Kitabisa! - Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat

Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat

Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat
Agustus ini akan menjadi tahun ke-8 buat Remotivi dalam kerjanya memantau media. Tapi karena isu keuangan, Remotivi terancam bubar sebelum ulang tahunnya nanti.
Organisasi (Social Media)
Remotivi Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 104.770.032

terkumpul dari target Rp 150.000.000
70% terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan
Baca update terbaru dari campaign ini!

Agustus ini akan menjadi tahun ke-8 buat Remotivi dalam kerjanya memantau media. Tapi karena isu keuangan, Remotivi terancam bubar sebelum ulang tahunnya nanti.


Kami, Remotivi, adalah sebuah lembaga studi dan pemantauan media, bersifat independen dan non-profit. Kami percaya bahwa media massa punya peran penting dalam kehidupan kita. Karena itu sejak 2010 kami bekerja memantau media dan melakukan kegiatan literasi media di Indonesia.

Komersialisasi dan politisasi gila-gilaan atas media telah membuat kebanyakan perusahaan media abai pada tanggung jawabnya melayani warga. Karena itu kami bekerja untuk mengoreksi praktik media yang bermasalah.

Kami melakukan penelitian, menerbitkan artikel, dan memproduksi video populer untuk menunjukkan masalahnya. Kami ingin agar kajian kami dapat menjadi bahan evaluasi bagi pekerja media sekaligus bahan pendidikan melek media bagi publik luas.

9393468652f87a2f426422da25ae02808ffe7928

Kritik kami pada 2010 atas tayangan “Primitive Runaway” di Trans TV adalah salah satu kerja pertama kami. Upaya ini berhasil membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memanggil pengelola tayangannya. Desakan publik yang ada kemudian berhasil membuat Trans TV memperbaiki tayangannya dengan mengubah sudut pandang dan judulnya menjadi “Ethnic Runaway”.

Dari kasus ini kami belajar, bahwa suara publik yang kuat dan terorganisir punya dampak dalam memengaruhi kerja media.

Dan dari kasus ini pulalah kami belajar bahwa upaya perbaikan kondisi media sangat terkait dengan problem struktural seperti kinerja lembaga pemerintahan, undang-undang, kurikulum pendidikan, hingga kondisi kerja pekerja media.

Kami pernah melakukan kampanye frekuensimilikpublik.org pada 2014. Kalau Anda pernah melihat video viral anak SD yang bernyanyi mengritik TV, itu adalah bagian dari kampanye kami. Ini adalah salah satu cara kami untuk membumikan isu-isu televisi pada masyarakat luas.


Kemudian, selain mengadakan pelatihan literasi media di sekolah, kampus, dan komunitas orangtua, pada 2015 kami meluncurkan aplikasi Android bernama Rapotivi. Rapotivi dirancang untuk membantu menyampaikan keluhan warga atas isi televisi kepada Komisi Penyiaran Indonesia.

Kondisi Remotivi Hari Ini

Beberapa bulan lalu kami memutuskan untuk menghentikan Rapotivi. Ini adalah sebuah keputusan yang berat dan menyedihkan buat kami. Tapi apa daya, kondisi keuangan kami tak memungkinkan mengongkosi operasional Rapotivi.

Kami tak ingin Remotivi seperti Rapotivi. Maka penggalangan dana ini kami lakukan. Kami ingin agar kerja-kerja kami didukung oleh Anda.

Selama ini, kerja Remotivi sangat mengandalkan bantuan dana dari organisasi donor dalam dan luar negeri. Kekurangan dana yang ada kami tutup dengan hasil usaha dan dana pribadi para pekerja.

"Kami ingin bisa terus bekerja membantu publik lebih kritis terhadap media. Kalau Anda berpendapat bahwa kerja-kerja semacam ini diperlukan di Indonesia, dukunglah kami dengan berdonasi."

4d9958a97c0183a46d8dff380ff2cfe61fb732e0

Saat ini kami sedang membangun kemandirian ekonomi organisasi melalui sebuah badan usaha bernama Remotivi Inc.. Divisi ini bertanggung jawab untuk menciptakan model bisnis sosial yang berkelanjutan demi keberlangsungan Remotivi.

Pada kampanye ini, kami menargetkan penggalangan dana sebesar Rp. 150 juta sebagai modal kami bertahan hidup beberapa bulan. Karena itu, donasi yang Anda berikan akan membantu kami menyiapkan diri lebih berdikari secara ekonomi.

Kami tunggu dukungan Anda agar kami bisa terus mendorong iklim media yang sehat!

1. Klik "Donasi Sekarang"

2. Masukan data diri dan pilih metode pembayaran

3. Transfer sesuai kode unik

4. Share kitabisa.com/dukungremotivi ke teman-teman di media sosial kamu!


#DukungRemotivi

Silakan sapa dan tanya kami di kotaksurat@remotivi.or.id atau akun media sosial kami (Twitter, Facebook, Instagram, dan Line: @remotivi)

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 686

  • Rp. 5.000.288
    ICT Watch - Indonesia

    maju dan teruslah berjuang, sahabat-sahabat remotivi...

  • Rp. 2.000.118
    Lucinta Luna

    #HidupLucintaLuna

  • Rp. 2.000.000
    Efek Rumah Kaca

    Tetap semangat, Remotivi!

  • Rp. 1.533.649
    NK3 SMAN 3 Bandung

    Kami, sebagai bagian dari pelajar Indonesia, mendukung gerakan literasi media yang dilakukan Remotivi.

  • Rp. 1.200.000
    Aksara Institute

    Aksara Institute mendukung setiap upaya Remotivi mendapatkan hak publik di setiap tayangan media.

  • Rp. 1.100.000
    Ulma
  • Rp. 1.070.000
    Mahasiswa Ilmu Komunikasi UII

    Semoga Remotivi tetap konsisten, bergizi, dan selalu tumbuh

  • Rp. 1.001.000
    Anonim
  • Rp. 1.000.872
    Yoseph Kristanto

    Terus semangat dalam memperbaiki kualitas media Indonesia dan jangan ditunggangi kepentingan tertentu.

  • Rp. 1.000.843
    Anonim
SHOW MORE
  • Rp. 11.730
    Fahmi AW

    BismillahKitaSlaluTakwaIstiqomahIbadhBramalSolehJariyahDoa,DptYgTrbaik@Akhlak-KESehatSlamatMudahMuliaSuksesJayaMenangBruntungBrkahAN-Ampunan

  • Rp. 50.351
    Anonim

    Hajar!

  • Rp. 25.536
    Anonim

    Walaupun dana yg saya sumbangkan jauh dr target dana, tp semoga remotivi bisa terus ada memberikan edukasi2 pentingnya media yg sehat

  • Rp. 200.337
    Anonim
  • Rp. 50.580
    Anonim

    Tetap semangat remotivi untuk menghasilkan kajian dan konten yg berkualitas! :)

  • Rp. 20.257
    Anonim

    meskipun donasi saya belum seberapa, tapi saya harap remotivi dapat terus memajukan media indonesia menjadi media yang lebih berkualitas

  • Rp. 150.730
    Muhammad Rifqi Satria Kusumawardhana
  • Rp. 100.000
    Anonim
  • Rp. 100.610
    Felicia

    Semoga remotivi bisa selalu menjernihkan media di indonesia

  • Rp. 50.460
    Junianti Hutabarat

    Remotivi lanjutkan riset mu.

SHOW MORE
16 Sep 2018

Update 3 - Kamu Diundang ke Konser Ruwatan Massal!

Kawan-kawan yang baik,

Ada hari di mana kami hadir membawa kabar murung. Di laman ini, pada satu hari di bulan Mei, kami sampaikan kemurungan itu: Remotivi terancam tamat karena masalah pendanaan.

Kami, tentu, belum mau tamat. Kami merasa masih banyak hal yang perlu dan bisa kami upayakan agar situasi media di Indonesia menjadi lebih baik. Setidaknya, selemah-lemahnya, kami ingin menyediakan perspektif bagi orang banyak agar mampu menghadapi media dengan lebih kritis.

Itulah sebabnya hari itu kami pakai untuk menyampaikan situasi kami; mengajak orang banyak untuk terlibat mengongkosi kerja-kerja kami.

Sempat pesimis di awal, kami perlahan diyakinkan untuk menjadi optimistik. Uluran tangan dari banyak orang menerbitkan kembali kepercayaan diri kami, memompa kembali semangat kami untuk tetap bekerja mempertahankan Remotivi.

Anda semualah, 686 donatur, yang membikin penuh dada kami, yang membikin bisikan berikut semakin berisik: kami akan bertahan, sekuat-kuatnya, sebaik-baiknya.

Anda semualah, “The 686”, yang telah menghimpun dana sebesar Rp. 104,7 juta. Terima kasih karena Anda telah baik dan mendukung kami.

Maka, kalau memberi dukungan artinya memberi kepercayaan, menerima dukungan artinya mengelola kepercayaan itu. Kami, kini, ada pada posisi yang kedua. Kami berjanji akan mengelola kepercayaan Anda dengan sekuat-kuatnya, sebaik-baiknya.

Kawan-kawan yang baik,

Ada hari yang lampau di mana kami membawa kabar murung. Tapi, ada hari di mana kami ingin membawa kabar baik.

Hari ini, kabar baik itu kami bawa ke hadapan Anda: kami tak jadi tamat; kami akan merayakan ulang tahun kami yang ke-8!

Kami tentu ingin bersyukur karenanya. Kami ingin bergembira karena kami akan melanjutkan kerja-kerja kami di Indonesia. Andalah yang memungkinkan itu semua; Andalah yang memperpanjang usia kami.

Sebab itu, kami ingin ungkapkan rasa syukur dan terima kasih kami dengan sebuah perayaan, dan kami ingin Anda hadir di sana, karena perayaan ini kami buat untuk Anda.

Kapan?
22 September 2018

Di mana?
Warung Apresiasi Bulungan, Jakarta Selatan.

Apa acaranya?
- Diskusi “Kenapa Ada Fanatisme Politik?” dimulai Pk. 15.00 WIB.
- “Konser Ruwatan Massal - Cebong-Kampret Pasti Berlalu: Menjadi Manusia di Tahun Politik” dimulai Pk. 19.00 WIB.

Siapa?
Sisir Tanah, Ananda Badudu, West Jamnation, Elisa Sutanudjaja, Hizkia Yosie Palimpung, Roy Murtadho, Suar Budaya Rahadian, Sindikasi, Remotivi, dan orang-orang yang bergembira.

Ingin ikut bergembira?
Datanglah dengan syarat: melangkah gembira dan membeli pin dengan harga seikhlasnya sebagai tiket masuk.

Informasi lanjut?
Lihat Twitter, Instagram, atau Facebook kami. Sapalah kami di sana. :)

SAMPAI JUMPA!!!

--

Acara ini adalah kerjasama Remotivi dengan Sindikasi.

#SewinduRemotivi
#KonserRuwatanMassal
#MenjadiManusia

10c28afa-6621-4545-be49-6c4987617373.jpg



10 Sep 2018

Pencairan Dana Rp 94.630.924

Ke rekening BNI / BNI Syariah ** *** 1283 a/n - PERKUMPULAN REMOTIVI

Rencana penggunaan dana: Dana ini akan digunakan untuk membiayai operasional kerja Remotivi yang meliputi penelitian dan produksi konten di remotivi.or.id dan YouTube.com/remotivi. Pada pertengahan bulan ini, kami akan membuat ungkapan terima kasih buat seluruh donatur dalam bentuk sebuah acara. Seperti kamu, kami juga nggak sabar untuk mengumumkannya segera. Ditunggu, ya! Terima kasih.

4 Jul 2018

Update 1 - Terima Kasih, Donatur Remotivi!

Kawan-kawan,

Ketika kami menulis teks ini, sejumlah Rp. 72,3 juta telah terkumpul sejak tayang pada 18 Mei 2018. Kami terkejut, tak pernah menyangka dukungan yang mengalir begitu deras.

Kami masih ingat hari-hari pertama kami memulai kampanye penggalangan dana ini: orang tak henti-hentinya ponsel kami dipenuhi dengan notifikasi. Ada yang mempromosikan penggalangan dana di media sosial, ada yang menelepon menawarkan ruang kantor gratis, ada yang menawarkan membuat malam penggalangan dana, ada yang menawarkan penyimpanan server gratis, dan lain sebagainya.

Tentu ini membuat haru, sekaligus membuat kami berpikir lebih keras untuk bisa mempertanggungjawabkan bantuan yang telah tersalurkan. Kami memaknai dukungan ini sebagai bentuk ekspresi politik warga negara yang tak ingin kalah dari kuasa korporasi dan elit politik.

Belum habis rasa haru tersebut, berminggu-minggu kemudian banyak inisiatif dukungan menyusul.

Misalnya Komuniaksi2016 yang menggelar acara buka puasa bersama, di mana sebagian dari uang pendaftarannya didonasikan ke Remotivi. Ada juga Himakom UNY yang mengedarkan kotak-kotak donasi di kampusnya. Juga ada dukungan kampanye dari teman-teman lain seperti Himamankom Unpad, Aksara Institute, dan BEM FISIP UI di akun media sosial mereka masing-masing.

Kemudian, Dandhy Laksono, Efek Rumah Kaca, Andi Gunawan, dan Ni Putu Candra Dewi, misalnya, masing-masing menjadi fundraiser, atau juru kampanye bagi penggalangan dana kami. Mereka mengajak orang di sekelilingnya untuk ikut mendukung kami.

Oya, kalau tertarik, Anda juga bisa menjadi fundraiser dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

416acbcb56b71b96b614f77901008f4d0a59d47e

Tentu ada lebih banyak pihak lagi yang telah mendukung, yang tak mungkin kami sebut satu per satu, tanpa mengurangi rasa hormat kami pada mereka semua.

Intinya, kami bahagia dan bersemangat karena dukungan-dukungan ini. Hanya terima kasih dan terima kasih yang bisa kami sampaikan saat ini. Tentu, kami akan sampaikan rasa terima kasih ini dengan kerja-kerja kami ke depannya.

Kawan-kawan,

Kami akan bertahan, sekuat-kuatnya, sebaik-baiknya.


Salam hangat,

REMOTIVI


NB: Karena ada pertanyaan yang masuk, kami ingin beritahu bahwa KitaBisa.com memotong 5% dari donasi yang diberikan untuk kebutuhan operasional mereka. Kalau Anda ingin donasinya diterima 100%, silakan menghubungi kami langsung.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Campaign Telah Berakhir

Di bawah ini adalah list fundraiser yang ikut mendukung Dukung Remotivi Bekerja Mendorong Media yang Sehat :

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?