Kitabisa! - Zakat untuk Anak Asuh Yayasan Pita Kuning
Zakat untuk Anak Asuh Yayasan Pita Kuning

Zakat untuk Anak Asuh Yayasan Pita Kuning

Rp 524.537.411
1005 Donasi 102 hari lagi
Bagian dari ZakatHub by BAZNAS

Cerita

Pita Kuning adalah yayasan filantrofi yang selama 12 tahun tetap konsisten dalam memberikan pelayanan paliatif kepada anak dengan kanker dari keluarga pra sejahtera yang tersebar di beberapa daerah di Jabodetabek,

Kenapa Pita Kuning berhak menerima Zakat?

  • Penerima manfaat Pita Kuning masuk dalam kategori Asnaf (8 pihak yang layak menerima zakat) yaitu anak-anak dari keluarga yang kurang mampu (Miskin) dan ingin sembuh dari penyakitnya.
  • Melalui Kitabisa, Campaign Zakat┬áPita Kuning telah tergabung dalam ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat resmi yang disahkan pemerintah. Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak). Selengkapnya klik disini

8 Golongan yang berhak menerima Zakat (Asnaf) menurut Surat At-Taubah ayat 60:

3d274455e15cf005a742a868cf9b98bccda35ff0.png

Apa Program Zakat Pita Kuning?

  • Memberikan bantuan yang berkaitan dengan pengobatan dan perawatan baik di rumah sakit maupun di rumah yang tidak ditanggung BPJS
  • Secara berkala, relawan pendampingan Pita Kuning, mengunjungi anak-anak yang sakit dan Keluarga untuk memenuhi kebutuhan psikososial anak, juga memantau kebutuhan yang diperlukan agar tepat manfaat
  • Mengajak anak-anak asuhan Yayasan Pita Kuning untuk bermain ke luar rumah layaknya anak anak normal, akan dapat rasa bahagia karena melakukan hal hal yang telah lama tidak dilakukannya juga meningkatkan kepercayaan dirinya.

Siapa Penerima Manfaat Pita Kuning?

Pasien anak dengan kanker asuhan Pita Kuning adalah anak anak penyandang kanker yang berasal dari keluarga prasejahtera. Keterbatasan akses kesehatan menyebabkan anak anak ini tidak mendapatkan deteksi dini, dan terdiagnosa kanker oleh tim medis pada stadium akhir. Keterbatasan finansial menyebabkan anak anak dan keluarga ini tercabut dari lingkungan sosialnya. Hak hak anak (dan keluarga) menjadi terabaikan. Pita Kuning hadir untuk mengembalikan hak hak anak dan keluarga pasien dengan kanker hingga kualitas hidup mereka menjadi lebih baik. Penyaluran donasi yang diterima oleh Pita Kuning dapat dilihat dari beberapa aktivitas pendampingan sebagai berikut :

Cerita Anak Pita Kuning

b41d7a88bbb8f128cf0025856090774ba53d12a4

Ali (7) saat ini berjuang menghadapi PNET (Primitive Neuroectodermal Tumor). Ali dan keluarganya yang berjumlah lima orang, tinggal di kontrakan berukuran 3x3 m. Ali tidur di bawah dipan dengan kasur tipis. Bantuan awal yang diberikan Pita Kuning adalah kasur yang lebih layak, dan disesuaikan dengan ukuran ruang yang ada, dan kipas angin untuk menyamankan Ali agar dapat beristirahat dengan nyaman. Secara berkala, relawan pendampingan Pita Kuning, mengunjungi Ali dan Keluarga untuk memenuhi kebutuhan psikososial anak, juga memantau kebutuhan yang diperlukan agar tepat manfaat

5a9f122b1fa73f0825a56a4990048eba37980e9f

Dhina (17), salah satu Anak Pita Kuning yang sedang berjuang melawan rhabdomyosarcoma hari itu kedatangan kakak-kakak relawan, Kak Tita dan Kak Rossy. Agenda pendampingan tersebut adalah untuk mengetahui keadaan Dhina dan berdiskusi tentang rencananya melanjutkan studi dengan paket C. Dhina yang biasanya pendiam bercerita lumayan banyak hari itu. Menurut Dhina, sekolah paket C agak lambat mengajarkan materi ditambah lagi dengan kedatangan beberapa murid baru, sehingga materi harus disesuaikan. Akan tetapi, Dhina tetap termotivasi untuk mengejar ketertinggalan pelajarannya.

Cerita Pekerja Sosial

7d6dbecfdc6e33b5ab61999baacba62168d8c593

Pita Kuning memiliki Pekerja Sosial yang bertugas untuk mendampingi anak dengan kanker dan keluarga. Salah satu tugas pekerja sosial dalam aktivitas paliatif di Pita Kuning adalah melakukan advokasi terkait permasalahan yang dihadapi anak Pita Kuning maupun keluarga. Sebagai contoh adalah advokasi yang dilakukan oleh Kak Nanda terkait proses belajar Rangga, salah satu anak Pita Kuning yang tengah berjuang melawan astrocytoma dan tumor medulla spinal, di sekolah. Kak Nanda berkunjung ke sekolah Rangga dan menyampaikan keinginan Rangga untuk tetap dapat belajar meskipun di rumah, mengingat kondisinya yang tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah. Di sekolah, Kak Nanda bertemu dengan wali kelas, kepala sekolah dan ketua yayasan di mana Rangga bersekolah, dan menjelaskan kondisi Rangga tersebut. Salah satu alasan Kak Nanda bersemangat untuk melakukan advokasi adalah prestasi Rangga di bidang akademik yang sangat baik, dan keinginan kuat Rangga untuk tetap belajar.

PIKNIK EDUKATIF

89ffa408579504a82c1a49bfea7feab121f246b5

Perawatan kanker biasanya lama dan melelahkan, terkadang membuat pasien kanker mengalami rasa bosan atau kurang mendapatkan paparan sinar matahari dan udara. Dengan mengajak pasien anak berkegiatan layaknya anak anak normal, akan dapat rasa bahagia karena melakukan hal hal yang telah lama tidak dilakukannya juga meningkatkan kepercayaan dirinya.

Siapa tim dibalik Pita Kuning?

166cf51a27902fc1e0243eaf512ec4944611cc0f.png

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning) adalah yayasan filantropi bagi anak dengan kanker. Kepedulian terhadap sesama yang tidak berhenti menjadi faktor pendorong semangat dan komitmen para pendiri Pita Kuning hingga sekarang. Sejak 26 April 2007, sudah 8465 anak yang dinaungi oleh Pita Kuning.

Mari salurkan zakat Anda dan terus berkolaborasi bersama Pita Kuning dalam upaya peningkatan kualitas hidup anak dengan kanker dan keluarganya dan menjadi pendukung setia perjuangan Anak Pita Kuning dalam menghadapi kanker. Untuk informasi tentang program lebih lanjut, dapat diakses di :

Website Pita Kuning

Twitter: @Pitakuning

Facebook: Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia

Instagram: @pita_kuning

Let's do good together!

Cara Zakat:

1. Klik Tombol "Tunaikan Zakat"

2. Masukkan nominal Zakat

3. Pilih metode pembayaran


Disclaimer:

100% zakat akan disalurkan dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke Yayasan Pita Kuning
  • 10% zakat dialokasikan ke program zakat milik BAZNAS
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1005)