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara
Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara

Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara

Rp 107.187.002
1287 Donasi 0 hari lagi


Cerita

4251e7e8-919a-4ed8-928c-f80b7eee0ccd.jpg

BANTUAN PANGAN UNTUK PEKERJA HARIAN PINGGIR KOTA BANDUNG

Memperhatikan situasi belakangan ini terkait dengan wabah corona (covid-19). Mendengar masukan dari pekerja harian di pinggir kota bandung. Menindaklanjuti dalam bentuk tindakan.

b074fe10-a850-4f46-807c-088d22e8f789.jpg

Terdapat fakta ribuan pekerja harian yang kini mulai mengalami kesulitan pemenuhan kebutuhan hidup karena pendapatan anjlog. Golongan pekerja dengan pendapatan harian itu antara lain, tukang ojeg pangkalan, bakul, dan pembantu rumah tangga paruh waktu.

8ea2f622-abcc-4dae-a752-9b7672f130e3.jpg

Solusi. Bantuan Pangan Berupa Beras 20 Kg setiap Kg atau bantuan finansial Rp 200.000. 

Tujuan: meringankan beban ekonomi keluarga selama 2 minggu. 

Sasaran: Ojeg Pangkalan, Bakul Harian keliling, Pembantu Rumah Tangga.

Lokasi: Pingggiran Kota sebelah utara kota Bandung meliputi Kecamatan Cimenyan dan Cilengkrang. Kemampuan menyalurkan: 2.000 KK selama 2bulan kerja. 

Sistem distribusi. Relawan menyampaikan bantuan ke rumah warga yang menjadi target penerima bantuan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan untuk menjadi bagian dari amal solidaritas kita semua.

Hormat Kami:Budhiana Kartawijaya (Ketua Pembina Yayasan)Faiz Manshur (Ketua Yayasan)

=====

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) setiap tahun menyampaikan data tentang keterpurukan hidup pertanian. Krisis lingkungan yang melanda dunia, termasuk Indonesia menyebabkan penurunan produktivitas pangan para petani kecil. 

3dedd28e-affb-4e26-9f0b-101157ae92af.jpg

Musim yang tidak teratur, susutnya ekosistem tanaman hutan, dan rusaknya tanah akibat eksploitasi penggarapan disertai kimia membuat kerja petani makin sulit dengan hasil yang minim. Odesa Indonesia melihat fakta betapa kesengsaraan petani di Kawasan Bandung Utara( KBU) meluas, menyebabkan petani miskin semakin miskin, dan mereka yang rawan miskin mudah menjadi miskin. 

9efae809-b942-46dd-acc4-80dd2dc09a70.jpg

Mereka telah bekerja keras, dan saat mendapat pendampingan kegiatan pertanian yang lebih produktif sekaligus menyelamatkan lingkungan hidup dari erosi mereka bisa melakukannya. 

Dunia telah berubah. Sistem kerja harus berubah. Model-model baru pertanian untuk menghasilkan pangan bergizi digerakkan. Pertanian yang baik adalah pertanian yang efektif dan memberi manfaat kepada masyarakat sekitarnya. Dan itu setahap demi setahap berhasil dilakukan Yayasan Odesa Indonesia dengan melibatkan para petani dan penggarap lahan untuk menanam tanaman pangan dan tanaman penghijauan. 

fa020c42-f1e2-4dd1-8290-406640eb18a2.jpg

Kelor, sorgum, hanjeli, bunga telang, kopi hingga tanaman tegakan seperti nangka, mahoni, cemara telah banyak ditanam. Gerakan ini melibatkan petani untuk menghasilkan pangan bergizi dan penghijauan ini sangat efektif. 

Petani butuh alat. Teknologi kecil tepat guna banyak dibutuhkan. Alat penyiraman, selang, green house, hingga mesin pengolahan pasca panen menjadi kebutuhan mendasar. Dengan model pendampingan secara harian, para petani bisa bangkit dan menemukan jalan keluar. 

Yayasan Odesa Indonesia mengajak Anda untuk bersolidaritas dalam usaha pembangunan sumber daya manusia dan usaha penyelamatan lingkungan penyebab banjir Kota Bandung ini. 

SALURAN MUDAH DAN TERPERCAYA UNTUK DONASI ANDA Salurkan donasi pertanian dan penghijauan melalui 

https://www.kitabisa.com/donasihijau Salurkan zakat untuk program petani miskin/prasejahtera https://www.kitabisa.com/zakatodesa 


Untuk informasi detail seputar kegiatan Amal Sosial Odesa, Anda bisa menghubungi:

ODESA INDONESIA BERGIAT MELAYANI KEHIDUPAN KAUM PAPA.

Beberapa diantaranya adalah para petani yang didampingi oleh Amal Sosial Odesa. Amal Sosial Odesa merupakan bagian dari Yayasan Odesa Indonesia yang didirikan oleh para jurnalis, dosen,seniman dan pengusaha di Bandung. 

b8ba7535-6432-47e9-bf49-36393beb0b8c.jpg

Yayasan ini berdiri dalam rangka mengatasi problem kemiskinan akibat kesenjangan sosial dan juga masalah lingkungan hidup yang rusak parah di Kawasan Bandung Utara (KBU) khususnya di Kecamatan Cimenyan khususnya di Desa Mekarmanik, Desa Cikadut, Desa Mandala Mekar, Mekarsaluyu, Cimenyan, Ciburial, dan Sindanglaya.

Pada wilayah tersebut, keterbatasan akses bibit yang berkualitas, pengetahuan yang kurang memadai, hingga rendahnya penghasilan, membuat mayoritas keluarga petani hidup serba kekurangan.

"Banyak keluarga buruh tani yang penghasilannya hanya berkisar antara 400-700 ribu setiap bulan dengan tanggungan beban ekonomi tiga kapita," terang Faiz (Pendiri Amal Sosial Odesa). 

Akibatnya, anak-anak mereka pun tak punya ongkos dan kemampuan untuk melanjutkan sekolah. Bukan hanya itu, tempat tinggal mereka pun jauh dari kelayakan huni. 

085d83ac-b687-4358-b9e8-c6e6bf2bb787.jpg

Ada Pak Damin yang sehari-hati bekerja menggali batu. Dalam sebulan, beliau harus memenuhi target setidaknya 1 Colt batu untuk bisa mendapatkan penghasilan 350 ribu rupiah. Penghasilan ini pun tidak menentu, lantaran tak setiap hari ada permintaan batu. 

Pak Damin tinggal bersama anak dan cucu-cucunya di Kampung Cadas Gantung. Ketiadaan modal usaha dan keterampilan memaksa beliau hanya mengandalkan pekerjaan menggali batu meski sangat berbahaya. 

7678703d-ea7a-4a02-aa78-5c424eb67699.jpg

Lain lagi kisah hidup Pak Aep Sapari dan Ibu Nani dengan ketiga anaknya di Kampung Barukai, Desa Mekarmanik. Mereka hidup di gubuk kecil berukuran 5x2,5m persegi yang berada di lokasi tempat pembuangan sampah.

Sehari-hari, Aep yang bekerja sebagai buruh bangunan mengandalkan penghasilan yang tak menentu. Walau serba sulit, Pak Aep dan Bu Nani berjuang agar anak-anak mereka tak putus sekolah. Saat ini, Lela anak sulungnya duduk di kelas 6 SD, adiknya Dede Furkon berada di kelas 3 SD, sedangkan bungsunya masih berusia 1 tahun. 

Demikian pula dengan Pak Dadang dan Bu Nengsih serta kedua anaknya. Pak Dadang dan Bu Nengsih yang mencari nafkah sebagai pencari rumput untuk ternak 6-8 kali dalam sehari. Sejak jam 6 pagi, mereka harus naik turun bukit agar mencapai target pengumpulan rumput.

12172cba-93bd-49f0-b844-5994631dec87.jpg

Acapkali kedua anak Nengsih ditinggal tanpa sarapan sebelum berangkat sekolah. Tak jarang kedua batal sekolah karena minimnya pengawasan orang tua. Kondisi miskin dan kurang air ini membuat anak-anak mereka terkena kurang gizi. 5 Januari lalu, Andri, anak yatim piatu itu terkena infeksi. Bagian kakinya bengkak karena telat pemeriksaan. Sekarang sudah diurus relawan Odesa ke rumah sakit dan mendapatkan pemantauan intensif. 

Masih banyak lagi keluarga-keluarga miskin lain di Kawasan Bandung Utara yang membutuhkan bantuan. Zakat Anda akan sangat berarti untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga-keluarga prasejahtera ini. Anda bisa pula melihat kisah keluarga lain di sini.

Banyak orang kekurangan pangan

Kisah Petani Pra Sejahtera di Balik Bukit

Kenapa Amal Sosial Odesa Berhak Menerima Zakat?

  • Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh Amal Sosial Odesa berasal dari asnaf Miskin dan Fi sabilillah merujuk pada 8 Golongan yang berhak menerima zakat menurut QS At Taubah 60:
503ef9bd-be4d-4238-bb48-2522e5cc627a.jpg
  • Amal Sosial Odesa Indonesia banyak menyasar kepada golongan tepat sasaran yaitu buruh tani berpendapatan kecil di bawah Rp 600.000. Keadaan hidup yang memprihatinkan di balik perbukitan dilayani. Pada kelompok ini juga telah berhasil menjangkau lebih dari 230 orang siswa/i yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk memberikan pendampingan pendidikan luar sekolah dan kepala keluarga di Kawasan Bandung Utara (KBU). 

Apa Program Zakat Amal Sosial Odesa?

79101fcf-ebcf-499d-ab7a-377610f8abb5.jpg

Program penyaluran dana zakat yang kami jalankan adalah:

  • Amal Sosial disertai pendampingan perbaikan kualitas hidup meliputi program ekonomi tani (budidaya, pasca panen dan marketing) kebersihan, pendidikan dan kegotong-royongan.
  • Budidaya tanaman pangan, tanaman herbal dan tanaman penghijauan berupa pembagian bibit gratis kepada para petani pra sejahtera dan pemuda tani. Jenis bibit antara lain, kelor, sorgum, hanjeli, kopi, pepaya, nangka, kumis kucing, padi gogo, sirsak, pisang, bambu, surian, ciplukan,dll.
  • Bantuan Ternak domba dan sapi. Peternak juga didampingi agar mampu beternak secara optimal.
  • Literasi: Pendidikan Informal Bermodel Pendampingan, mulai dari Bahasa Inggris, kewirausahaan, pertanian, kepedulian lingkungan hidup kepada anak-anak dan remaja dari keluarga pra-sejahtera. Materi pembelajarannya berorientasi pada pembangunan karakter yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
ebae2913-230e-4ee3-91cf-d7464214b553.jpgd30603c4-a8a2-422b-833a-077a2a807a86.jpg5f436b49-59f4-4053-a925-264db9408665.jpg

Pengurus Yayasan Odesa Indonesia:

Pengurus Yayasan Odesa Indonesia Bandung

Untuk informasi detail seputar kegiatan Amal Sosial Odesa, Anda bisa menghubungi:

  • No. Telepon:  082240062622
  • Fanspage: Odesaindonesia
  • Instagram: odesaindonesia
  • Twitter: odesaindonesia
  • Website: https://odesa.id/

Mari salurkan zakat Anda melalui Amal Sosial Odesa untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat miskin di Kawasan Bandung Utara (KBU); serta membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup kita.

Cara Zakat:

  1. Klik Tombol "Zakat Sekarang"
  2. Masukkan nominal Zakat
  3. Pilih metode pembayaran: GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI.

Wassalam,

Amal Sosial Odesa

----------

Disclaimer:

100% zakat Anda disalurkan dalam program ZakatHub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke Amal Sosial Odesa
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS

Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler

Maaf terjadi kesalahan. Cobalah beberapa saat lagi. Coba lagi


Donasi (1287)


Fundraiser