Zakat untuk Pendidikan Anak Marjinal
Zakat untuk Pendidikan Anak Marjinal

Zakat untuk Pendidikan Anak Marjinal

Rp 256.111.825
2057 Donasi 340 hari lagi


Cerita

Sebagian orang mungkin beranggapan lantaran sekolah negeri kini sudah gratis, maka anak-anak prasejahtera sudah bisa mengenyam pendidikan dari SD hingga SMA. 

Namun data UNICEF menunjukkan bahwa tahun 2016 ada 2,5 juta anak mengalami putus sekolah (student.cnnindonesia.com). Termasuk di antaranya adalah anak-anak dari komunitas pemulung.

Padahal bila tak bersekolah dengan baik, bagaimana caranya anak-anak pemulung bisa memperbaiki kehidupannya di masa depan? 

Ada beragam alasan yang melatarbelakangi anak-anak pemulung yang putus sekolah

1cd29ebb-4198-41d9-b99d-fa4dff584d9b.jpg

Alasan terbanyak adalah perihal ongkos dan biaya perlengkapan sekolah yang belum bisa dipenuhi oleh orang tua yang penghasilannya pun tidak menentu. Kondisi tersebutlah yang mendorong dirintisnya Rumah Penyuluhan Kreatif (RPK).

RPK adalah Yayasan yang didirikan bersama-sama oleh para mahasiswa dan pekerja yang sudah dua tahun bergerak di bidang pendidikan dan penyuluhan anak-anak kaum marjinal (pemulung) di Jakarta dan sekitarnya.

RPK melakukan penyetaraan pendidikan melalui berbagai program. Mulai dari Sekolah Paket hingga Pendampingan Belajar (akademik dan agama Islam) sebagai persiapan masuk sekolah formal, pondok pesantren, dan perguruan tinggi.

b27d7fb0-7f8d-4e11-9232-37e433773f21.jpg

Salah satu penerima manfaat dari kegiatan penyetaraan pendidikan yang dilaksanakan RPK adalah Nina Olivia. Gadis 14 tahun yang akrab disapa Vivi ini tinggal di kawasan Lapak Pemulung Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Sehari-hari, Vivi membantu orang tua memulung botol serta gelas bekas demi memperoleh rezeki. Karena keterbatasan ekonomi dan memiliki permasalahan kelengkapan dokumen kependudukan, Vivi pun tidak dapat melanjutkan sekolah di Jakarta.

Padahal, Vivi pandai melafalkan ayat-ayat suci alquran dan mampu mengikuti pengajaran di kelas RPK. Dengan mengikuti program Sekolah Paket RPK, Alhamdulillah Vivi dapat memperoleh Ijazah Paket A dan kini menjadi santri di Pondok Pesantren Al-Quran Tazkiyah Insani.

9bfba282-490d-47be-8169-200fae58437e.jpg

Ada pula Trisna Juliawati. Saat ini Trisna telah berusia 16 tahun. Ia adalah sahabat baik dari Nina Olivia.

Nasib yang ia memiliki pun tak jauh berbeda dengan sahabatnya, keinginan bisa lulus SD pupus ketika orang tua memintanya fokus membantu mencari rezeki. Namun, RPK memberikan peluang untuk mengubah nasib dengan mengikuti Sekolah Paket RPK.

Masih ada banyak anak-anak pemulung yang putus sekolah seperti Vivi dan Trisna. Mereka bisa kembali melanjutkan pendidikan bila Anda mau mengulurkan tangan. 

093240fe-3281-4fcd-aa27-1cfb2c745976.jpg

Melalui zakat rutin ke Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif, Anda pun telah mengantarkan anak-anak pemulung untuk kembali bersekolah.

Kenapa Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif Berhak Menerima Zakat?

Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif masuk dalam kategori Asnaf Miskin dan Fi Sabilillah merujuk pada 8 Golongan yang berhak menerima zakat menurut QS At Taubah 60:

b12c55ee-ebc3-4411-98fc-d1ada1d67f74.jpg

• Melalui Kitabisa, Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif telah tergabung dalam jaringan ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat resmi pemerintah.

Program Penyaluran Zakat yang Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif Jalankan

1. Memberikan bantuan dana pendidikan kepada anak-anak kaum marjinal (pemulung) yang masuk ke dalam lingkup Lapak-lapak Pemulung dibawah naungan Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif. 

Dalam program ini, anak binaan RPK berhak mendapatkan pendidikan untuk mencapai kesetaraan Ijazah Paket A, B atau C. Fasilitas yang diperoleh oleh anak-anak binaan kami, berupa:

  • Kegiatan Belajar Mengajar dari tenaga pengajar profesional
  • Mendapatkan kesempatan mengikuti persiapan Ujian Nasional dari lembaga-lembaga penyelenggara Try Out
  • Pemenuhan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti buku atau modul dan alat tulis
49259725-fb1f-4b0e-b074-725c3b8eaf01.jpg

2. Memberikan kesempatan kepada anak binaan RPK untuk mendapatkan pendidikan resmi kurikulum pemerintah (sekolah formal) atau pondok pesantren. 

Dana tersebut juga disalurkan untuk pembayaran SPP dan juga barang-barang penunjang Pesantren seperti: seragam, buku, perlengkapan sekolah, dan alat penunjang lainnya.

3. Tunjangan tenaga pengajar profesional dan pelatihan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak binaan RPK

bc7e791a-940d-4860-8a7c-a527127c9f92.jpg

4. Tunjangan finansial untuk anak-anak binaan RPK yang berprestasi dan juga persiapan masuk perguruan tinggi

Untuk informasi lebih lanjut seputar kegiatan Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif dapat dilihat melalui:

  • Instagram: @rumahpenyuluhan.kreatif
  • Facebook Fanspage: @rpkreatif

Mari salurkan zakat Anda melalui Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif untuk anak-anak Indonesia yang kurang beruntung agar dapat terus bersekolah; serta membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup kita.

Cara Zakat:

  1. Klik Tombol "Zakat Sekarang"
  2. Masukkan nominal Zakat
  3. Pilih metode pembayaran: GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI.

Wassalam,

Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif

----------

Disclaimer:

100% zakat Anda disalurkan dalam program ZakatHub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke Yayasan Rumah Penyuluhan Kreatif
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS

Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler

Maaf terjadi kesalahan. Cobalah beberapa saat lagi. Coba lagi


Donasi (2057)


Fundraiser