Kitabisa! - Wakaf Masjid Wageningen, Belanda

Wakaf Masjid Wageningen, Belanda

Wakaf Masjid Wageningen, Belanda
Masjid di Wageningen sementara ini masih menyewa lantai dasar sebuah gedung. Mari berwakaf untuk menyediakan tempat ibadah yang lebih layak dan nyaman.
Campaigner (Social Media)
Komunitas Muslim Indonesia di Wageningen Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 91.919.122

terkumpul dari target Rp 2.200.000.000
4% terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke Wakaf Masjid Wageningen, Belanda

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan
Baca update terbaru dari campaign ini!

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) di surga.” (HR. Ibnu Majah)

Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh,

Masjid merupakan kebutuhan utama umat islam dalam beribadah. Namun tidak semua muslim di dunia memiliki akses masjid untuk menunaikan kewajiban sholat 5 waktu atau sebagai tempat bersilaturahim dengan muslim lainnya. Alhamdulillah, kaum muslimin di Wageningen sudah memiliki masjid sendiri. Akan tetapi masjid tersebut merupakan ruangan sewa yang masih satu gedung dengan peruntukan lain seperti perkantoran, ‘escape room’, dan fitness centre. Saat ini masjid di kelola oleh SIICW (Stichting International Islamitish Centrum Wageningen) yang diinisiasi oleh mahasiswa muslim internasional (termasuk Indonesia) sejak tahun 1990an.

Dengan memproklamirkan diri sebagai the city of life science, Wageningen sekarang menjadi destinasi pendidikan bagi mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia. Tak ketinggalan mahasiswa muslim Indonesia menambah panjang daftar jumlaah mahasiswa internasional yang menempuh pendidikan studi pascasarjana (master/doktoral) di Wageningen University and Research.

Profil mahasiswa muslim Indonesia. Saat ini (2016) tercatat lebih dari 300 mahasiswa/keluarga Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Wageningen UR. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah, sebab Indonesia membutuhkan banyak ahli di bidang pertanian dan pangan untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. sebagai contoh, pada tahun 2013, hanya terdapat 37 mahasiswa Indonesia yang mengambil program master di Wageningen. Angka ini melonjak hingga menjadi 136 mahasiswa master yang menempuh studi di Wageningen pada tahun 2016.

Permasalahan. Dengan jumlah kaum muslimin lebih dari 1000 jiwa, dan penambahan mahasiswa muslim dari Indonesia yang semakin pesat, ruangan sewa masjid Wageningen menjadi terasa sempit jauh dari memadai terlebih pada waktu pelaksanaan sholat Jumat. Apalagi ruangan masjid sementara ini berada satu gedung dengan ‘escape room’ yang digunakan sebagai bar/party, terasa kurang nyaman untuk beribadah pada malam hari.

Kaum muslimin sudah berjuang lebih dari 17 tahun untuk mendapatkan tempat yang layak dan permanen sebagai masjid dan pusat dakwah (Islamic Centre).

Suasana Sholat Idul Adha di Wageningen

Jalan keluar. Alhamdulillah, pada bulan Oktober 2016, pemerintah Kota Wageningen telah menyetujui untuk menjual lahan dan gedung Gymnasium yang berlokasi di Schapmanstraat 165, Nude sebagai Islamic Centre bagi kaum muslimin di Wageningen (klik informasi di sini). Total biaya yang diperlukan untuk pembelian tersebut yaitu euro 220.000, ditambah dengan biaya administrasi dan pajak. Komite SIICW menaksir angka sejumlah euro 100.000 masih harus dikeluarkan untuk biaya administrasi dan pajak, penyekatan ruangan muslimah, pembangunan lahan parkir, pembelian karpet dan pembuatan pagar. Sekarang ini, komite SIICW telah berhasil menggalang dana wakaf masjid sekitar euro 170.000 yang dikumpulkan sejak 17 tahun yang lalu.

Masih terdapat kekurangan dana sekitar 150.000 euro (2,2 milliar rupiah). Oleh sebab itu, kami mengajak kaum muslimin untuk berdonasi wakaf masjid wageningen. Donasi dari kaum muslimin akan sangat membantu untuk menciptakan ruang ibadah yang nyaman dan kondusif bagi kaum muslim di Wageningen. Aktivitas dakwah juga akan semakin lancar dengan dukungan fasilitas Islamic Centre pertama di Wageningen ini.

Catatan: Perlu diketahui bahwa dana yang terkumpul nantinya akan dipotong sebesar 5% sebagai biaya administrasi oleh tim kitabisa.com.

Wassalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh,


Narahubung

  • Andy (+31616677098/ant_dee98@yahoo.com)
  • Deslaknyo (+31630805361/info@deslaknyo.com)
  • Munasri Hadini (+6285711717848 -- perwakilan di Indonesia)


Sekretariat

Stichting Internationaal Islamitisch Centrum Wageningen

Nude 2D, 6702 DL Wageningen

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 315

  • Rp. 5.500.101
    Jimly Al Faraby

    Semoga Alloh memudahkan kaum muslimin untuk berdakwah dan menjalankan agama.

  • Rp. 5.000.808
    Sandi jaelani

    Bismillah, mdh2an bisa tercapai membangun masjid

  • Rp. 5.000.101
    Anita damayanti siagian

    Bismillah... Allohumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa 'ala aalihi

  • Rp. 3.000.103
    Shireen Sungkar
  • Rp. 2.000.828
    Anonim
  • Rp. 2.000.705
    Anonim
  • Rp. 2.000.101
    Anonim

    Semoga menjadi amal jariyah

  • Rp. 1.680.101
    Anonim
  • Rp. 1.600.635
    Rigakittyndya Tiamono
  • Rp. 1.506.725
    Ery makmur
SHOW MORE
  • Rp. 50.708
    Anonim

    Bismillah! Maaf tidak banyak. Semoga bermanfaat.

  • Rp. 100.638
    Izzudin Azzam

    Semoga islam di sana berkembang pesat, menjadi umat yg dekat dengan al quran

  • Rp. 10.000
    Anonim
  • Rp. 50.640
    Anonim
  • Rp. 100.160
    Anonim
  • Rp. 50.333
    Anonim
  • Rp. 60.000
    Anonim
  • Rp. 1.000.888
    Hijrah Yuk
  • Rp. 10.000
    Anonim
  • Rp. 832.993
    Tino Aprilian
SHOW MORE
11 Dec 2017

Update 1 - Tengah 2018 gedung sudah bisa digunakan

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh.


Salam hangat dari komunitas muslim internasional di Wageningen, Belanda!

Alhamdulillah kami telah berhasil mengumpulkan dana sebesar €250.000 (Rp.3,99M) dari donasi seluruh muslim di Wageningen dan rekan-rekan melalui website Kitabisa. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang telah rekan-rekan berikan kepada masjid kami di Wageningen. Kami telah menyerahkan wakaf teman-teman sebesar €5,460 (telah dipotong administrasi oleh kitabisa) kepada tim komisioner masjid Wageningen (Stichting Internationaal Islamitisch Centrum Wageningen/SIICW).

Dana yang telah terkumpul in sya Allah sudah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pembelian gedung kepada Pemerintah Kota Wageningen dan gedung dapat mulai digunakan pada pertengahan tahun 2018.

Saat ini kami masih mengumpulkan donasi untuk biaya renovasi gedung tersebut dan membuatnya layak menjadi sebuah masjid sekaligus International Islamic Centre. Total biaya yang masih kami butuhkan untuk melakukan renovasi adalah sekitar €200.000 (Rp3,2M) lagi. Kami akan berusaha untuk mengumpulkan dana tersebut dengan bantuan rekan-rekan semua.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas bantuan rekan-rekan semua. Semoga Allah SWT membalas kebaikan rekan-rekan dengan rumah-rumah di surga kelak.

Campaign ini akan terus dilanjutkan hingga biaya renovasi yang kami butuhkan terkumpul. Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan dapat menghubungi kami melalui pengajianwageningen@gmail.com atau melalui Sdr. Deslak (+31630805361).

Salam hangat.

Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh.


Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Campaign Telah Berakhir
Empty Fundraiser

Galang dana sebagai Fundraiser

Isi form dibawah untuk menjadi Fundraiser campaign "Wakaf Masjid Wageningen, Belanda"
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke "Komunitas Muslim Indonesia di Wageningen"

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?