Kitabisa! - Pojok Pustaka BISA Indonesia

Pojok Pustaka BISA Indonesia

Pojok Pustaka BISA Indonesia
Mari wujudkan pojok pustaka ini, kita beri akses dan kesempatan membaca untuk semua kalangan masyarakat Indonesia, melalui semangat one community one library.

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser. Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke Pojok Pustaka BISA Indonesia

Rp 660.179

terkumpul dari Rp 90.000.000
1% tercapai 252 hari lagi


Penggalangan dana dimulai 1 Nov 2018 oleh:

Pojok Pustaka BISA Indonesia

Education is the most powerful weapon we can use to change the world.

Pojok pustaka I One Communiy One Library

merupakan salah satu kegiatan yang diilhami dari pentingnya pendidikan dalam menopang pengembangan diri dalam segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia. Pendidikan  merupakan pondasi yang sangat penting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang kuat dan berkualitas dalam usaha membangun bangsa yang maju. Pendidikan tidak terbatas pada belajar formal dalam ruangan seperti halnya sekolah, tetapi dapat dilakukan dimanapaun dan kapanpun. Makna pendidikan yang digeneralisir menjadi sekolah menjadi penyekat peningkatan kualitas SDM khususnya didaerah-daerah yang masih kesulitan dalam menemukan sekolah atau terkendala fasilitas sekolah yang belum memadai.

Salah satu penyokong pendidikan yang paling sederhana adalah membaca. Dengan membaca kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun bahkan tidak harus dalam lingkungan formal seperti sekolah. Dengan membaca kita dapat mengenal apapun yang ada di dunia. Akan tetapi kegiatan yang sangat sederhana ini (membaca) masih kurangnya diminati masyarakat di Indonesia. Kurangnya minat baca ini bisa dikarenakan memang tidak terbiasa suka membaca atau memang tidak ada/ kurangnya buku yang tersedia. Menurut survei UNESCO pada tahun 2015, minat baca penduduk Indonesia hanya 0,001 persen. Dengan kata lain, di setiap 1.000 penduduk, hanya satu yang senang membaca. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kualitas SDM yang dimiliki Indonesia, yang dapat berakibat kurangnya pengembangan bangsa kearah yang benar dan berkualitas.

Oleh karena itu kegiatan Pojok Pustaka ini akan fokus kepada dua kegiatan utama yaitu:

  1. Kampanye dalam rangka peningkatan minat baca baik melalui event maupun media-media online. Kampanye melalui media online dapat diikuti di website (www.bisaindonesia.com) dan portal media sosial BISA Indonesia (IG: @bisa_ina, Twitter: @Bisa_ID, Facebook: @bisaindonesia1, Goggle: BISA INDONESIA SOCIETY).
  2. Mendukung tersedianya buku dan ruang baca bagi komunitas-komunitas yang masih kesulitan dalam menyediakan bacaaan di lingkungannya. Dengan semangat ONE COMMUNITY, ONE LIBRARY (satu komunitas, satu perpustakaan).

Ketersediaan buku dan ruang baca ini dilakukan secara sistematis dan terkoordinir melalui kegiatan pengumpulan dana, pengadaan barang, survey dan penilaian penentuan komunitas penerima, sampai dengan penyaluran barang dan pendampingan untuk memastikan pengelolaan perpustakaan bisa dilakukan komunitas secara mandiri.

Mekanisme distribusi buku dan ruang baca akan dilakukan berdasarkan paket standard yang sudah ditentukan meliputi adanya komunitas terpilih setelah dilakukan survey dan penilaian oleh BISA Indonesia. Komunitas bisa ditunjuk oleh BISA Indonesia di lokasi-lokasi yang memang membutuhkan buku dan ruang baca, ataupun komunitas-komunitas yang mengusulkan komunitasnya kepada BISA Indonesia.

Paket perpustakaan yang akan didistribusikan oleh BISA Indonesia berdasarkan dengan standard paket yang berisi diantaranya buku, sarana menyimpan buku (rak buku atau lemari buku) yang disesuaikan dengan kondisi calon perpustakaan, sarana membaca yang berupa meja, sarana pengelolaan/ manajemen perpustakan, dan pendampingan selama minimal 12 kali pendampingan untuk memastikan komunitas bisa mandiri mengelola perpustakaannya.

Sampai dengan akhir tahun 2019, BISA Indonesia menargetkan 10 paket perpustakaan terkumpul dan terdistribusi kepada 10 komunitas pojok pustaka di Yogyakarta dan sekitarnya dengan nilai uang setara dengan Rp. 90.000.000 (per paket perpustakaan Rp. 9.000.000).

Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

86777be6-f49b-4f38-84c6-9485ffe1a5d9.jpg


Skema pengadaan perpustakaan untuk komunitas

c6671d69-2a6b-4d86-8e51-7d4907926ef0.jpg


Untuk teman-teman yang ingin membantu silahkan berdonasi dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Jika ada pertanyaan mengenai penggalangan dana ini, teman-teman bisa menghubungi BISA Indonesia di 0274-288-3736 atau +6285728195621
Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya, semoga Tuhan membalas semua kebaikan teman-teman #OrangBaik.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

DONASI SEKARANG

Donatur 4

  • Rp. 500.045
    Anonim

    Kalau bersama2 pasti bisa kita wujudkan pondasi pendidikan yg kuat untuk semua masyarakat indonesia. Semoga sukses

  • Rp. 100.000
    Dwee Setyo Rini
  • Rp. 50.134
    Maryatul Qibtiyah
  • Rp. 10.000
    Anonim

    semoga berkah ^^

  • Rp. 10.000
    Anonim

    semoga berkah ^^

  • Rp. 50.134
    Maryatul Qibtiyah
  • Rp. 100.000
    Dwee Setyo Rini
  • Rp. 500.045
    Anonim

    Kalau bersama2 pasti bisa kita wujudkan pondasi pendidikan yg kuat untuk semua masyarakat indonesia. Semoga sukses

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

DONASI SEKARANG

Galang dana sebagai Fundraiser

Isi form dibawah untuk menjadi Fundraiser campaign "Pojok Pustaka BISA Indonesia"
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke "PERKUMPULAN BISA INDONESIA"

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?