Kitabisa! - Zakat untuk Anak Terlantar dan Jompo Dhuafa
Zakat untuk Anak Terlantar dan Jompo Dhuafa

Zakat untuk Anak Terlantar dan Jompo Dhuafa

Rp 31.393.774
149 Donasi 73 hari lagi
Bagian dari ZakatHub by BAZNAS

Cerita

"Membantu orang lain tak mesti menunggu berlimpah harta."

Nilai ini yang tampak dari berdirinya Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang. Ibu Riyadhul bahkan mengambil nama anaknya sendiri sebagai nama yayasan yang dibangunnya dengan tangan dingin.

Hebatnya lagi, saat yayasan dirintis justru pendiri yayasan masih tinggal di sebuah rumah kontrakan berukuran 7x6 meter di Karang Tengah, Kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

Namun, kepedulian dan keprihatinan terhadap anak-anak terlantar di wilayah Karawang membuat Riyadhul dan Ibunya melakukan pendampingan dengan modal pribadi. Sebagian anak yang terlantar ada yang tinggal dengan saudara, sedangkan sisanya ditinggal dengan nenek atau kakeknya. Selain minim kasih sayang, mereka pun sulit untuk memperoleh pendidikan yang layak.

66dcb4e4-4c42-44cb-a82c-ee25fd7e3972.jpg

Foto: Anak-Anak Asuh Rumah Singgah (Dokumentasi Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang)

Bermula dari 2 anak yatim piatu hingga 8 anak dan seterusnya sampai jumlahnya senantiasa bertambah dari tahun ke tahun.

Kemudian, pada akhir tahun 2014 kami dipertemukan dengan seorang notaris yang membuatkan akta dan Yayasan Riyadhul Azzahra pun berdiri secara resmi. Tercatat hingga tahun 2018 ini, yayasan tak hanya membantu anak-anak terlantar namun juga jompo dhuafa di sekitar wilayah Karawang.

Kami berharap melalui peresmian gerakan sosial yang dilakukan, Yayasan Riyadhul Azzahra bisa menyalurkan zakat Anda dengan amanah, jujur dan profesional.

Kenapa Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang Berhak Menerima Zakat?

  • Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang berasal dari asnaf Fakir dan Miskin.

8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat Menurut QS At Taubah 60:

0aa2b5d5-a148-4a05-9321-c934c8a53220.jpg
  • Saat ini Yayasan Riyadhul Azzahra telah mendampingi 50 penerima manfaat (anak-anak terlantar dan jompo) dari program Rumah Singgah Yatim Piatu dan Dhuafa.
  • Melalui Kitabisa, Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang telah tergabung dalam jaringan ZakatHub by BAZNAS yang merupakan badan zakat resmi pemerintah. Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Apa Program Penyaluran Dana Zakat Yayasan Riyadhul Azzahra

1. Program Pendidikan dari Anak Usia Pra Sekolah sampai SMA

Program dilakukan dengan cara memberikan biaya kebutuhan bulanan (peralatan mandi dan cuci serta makan), peralatan sekolah (tas, seragam), biaya transportasi, dan uang saku.

2. Program Bakti Sosial

Program ini merupakan pemberian santunan kepada kaum dhuafa dan jompo. Santunan berupa kebutuhan sembako (beras, minyak sayur, mi, telur, sarden, susu, gula, pasta gigi, sabun mandi, dan sabun cuci).

2e80cac8-4783-4f33-bafd-ea0b0ee00484.jpg

Foto: Kompilasi Penerima Manfaat Program (Dokumentasi Yayasan Riyadhul Azzahra)

3. Program Santunan Yatim Piatu Dhuafa

Memberikan santunan kepada anak anak yatim piatu dan dhuafa baik yang diasuh maupun yang tidak diasuh dan juga kepada para jompo dhuafa.

4. Program Peduli Bencana Alam

Program berupa pemberian bantuan kepada para korban yang terkena bencana banjir, berupa bahan bahan makanan, pakaian, dan uang.

Siapa Penerima Manfaat Zakat Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang?

2236964b-4de0-4745-b670-34a9b57fc684.jpg

Foto: Yuyun (Dokumentasi Yayasan Riyadhul Azzahra)

Yuni Arsita binti Sopandi (Yuyun)

Yuyun berasal dari Desa Simpang, Liwa, Lampung Barat yang telah menjadi anah asuh sejak berusia 6 tahun. Saat pertama datang, tubuhnya kotor dan tak terawat. Busananya pun tak layak pakai. Sejak menjadi anak asuh, Yuyun disekolahkan mulai dari PAUD, SD SMP, hingga masuk pondok pesantren Al Asryiyah Nurul Iman Parung Bogor tahun di tahun 2014. Ada satu lagi impian Yuyun yakni memperoleh gelar sarjana untuk masa depannya kelak.

5e032e0e-838a-4047-b359-c516607725b3.jpg

Foto: Hellen (Dokumentasi Yayasan Riyadhul Azzahra)

Hellen Apriatin Dianto (Hellen)

Hellen berasal dari keluarga kristen katolik ras cina-indo, ibu kandungnya adalah asli orang jawa pekalongan dan seorang muslimah sehingga ayahnya pun menjadi muallaf beserta begitupun dengan keturunannya, namun ketika hellen masih usia 4 tahun ibunya wafat, lalu ayahnya menikah lagi dengan perempuan kristen sehingga ayahnya menjadi kristen lagi.

5 tahun setelah itu, ayahnya pun meninggal lalu ia di asuh oleh bibinya yang kristen pula, sehingga tiba-tiba hidayah datang untuknya yakni hellen di kirim ke sebuah yayasan gratis dengan alasan untuk meringankan biaya bibinya dalam mengurusnya, namun ternyata yayasan itu adalah yayasan pondok pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman di Bogor, dan ia disana selama dua tahun.

Setelah itu ia di tarik kembali oleh bibinya dan akan di kirimkan ke solo di yayasan kristen dan menjadi kristen lagi, namun ia menolak dan pergi dari rumah.

sehingga teman-temannya membantunya dan akhirnya kini ia akan di asuh oleh Rumah Singgah Yatim Piatu dan Dhuafa Karawang.

5097f232-0eee-49be-966e-8d378fde6a6d.jpg

Foto: Mak Mpit ((Dokumentasi Yayasan Riyadhul Azzahra)

Mak Mpit (70 tahun)

Mak Mpit hidup sebatang kara di sebuah rumah yang sangat sederhana, berubin tanah, dan tidur beralas bamboo tanpa kasur. Kondisi rumah gelap tak ada lampu, apak, dan sempit. Di usia senjanya, beliau hanya sanggup mengemis belas kasihan warga sekitar sambil duduk di depan pintu rumahnya.

f972653b-d21d-43da-a385-46f1cf67b960.jpg

Foto: Mak Hamdan (Dokumentasi Yayasan Riyadhul Azzahra)

Mak Hamdan (67 tahun)

Ada pula Mak Hamdan. Beliau adalah seorang nenek yang mengasuh 4 orang cucu yang ditinggalkan ibunya. Meski hidup serba terbatas, Mak Hamdan tetap mengasuh cucu-cucunya dan tinggal di rumah bilik berukuran 5x6 meter

WIRAUSAHA MANDIRI

Salah satu program pelaksanaan zakat tersebut, kami kelolakan untuk memberdayakan mereka para mustahik agar mempunyai usaha tetap untuk dapat menambah pemasukan mereka hari-hari dari keluarga fakir, miskin, dan dhuafa dan bagi mereka yang kurang mampu.

bb28a25f-208d-45aa-ab7a-7be20827b4f0.jpg

(Foto Pelaksanaan Pemberdayaan dan Wirausaha Mandiri bagi Para Mustahik yang Membutuhkannya)

Masih banyak lagi anak-anak terlantar dan jompo dhuafa yang membutuhkan uluran tangan Anda.

Untuk informasi detail seputar kegiatan Yayasan Riyadhul Azzahra, Anda bisa menghubungi:

  • No. Telepon: 08994004630 atau 089609051224
  • Facebook: Yayasan Riyadhul Azzahra
  • Alamat Kantor: Jalan Syekh Quro Kapling Pasir Jengkol II. RT24/10. Desa Pasir Jengkol. Kecamatan Majalaya. Kabupaten Karawang.

Mari salurkan zakat Anda melalui Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang untuk anak-anak terlantar dan jompo dhuafa; serta membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup kita.

Cara Zakat:

  1. KlikTombol "Zakat Sekarang"
  2. Masukkan nominal Zakat
  3. Pilih metode pembayaran: GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI.

Wassalam,

Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang

----------

Disclaimer:

100% zakat Anda disalurkan dalam program Zakat Hub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke Yayasan Riyadhul Azzahra Karawang.
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS
Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (149)