Kitabisa! - Zakat untuk Beasiswa Pemimpin Indonesia
Zakat untuk Beasiswa Pemimpin Indonesia

Zakat untuk Beasiswa Pemimpin Indonesia

Rp 8.533.882
36 Donasi 100 hari lagi
Bagian dari ZakatHub by BAZNAS

Cerita

Mungkin sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya pendidikan karakter bagi anak muda. Sudah lelah rasanya kita dengan isu-isu degradasi moral, bosan dengan peredaran hoax, yang semuanya itu bermula dari karakter.

Saat sebagian lain hanya bergelut dalam pusaran komentar, Rumah Kepemimpinan mengajak semua pihak untuk melakukan sesuatu....

Rumah Kepemimpinan (RK) berdiri sejak 2002. Saya sendiri bergabung dengan RK sejak 2006, ketika itu RK baru membina di lima regional. Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bogor. Tahun 2018 kemarin RK sudah berkembang sampai 9 regional. Bertambah Medan, Makasar, Samarinda, dan Solo. Sepanjang perjalanan ini saya melihat begitu banyak mahasiswa yang dibina di RK dengan perjuangan yang tidak mudah.

Sebut saja Akhmad Kusairi atau yang akrab dipanggil Sairi, seorang Pemuda asal Balangan Kalimantan Selatan yang hidupnya sangat lekat dengan perjuangan, mulai dari harus berhenti bersekolah saat SMP hingga akhirnya terpaksa melanjutkan di SMP Terbuka.

913b0721-7b69-4bc7-ba23-514770c1ddd6.jpg

Dengan perjuangannya, Sairi kini diterima di ilmu keluarga dan konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. dan sejak 2018 lalu Sairi bergabung bersama 314 mahasiswa lainnya di Rumah Kepemimpinan.

Dalam salah satu program Sairi bercerita, bahwa dia suatu saat ingin menjadi bupati Balangan. Cita-cita yang bukan tanpa alasan, dibantu banyak orang agar sampai pada titik ini, membuatnya ingin  membantu sebanyak mungkin orang. Sairi ingin suatu saat bisa membenahi pembangunan disana, lingkungan dan ekonomi.

Saat ini Rumah Kepemimpinan sedang membinanya. Memandunya langkah demi langkah memperjuangkan hal baik  yang dicita-citakannya.

3258ee8a-fe3d-42b2-ab6f-eb0d2dc47a71.jpg

Sairi bukan satu-satunya Peserta yang sedang berjuang. Tahun ini kami sedang membina 315 mahasiswa prestatif – kontributif dari berbagai daerah di Indonesia. Saat ini juga sudah tersebar sebanyak 1315 alumni di berbagai sektor. Kami tidak ingin pembinaan ini berhenti sampai di sini.

16459ea0-c0a2-4e1b-85f6-83790ea87b7b.jpg

Sejak dibina, peserta didorong untuk memberikan solusi bagi problematika masyarakat. Banyak program telah dibuat oleh mereka seperti “Popcorn” yang mengkampanyekan bahaya pornografi, “Gerak (Generasi Anti Korupsi)” yang menanamkan pendidikan anti korupsi kepada siswa-siswa sekolah menengah, “AKSI (akademi kepemimpinan siswa indonesia)” yang sampai saat ini sudah membina kurang lebih 5000 orang siswa-siswa agar tetap berjuang meraih cita-cita, dan social movement lainnya yang telah berkarya bagi lingkungan sekitarnya.

1f02543a-f8b6-4d8e-8c9f-3daf5ffc473d.jpg

Setelah menjadi alumni, mereka tetap dituntut untuk berkiprah sesuai cita-cita dan idealisme Rumah Kepemimpinan untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. Satu per satu kiprah mereka kini mulai terlihat di berbagai sektor, mulai dari sektor publik, privat, dan NGO.

Bagi Saya, Sairi dan yang lain, Rumah Kepemimpinan adalah rumah. Rumah yang bukan tempat untuk sekedar beristirahat tapi tempat untuk berjuang.

Saya mengajak semua yang merasa peduli terhadap kualitas SDM dan pemimpin masa depan; memiliki semangat dan value untuk membina pemuda agar bersama-sama dengan rumah kepemimpinan #ambilbagian membantu terwujudnya Pemimpin masa depan yang berkontribusi dalam penyelesaian berbagai persoalan bangsa ini.

Salam Hangat, Adi Wahyu Adji
Direktur Bidang Pembinaan Peserta

Link YouTube Rumah Kepemimpinan: Cerita Mereka #ambilbagian

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (36)