Kitabisa! - DONASI RP.50RIBU UNTUK KARANG
DONASI RP.50RIBU UNTUK KARANG

DONASI RP.50RIBU UNTUK KARANG

#Ini Aksi Qu 4 PulauWeh, Mana Aksi Mu.!?​
Campaigner
coral oasis Campaigner Telah Terverifikasi

Rp. 2.072.911

terkumpul dari target Rp 50.000.000
4% terkumpul 0 hari lagi
Campaign Telah Berakhir
Share ke Facebook


Kode Embed
Salin dan sematkan kode di bawah ini


Campaign ini mencurigakan? Laporkan

Update 2 - Campaign Sukses

Halo Para Donatur,

Terima kasih sudah berdonasi di campaign DONASI RP.50RIBU UNTUK KARANG!

Anda mendapatkan email ini karena penggalangan dana telah ditutup. Total donasi yang terkumpul sejumlah Rp 2.072.911 dari 10 donatur.

Tunggu update berikutnya dari coral oasis terkait penggunaan dana.

Terima kasih!

Update 1 - Thanks you for fundraiser

Terima kasih kepada penyumbang dana (fundraiser) yang telah mendonasikan untuk kegiatan konservasi terumbu karang di Pulau Weh.

Kepada fundraiser dimohon untuk mengirimkan informasi jati diri kealamat email [email protected] untuk dibuatkan sertifikat penghargaan "CORAL OASIS AWARD 2016", dengan format;
FUNDRAISER4CORAL
JUMLAH DONASI:
TANGGAL DONASI:
NAMA LENGKAP:
TEMPAT/TGL.LAHIR:
ALAMAT:
EMAIL:



Organization Background:

Yayasan Coral Oasis (YCO) Pualu Weh merupakan sebuah NGO local di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang didirikan pada tanggal 18 September 2008 dan berkedudukan di Sabang, Pulau Weh.

Visi & Misi YCO adalah 1). Melakukan kegiatan yang berkenaan dengan konservasi flora dan fauna, kanekaragaman hayati serta pemanfaatan sumber daya alam kelautan dan hutan serta manusia untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat 2). Melakukan kegiatan yang berkenaan dengan penyelamatan, pelsetarian, pengembangan obyek wisata alam dan bahari.

Awal berdirinya ---- YCO terlahir atas prakarsa musyawarah dari kepengurusan RUBIAH TIRTA DIVERS (RTD) dan kepengurusan LSM ACEH CORAL CONSERVATION (ACC). RTD merupakan salah satu usaha dive operator yang sudah lama bergelut dibidang jasa penyelaman sejak tahun 1989. Melalui RTD inilah potensi ekosistem terumbu karang Pulau Weh, Sabang dipromosikan ke luar mancanegara. Sedangkan LSM ACC adalah sebuah motivator dari inisiatif para penyelam yang bekerja di RTD membentuk lembaga swadaya dalam melaksanakan upaya merehabilitasi potensi terumbu karang setelah pasca tsunami. Mengingat intensitas kerja dari LSM ACC semakin lama semakin tinggi dalam membantu roda pemerintah daerah maka, tim dari LSM ACC melangkah membentuk suatu tim yang solid dalam upaya penanggulangan, yaitu YCO. YCO juga berkonsultasi dan mendapat input dari OSEANOLOGI-LIPI Jakarta, G.R. ALLLEN dan DR. MARK (ahli ikan dan karang internasional) dalam hal potensi terumbu karang di pesisi.Pada saat berdiri YCO telah mendapat kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan Pelatihan selam (dive course) sertifikasi dan Transplantasi Karang bagi masyarakat lokal desa Iboih. Selain itu juga YCO memberi pelatihan yang sama juga kepada masyarakat

luar Pulau Weh.

Tujuan dan Manfaat YCO

  1. Merehabilitasi lahan terumbu karang seluas ± 1.134 m2;
  2. Memulihkan fungsi ekosistem terumbu karang;
  3. Mempertahankan keanekaragaman hayati ekosistem terumbu karang;
  4. Meningkatkan kualitas daerah tujuan wisata alam bawah laut Pulau Rubiah
  5. Membekali masyarakat lokal dan wisatawan dengan pengetahuan dan ketrampilan teknik tranplantasi karang;
Untuk mencapai maksud dan tujuan YCO memfokuskan rencana kerja lebih terkonsentrasi pada kegiatam identifikasi potensi terumbu karang, kerusakan bawah laut serta memfasilitasi kegiatan yang terkait dengan pelestarian dan perlindungan keaneka ragaman hayati pesisir pantai.

Dalam upaya menanggulangi masalah tersebut maka teknologi Program Adopsi Terumbu Karang dengan cara transplantasi karang merupakan salah satu alternatif. Transplantasi karang telah dipelajari dan dikembangkan sebagai teknologi pilihan dalam pengelolaan ekosistem terumbu karang terutama pada daerah yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk mendukung pemanfaatan yang berkelanjutan. Bentuk pemanfaatan transplantasi karang antara lain untuk mengembalikan fungsi ekosistem karang yang rusak sehingga dapat mendukung ketersediaan jumlah populasi ikan karang di alam. Transplantasi karang juga dimanfaatkan untuk membuat lokasi penyelaman menjadi lebih indah dan menarik sehingga dapat mendorong kenaikan jumlah wisatawan.

Berbagai metode telah dicoba dan diteliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya metode ini yang tepat sangat menentukan tingkat keberhasilan transplantasi karang. YCO mempunyai target tingkat keberhasilan yang maksimal untuk pertumbuhan karang hasil transplantasi. Metode transplantasi yang digunakan adalah ramah lingkungan dan minim biaya. Pada umumnya peletakkan substrat dan penempalan bibit karang pada substrat dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

Akan tetapi YCO mempunyai pandangan yang berbeda.Substrat diletakkan lebih awal daripada bibit karang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa lingkungan lokasi transplantasi mendukung untuk pertumbuhan maksimal bibit karang dan menghilangkan pengaruh buruk zat kimia substrat semen bagi pertumbuhan karang transplantasi. Setelah adanya tanda-tanda penempelan karang pipih pada substrat maka penempelan bibit karang akan dimulai.Metode ini terbukti mempunyai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan penempatan yang bersamaan antara substrat dan bibit karang.

Program Adopsi Terumbu Karang ini dirancang menarik untuk melibatkan sebanyak mungkin individu atau kelompok ikut serta berkontribusi mengatasi isu perubahan iklim. Dengan menumbuhkan rasa empati bahwa peran satu orang sekalipun bisa membuat perubahan. Dengan donasi sebesar Rp. 50.000,- adopter akan mendapatkan beberapa hal sebagai berikut;

  1. Bibit Karang Adopsi;
  2. Media tanam karang;
  3. Dokumentasi bawah laut dengan nama adopter (name tag);
  4. Posisi koordinat karang adopsi (geotagging);
  5. Sertifikat;
  6. Ikut serta dalam proses penanaman (exclude; transport, penginapan, jajan, & kebutuhan pribadi);

b85d6ecf246edcc2d737cc5c64a095f69f72756d

Name [email protected]


Planned Activities:

1. Persiapan Program

Setiap rangkaian kegiatan dimulai dengan inisiatif dan partisipasi masyarakat lokal dengan melibatkan berbagai unsur yang mendukung terselenggaranya kegiatan. Sebelum program dijalankan terlebih dulu harus dilakukan persiapan-persiapan meliputi:

  • Persiapan Internal, yaitu melakukan beberapa persiapan ditingkat lembaga seperti sosialisasi program kepada staf lembaga, pembentukan tim pelaksana dan tim pendukung program serta persiapan berbagai kebutuhan lainnya.
  • Persiapan Eksternal, yaitu melakukan beberapa persiapan diluar lembaga yang sifatnya mendukung program seperti pulikasi dengan pihak kecamatan, instansi/dinas terkait, kepada masyarakat lokasi program untuk mendapatkan data riil mengenai kondisi desa, keluhan-keluhan masyarakat terkait kondisi ekonomi dan calon penerima manfaat langsung program.

2. Peningkatan Ketrampilan

Ketrampilan dalam bentuk apapun merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh manusia untuk bisa mengembangkan potensi diri untuk bertahan hidup.Ketrampilan bisa diperoleh melalui pendidikan formal di sekolah-sekolah dan juga bisa diperoleh melalui pendidikan non formal dalam bentuk pelatihan-pelatihan/kursus. Beberapa pelatihan dalam program ini yang diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta didik adalah sebagai berikut:

  • Pelatihan Kursus Selam (dive courses)

Kursus Selam, yaitu pelatihan yang diberikan untuk masyarakat lokal atau pelajar mengenai teknik dasar dalam memakai peralatan selam sehingga mereka bisa dapat mengaplikasikan dengan baik sebelum mereka turun kedasar laut. Semua peserta didik ditanggani langsung oleh instruktur selam yang professional danbersertifikasi.

Semua peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan tersebut diutamakan dari masyarakat lokal dan pelajar. Setelah selasai peserta didik diberikan sertifikasi untuk berwirausaha sendiri, bekerja pada orang lain ataupun bekerja pada unit usaha yang dikelola oleh lembaga pendamping sebagai proyek percontohan. Dalam hal ini YCO akan terus melakukan pendampingan untuk memastikan ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik.

  • Pelatihan Ketrampilan Transplantasi Karang:
Pelatihan Ketrampilan Transplantasi Karang, yaitu pelatihan yang memberikan pengetahuan teoritis dan praktis langsung bagi peserta didik. Hasil yang diharapkan nanti akan mampu mempersiapkan para peserta didik yang ramah lingkungan dengan memiliki ide-ide demi kemajuan daerah pesisir. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik yang telah mengkuti pembekalan kursus selam.

Indikasi keberhasilan pelatihan ini adalah munculnya kesadaran yang ditandai dengan insiatif dan partisipatif langsung dalam implementasi kegiatan, meliputi fase;

  • Pembuatan Substrat

Substrat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah substrat semen yang berbentuk persegi panjang dan bulat yang menggunakan cetakan berbentuk seperti ember kecil terbalik. Cetakan terbuat dari plat seng yang telah dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Cetakan ini sangat menghemat biaya produksi dari kegiatan-kegiatan transplantasi sebelumnya. Substrat dari semen diberi patok berupa pipa paralon kecil atau botol minuman bekas sebagai tempat pengikat fragmen karang yang ditranplantasi.Memanfaatkan botol minuman bekas sangat mengurangi tumpukan sampah botol minuman yang dihasilkan oleh rumah makan/café di sekitar lokasi kegiatan.

  • Peletakan Substrat

Substrat yang telah disiapkan diletakkan lebih awal di dasar perairan lokasi transplantasi.Hal ini dimaksudkan untuk memberi waktu bagi lingkungan perairan untuk beradaptasi dengan kehadiran substrat semen dan memberi waktu bagi lingkungan untuk menghilangkan kadar kimia di substrat semen. Kehadiran Kerang Pipih di substrat akan mengindikasikan kadar kimia telah hilang. Hal ini memberikan indikasi kecocokan lingkungan bagi pertumbuhan karang sehingga penempelan bibit karang/fragmen karang pada substrat yang telah ditempatkan terlebih dahulu dapat dimulai.Peletakkan substrat lebih awal terbukti meningkatkan angka keberhasilan transplantasi karang.

303724a29aa1137a5be8a77bad503949ce85f074

Peletakan [email protected]


  • Pengadaan bibit/fragmen karang

Pengadaan bibit karang yang akan ditransplantasi diambil dari lokasi yang berdekatan dengan lokasi penempatan dan kedua lokasi mempunyai kedalaman yang sama. Potongan karang sebagai bibit diambil dari bagian koloni induk yang telah dipilih atau dapat juga berupa potongan karang hidup yang diambil dari bagian karang induk yang terlepas secara alami dari koloni induk. Bibit disiapkan dalam ukuran ± 7 cm, dikumpulkan pada satu tempat dan diangkut ke lokasi penempatan transplantasi. Pengangkutan menggunakan wadah plastik yang berlubang. Proses pengangkutan dilakukan dengan hati-hati dan keseluruhan proses ini berada dalam air. Selanjutnya bibit karang ini diletakkan pada substrat yang telah ada, diikat (secara hati-hati) menggunakan cable ties

  • Penempelan bibit karang pada substrat
Penempelan bibit karang adalah proses peletakan bibit karang pada substrat di lokasi transplantasi.Tujuannya adalah mendukung percepatan proses pertumbuhan alami.Proses pertumbuhan ini akan ditandai dengan terjadinya penempelan jaringan bibit karang pada substrat buatan dan ditandai dengan pertambahan ukuran bibit karang baik jumlah cabang maupun diameternya. Proses ini biasanya berjalan 3-5 bulan.

807468826cd2c9d78c568f530209a7d514844e46

Penempelan Bibit Karang [email protected]

Monitoring and Evaluation:

Bibit karang yang telah ditempatkan selanjutnya dimonitoring minimal 2 minggu sekali untuk perawatan, pembersihan (akibat sedimentasi), pengambilan data pertumbuhan karang dan penggantian bibit karangyang mati atau terlepas dari substrat.

Evaluasi dilakukan melalui serangkaian dialog dan diskusi dengan berbagai pihak terhadap keefektifan transplantasi karang menjawab permasalahan lingkungan dan kemampuan proyek meningkatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat setempat. Evaluasi akan memberikan gambaran faktor penyebab kegagalan dan keberhasilan transplantasi karang sebagai masukan untuk sebuah usaha yang berkelanjutan di masa yang akan datang.

99673b00f4e899345a2cc71ba0f71cde41c116cf

[email protected]

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan ini direncanakan pelaksanaannya di Selat Pulau Rubiah, Kelurahan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang.


489d824e66403bf6c350708c9df7bd783b992194

[email protected]

Tahun 2015, Berkampanye kepedulian kita terhadap laut, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari rangkaian kegiatan lanjutan yang diwariskan oleh Almarhum Bpk. Mahyiddin "Dodent" Telah menjaring partisipasi para adopter dari kalangan masyarakat lokal, pemerintah/swasta, komunitas lingkungan, club selam, guide selam lokal, penginapan/restouran, dan para wisatawan asing yang lagi berlibur ke Pulau Weh.

536609193177e8cd4bb8176d8bb3f764c5242308

Foto Bareng DodentsDay [email protected]


6922501d51017ac261bbfb314e4f0ff9366a3a6a

Documentasi DodentsDay [email protected]



Harapan;

Program Adopsi Terumbu Karang ini akan menjadi sustainable project berkelanjutan dan terpadu untuk generasi penerus, karena Pulau Weh-Sabang dikelilingi oleh daerah pesisir sehingga mendukung untuk dilaksanakannya program ini. Tujuannya agar masyarakat setempat lebih SADAR dan PEDULI akan sumber daya laut yang berpotensi mengurangi resiko terhadap bencana alam di wilayah pesisir dan terhadap perubahan iklim.


#IniAksiQu4PulauWeh, Mana Aksi Mu.?

Karena tak kenal maka tak sayang, maka sekarang saatnya kita mengenal terumbu karang lebih dekat. Terumbu karang bukan hanya sekedar mahkluk indah di dalam lautan, tapi ia memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kita.

Tidak banyak yang tahu kalau Pulau Weh masih punya surga bawah air berupa terumbu karang. Sayangnya saat ini kondisi terumbu karang semakin terancam dengan tingginya aktivitas manusia.

Kondisi terumbu karang di Pulau Weh-Sabang kian hari makin mengkhawatirkan, namun masih ada harapan untuk pulih kembali. Mari bantu kami membangun kebun karang!!


Silahkan lakukan donasi/share

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner dan tidak mewakili Kitabisa

Donatur 10

  • Rp. 1.000.000
    RUBIAH TIRTA DIVERS
  • Rp. 500.000
    Aceh Coral
  • Rp. 200.466
    Iona Carina
  • Rp. 100.731
    Anonim
  • Rp. 100.422
    noni
  • Rp. 50.322
    Anonim
  • Rp. 50.102
    Edi Albizia Chaniago

    walau tak banyak mudah-mudahan bisa berguna bagi pelestarian alam bawah laut sabang.insha Allah

  • Rp. 25.000
    Theresia Karyose
  • Rp. 25.000
    Anonim
  • Rp. 20.868
    Munira S
  • Rp. 25.000
    Anonim
  • Rp. 50.102
    Edi Albizia Chaniago

    walau tak banyak mudah-mudahan bisa berguna bagi pelestarian alam bawah laut sabang.insha Allah

  • Rp. 200.466
    Iona Carina
  • Rp. 100.731
    Anonim
  • Rp. 1.000.000
    RUBIAH TIRTA DIVERS
  • Rp. 500.000
    Aceh Coral
  • Rp. 25.000
    Theresia Karyose
  • Rp. 100.422
    noni
  • Rp. 20.868
    Munira S
  • Rp. 50.322
    Anonim

Apa itu Fundraiser?

Fundraiser adalah status yang Anda dapat saat berhasil mengajak teman berdonasi

Ingin menjadi Fundraiser untuk campaign ini?


Silakan Masuk untuk mendapatkan link Fundraiser Anda
Pesan kamu akan langsung terkirim ke coral oasis

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?