Kitabisa! - Bantu Cintamanik Beternak Ayam

Bantu Cintamanik Beternak Ayam

Bantu Cintamanik Beternak Ayam
CINTA (Cintamanik Ternak Ayam) memberikan pengetahuan terkait beternak ayam dan menumbuhkan semangat kewirausahaan di desa Cintamanik, Kabupaten Bogor

Rp 3.441.598

terkumpul dari Rp 165.000.000
2% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 28 Sep 2016 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Program Cintamanik Ternak Ayam merupakan salah satu program Menyapa Indonesia, sebuah program kolaboratif LPDP dengan para penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa-desa tertinggal di Indonesia.

Program ini mengambil tempat di Desa Cintamanik yang merupakan salah satu desa di wilayah barat Kabupaten Bogor. Survey awal kegiatan ini dilakukan di Dusun 3 Desa Cintamanik, yang memberikan deskripsi keadaan penduduk sebagai berikut:

  • Mayoritas penduduk bermata pencaharian di bidang pertanian, peternakan, usaha dagang dan pekerjaan tidak tetap lainnya.
  • Namun sebagian besar masih memiliki penghasilan di bawah Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).
  • Sementara itu dari sisi pendidikan, persentase putus sekolah mencapai 65%, dan 90% penduduk hanya tamat pendidikan dasar.

Dengan gambaran tersebut, program kami mencoba memberikan solusi berupa peningkatan kemampuan dan pemberdayaan ekonomi yang hendak dilaksanakan selama satu tahun ke depan, antara lain :

  • Peternakan ayam kampung terpadu
  • Program kesehatan masyarakat
  • Program pembuatan makanan ringan

Tujuan jangka pendek (6 bulan)

  • Memberikan pengetahuan terkait beternak ayam
  • Menumbuhkan semangat kewirausahaan

Tujuan jangka panjang (6 bulan - 24 bulan)

  • Meningkatkan angkat pendapatan sebesar 40% pada kelompok masyarakat dengan pendapatan < 1 juta rupiah.
  • Menjadikan Dusun 3 Cintamanik sebagai dusun mandiri secara ekonomi melalui beternak ayam

Kontak:

Arifa Vitriyani

Telepon: 08122342876

Email: arifa.vitriyani@gmail.com

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 13

SHOW MORE
  • Rp. 200.244
    Anonim
  • Rp. 500.189
    Aulia Setyadi
  • Rp. 500.102
    Rebecca
  • Rp. 111.103
    Anonim
  • Rp. 175.231
    Iona Carina
  • Rp. 100.517
    Anonim

    Semoga bermanfaat dan menjadi bola salju untuk kampanye peningkatan perekonomian di daerah lainnya

  • Rp. 250.572
    Mayestica de Jong

    Maju terus Satya Nagari, PK-63!

  • Rp. 100.239
    Anonim
  • Rp. 100.644
    Quatrine Wahyuni

    Semoga sukses :D

  • Rp. 1.000.867
    Anonim
SHOW MORE
14 Apr 2017

Update 3 - Update 3: Usaha Menuaikan Hasil

Halo sahabat, terima kasih atas donasinya! Kabar baik dari Tim Cintamanik Ternak Ayam!

Hingga 7 April 2017, berdasarkan laporan kunjungan project administrator, warga yang mengikuti program PK-63 di Cintamanik Bogor telah mampu menjalankan ternak ayam dengan baik. Hal ini ditandai dengan jumlah telur dan populasi ternak (lihat tabel di bawah). Warga sendiri semakin bersemangat dalam menjalan program PK-63; salah satu alasan dari warga adalah program PK-63 berbeda dari program yang sebelumnya datang ke Cintamanik yang mana kali ini warga dapat memiliki investasi sendiri yakni berupa ternak ayam.

Kebutuhan terkini dari warga Cintamanik adalah pelatihan pemberian pakan kepada ternak ayam. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jumlah ternak ayam, maka semakin besar kebutuhan akan pakan dan pengelolaan dari pakan tersebut

10 Dec 2016

Update 2 - Update 2: Persiapan Tahap Akhir

Halo para sahabat Cintamanik Ternak Ayam.

Sebelum siap untuk melakukan eksekusi program wirausaha ternak ayam, beberapa hal telah dilakukan oleh tim Cintamanik Ternak Ayam, yaitu sebagai berikut:

Pada tanggal 11 November 2016 dilakukan kunjungan untuk melakukan tiga hal:

1. Penyusunan kepengurusan kelompok wirausaha.

2. Evaluasi pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya (pada 29 Oktober 2016).

3. Pelatihan lanjutan mengenai pencatatan ternak, manajemen ternak (lanjutan) dan administrasi keuangan.

Pada tanggal 20 November 2016 kami melakukan penelusuran lokasi peternakan dan mengupdate progresi pembuatan proposal kegiatan dan surat keterangan usaha (SKU) oleh masyarakat.

Pada tanggal 2 Desember 2016 agenda program pemberdayaan Desa Cintamanik dilanjutkan dengan pembahasan anggaran biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan pertama yaitu pembuatan kandang.

Pada tanggal 9 Desember 2016 dilakukan penyerahan dana tahap satu sejumlah Rp. 7.950.000,-/ kelompok atau Rp. 850.000/ orang yang akan digunakan untuk membangun satu unit kandang sesuai standar dengan kapasitas 20 ekor ayam.

Demikian update terakhir dari program kami, tunggu cerita selanjutnya dari Cintamanik Ternak Ayam di proses pembuatan kandang ayam dan pemberian day old chick (DOC) ayam kampung bagi peserta progam.

Salam Wirausaha dari Cintamanik.

7 Nov 2016

Update 1 - Update 1: Pelatihan Ternak Ayam Kampung

Pada tanggal 29 Oktober 2016 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan manajemen berternak ayam kampung yang bertempat di kantor desa Cintamanik, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Trainer untuk pelatihan kali ini adalah Prawito Hudoro, seorang pelaku usaha peternakan ayam kampung di daerah Cilacap, Jawa Tengah, yang sudah menekuni bidang usaha ayam kampung selama dua tahun ke belakang didampingi oleh perwakilan Program Cintamanik Ternak Ayam. Pelatihan ini diikuti oleh 7 orang peserta penerima manfaat yang tersebar berasal dari dusun 1, 2, dan 3 Cintamanik.

Sebagai catatan, jumlah awal peserta yang disasar kegiatan ini adalah 5-10 orang. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kualitas yang akan didapat dari program pemberdayaan ini. Diharapkan para peserta yang dipilih memang memiliki minat yang besar dan fokus terhadap pengembangan diri mereka dalam mengikuti program ini. Apabila peserta program awal ini telah sukses menjalankan kegiatan pemberdayaan tersebut (memenuhi indikator pemberdayaan) maka kegiatan akan dilanjutkan dengan skala masyarakat yang lebih luas. Diharapkan hal ini dapat memotivasi peserta tahap berikutnya untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan apabila terdapat contoh yang sukses dalam lingkungan mereka.

Materi yang disampaikan oleh trainer kepada peserta adalah sebagai berikut:

  1. Jenis ayam kampung yang ada di Indonesia.
  2. Perawatan dan manajemen ternak dan kandang selama periode pemeliharaan awal hingga penjualan.
  3. Cara pemberian pakan secara baik dan benar dan ditutup dengan sharing pengalaman dari trainer kepada peserta.

Sesi materi berlangsung selama 60-90 menit yang kemudian dilanjutkan oleh sesi tanya jawab dari peserta pelatihan kepada trainer. Acara pelatihan ditutup dengan makan siang bersama. Pelatihan ini telah memberikan wawasan baru kepada masyarakat berkaitan dengan cara manajemen beternak yang baik dan benar. Kami bersyukur karena para peserta mampu menerima dan termotivasi untuk memulai usaha peternakan ayam kampung.

Selanjutnya program Cintamanik Ternak Ayam akan memasuki tahap implementasi. Kami sangat terbuka terhadap dukungan dan saran Anda dalam bentuk apapun.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?