Kitabisa! - POSKO MASYARAKAT SIPIL UNTUK GEMPA & TSUNAMI PALU

POSKO MASYARAKAT SIPIL UNTUK GEMPA & TSUNAMI PALU

POSKO MASYARAKAT SIPIL UNTUK GEMPA & TSUNAMI PALU
Gempa dan tsunami menerjang daratan Palu dan Donggala, menelan hingga lebih dari 420 korban jiwa. Ini saatnya kita mengulurkan bantuan untuk mereka.
Organisasi (Social Media)
YAPPIKA-ActionAid Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 32.801.989

terkumpul dari target Rp 1.000.000.000
3% terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke POSKO MASYARAKAT SIPIL UNTUK GEMPA & TSUNAMI PALU

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan
Baca update terbaru dari campaign ini!

Adzan Maghrib pada Jumat, 28 September 2018, tenggelam dalam riuh rendah suara orang-orang yang berteriak ketakutan. Guncangan gempa berskala 7,4 magnitudo membuat kaki mereka bergerak cepat mencari tempat perlindungan. Warga Kabupaten Donggala, Kota Palu, dan sekitarnya berhamburan keluar rumah, namun banyak di antara mereka tak sempat menyelamatkan diri, terjebak dalam puing-puing rumah mereka sendiri, di dalam pusat perbelanjaan, gedung-gedung hotel, dan gedung-gedung pemerintah.

Tak sampai di situ, tsunami pun terjadi, menerjang daratan yang berdampak pada 2,4 juta warga, menelan hingga lebih dari 2.010 korban jiwa. Jumlah pengungsi pun mencapai 16 ribu orang. Bantuan juga sulit datang karena akses mereka terputus: bandara mengalami kerusakan, komunikasi lumpuh, pasokan listrik terputus, ribuan rumah rusak, dan akses jalan menuju Palu dan Donggala amblas atau longsor sehingga menyulitkan distribusi bantuan.

    Karenanya YAPPIKA-ActionAid dan sejumlah organisasi melakukan respons darurat untuk bencana ini dengan mendirikan “Posko Nasional Sulteng Bergerak” yang terpusat di Kantor WALHI Jalan Tegal Parang Utara No.14 Jakarta Selatan. Dalam dua minggu ke depan, “Posko Nasional Sulteng Bergerak” akan fokus pada mobilisasi logistik, mengelola data dan informasi penanganan bencana, dan mobilisasi relawan. “Posko Nasional Sulteng Bergerak” terkoordinasi dengan Posko di lokasi musibah yang dikoordinasikan oleh WALHI Sulteng. Saat ini telah diterjunkan tim bantuan yang akan memulai kegiatan-kegiatan kemanusiaan di lokasi musibah.

    Klik Donasi sekarang atau transfer via :

    Bank BCA 
    cab : KCU Wisma Millenia, a.n YAPPIKA

    Norek. 0053003211.

    Sumber foto *dokumentasi  Ramli, Ketua PA Galara, Fekon, UNTAD  dan BNPB

    Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa

    Campaign Telah Berakhir

    Donatur 76

    • Rp. 5.600.509
      Palmira Bachtiar

      Doa terbaik dari Keluarga Besar SMERU untuk saudara2 kita di Palu dan Donggala

    • Rp. 5.000.000
      Paramita Mohamad
    • Rp. 2.000.000
      Anonim

      Turut berduka cita bagi korban meninggal dan turut prihatin bagi warga yg selamat, smg Allah SWT beri kesehatan keselamatan n Rahmat

    • Rp. 1.000.980
      Tony Loekito Chandra

      Semoga fasilitas belajar dan mengajar cepat selesai dibangun/direhabilitasi..dan anak2 tetap semangat dalam menuntut ilmu.

    • Rp. 1.000.709
      Indira

      Doa kami untuk warga Palu, Sigi dan Donggala.

    • Rp. 1.000.473
      Anonim
    • Rp. 1.000.192
      Anonim

      Turut Berduka Cita atas kejadian yang menimpa saudara kami di Palu dan Donggala ... semoga bantuan kami dapat meringankan beban saudara kami

    • Rp. 1.000.064
      Lili g
    • Rp. 1.000.026
      Djohan Tandry
    • Rp. 650.466
      Arie Mirza Herlambang

      Semoga bs membantu. Untuk organisator, panitia, appreciate your effort & dedication. Untuk korban, smg kondisi jd lbh baik segera, s

    SHOW MORE
    • Rp. 15.712
      Anonim
    • Rp. 10.434
      Anonim
    • Rp. 100.025
      Anonim

      Palu bisa bangkit!

    • Rp. 500.000
      Anonim

      Semoga cepat pulih baik fisik maupun non fisik akibat musibah yang dialaminya. Aamiin

    • Rp. 5.600.509
      Palmira Bachtiar

      Doa terbaik dari Keluarga Besar SMERU untuk saudara2 kita di Palu dan Donggala

    • Rp. 500.000
      Anonim

      SWMOGA CEPAT SEMBUH DAN HILANG TRAUMA GEMPA PALU..DAN HIDUP SEDIA KALA

    • Rp. 100.000
      Anonim
    • Rp. 5.000.000
      Paramita Mohamad
    • Rp. 10.536
      sigit prabowo
    • Rp. 500.963
      Lenny rahayu

      Ya Allah beri merela saudara2 kita di palu kekuatan dan kesabaran, aminn.

    SHOW MORE
    2 Nov 2018

    Pencairan Dana Rp 20.668.648

    Ke rekening BCA * *** 3211 a/n YAPPIKA

    Rencana penggunaan dana: Salam sejahtera, Sahabat YAPPIKA-ActionAid Kurang lebih sudah sebulan berlalu semenjak peristiwa gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, peristiwa yang menelan banyak korban dan menguji seberapa peduli kita pada saudara-saudara kita. Orang-orang baik telah berkumpul, bergenggaman tangan bahu-membahu membantu mereka, hingga terkumpul dana sebesar Rp 32,801,989,- rupiah untuk kami donasikan kepada mereka. Dana yang terkumpul sebagian sudah kami gunakan untuk pembelian makanan, air bersih, obat-obatan, pakaian, serta kebutuhan harian mereka. Kebutuhan ini akan terus disalurkan untuk 74 Kepala Keluarga dan 300 Jiwa yang terdiri dari 14 lansia, 201 dewasa, 65 anak-anak, 16 balita, dan 4 wanita hamil. Terima kasih telah mau merelakan sedikit rejekimu untuk mereka, kamu telah menjadi harapan baru Palu dan Donggala untuk segera bangkit kembali seperti sedia kala. Sekali lagi, terima kasih, Sahabat YAPPIKA-ActionAid Salam,

    27 Oct 2018

    Update 7 - Para Pengungsi Masih Membutuhkan Bantuanmu

    Salam sejahtera, Sahabat YAPPIKA-ActionAid

    Hampir sebulan semenjak tragedi gempa dan tsunami menimpa Palu dan Donggala. Banyak orang baik tergerak untuk bahu-membahu membantu para pengungsi, namun begitu keadaan mereka masih jauh dari kata stabil. 

    Menurut data per 24 Oktober 2018, di pengungsian Mamboro sendiri terdapat 74 Kepala Keluarga dan 300 Jiwa yang terdiri dari 14 orang lansia, 201 orang dewasa, 65 anak-anak, 16 balita, dan 4 wanita hamil. Pengungsian Mamboro tengah dijadikan salah satu wilayah intervensi karena jumlah pengungsi cukup besar. 

    Keadaan perkemahan para pengungsi

    Para pengungsi kini sangat membutuhkan bantuan air bersih, karena hanya terdapat 2 torrent besar di pengungsian ini dan air bersih tidak cukup memenuhi kebutuhan seluruh pengungsi. Belum lagi, makanan keseharian mereka kebanyakan hanya mie instan, membuat mereka kekurangan gizi dan mudah terjangkit penyakit. Selain itu, dikarenakan kondisi kebersihan dan sanitasi yang buruk, para pengungsi juga mulai terjangkit penyakit kulit. 

    Mereka juga berada dalam keadaan gelap total saat malam, karena listrik belum bisa mengalir ke tempat mereka. Trauma pun belum sirna. Mereka juga membutuhkan dukungan psiko sosial. 

    f56423a5-5ef5-48fc-9c3b-bf5acb1ec08b.jpg


    Sahabat, mereka benar-benar membutuhkan bantuanmu. Ulurkan tangamu, beri mereka kekuatan untuk bisa melewati ini semua.

    Terima kasih untuk kesediaanmu membantu mereka,


    Salam


    21 Oct 2018

    Update 6 - Palu dan Donggala Butuh Air Bersih

    Gempa dan Tsunami yang menimpa Palu, Donggala, dan Sigi beberapa pekan lalu bukan hanya telah menghilangkan nyawa banyak orang, ia juga merusak fasilitas-fasilitas yang mendukung penghidupan manusia: rumah, gedung sekolah, bahkan pipa-pipa air yang memberikan warga jatah air bersih.

    Air PAM menjadi harta yang sulit dicari, padahal tiap orang membutuhkan pasokan air tersebut. Mereka butuh mandi, mereka butuh buang air, mereka butuh minum. Setiap orang menahan ego mereka untuk tidak merebut air yang bukan milik mereka.

    Keadaan ini tidak bisa dibiarkan terus. Jangan menyerah untuk membantu mereka ya

    4a17d3e8-dea8-4ade-933c-7a5c8ebbd2ba.jpg
    12 Oct 2018

    Update 5 - Palu dan Donggala Masih Jauh Dari Stabil

    Hai Sahabat YAPPIKA-ActionAid,

    Pasca gempa dan tsunami yang menimpa saudara-saudara kita di Palu dan Donggala, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sampai saat ini jumlah korban sudah mencapai angka 2,045 orang. Masalah tidak sampai pada jumlah korban yang kehilangan nyawa, namun juga pada keadaan para penyintas dan pengungsi bencana ini.

    Menurut Ketua Sikola Mombine, Mutmainah Korona, beberapa wanita yang dalam masa mengandung, terpaksa harus melahirkan di penampungan sementara tanpa adanya bantuan medis, hingga berisiko pada bayi mereka. Beberapa orang pun mulai terjangkiti penyakit serta gatal-gatal karena kekurangan nutrisi, cuaca, serta air yang tidak bersih. Akses jalan untuk menyalurkan bantuan sampai saat ini masih sulit untuk ditapaki, serta komunikasi dan data yang dibutuhkan masih jauh dari baik: berapa orang di luar sana yang membutuhkan bantuan serta berapa banyak yang dibutuhkan masih belum jelas karena hal ini.

    Keadaan Palu dan Donggala masih jauh dari stabil!

    Yuk jangan berhenti sampai di sini. Salurkan terus donasimu untuk mereka.

    10 Oct 2018

    Pencairan Dana Rp 1.788.059

    Ke rekening BCA * *** 3211 a/n YAPPIKA

    Rencana penggunaan dana: Dana yang dikumpulkan akan dipergunakan untuk posko dan dapur umum para relawan untuk mempercepat penyediaan makanan dan distribusi bantuan kepada para pengungsi.

    8 Oct 2018

    Update 3 - Update Posko Palu

    d920c76f-b4db-49eb-8dd8-47dbc59fc5a1.jpg


    Salam sejahtera, Sahabat YAPPIKA-ActionAid

    Orang baik telah banyak berkumpul dan kita telah bergenggaman tangan untuk saling membantu saudara-saudara kita di Palu dan Donggala. Berkat bantuanmu, donasi ke posko-posko yang telah didirikan di berbagai titik, terus mengalir.

    Kita pun sudah melewati fase 1, sejumlah data sebanyak 1,400 orang/keluarga telah diberikan kepada pemerintah, DVI Polri, dan pihak-pihak terkait. Data-data ini dapat digunakan di masa recovery, untuk menghitung berapa puluh keluarga yang rumahnya harus dibangun.

    Donasi yang diterima pun akan dibelanjakan dalam bentuk logistik atau kebutuhan para pengungsi dan mereka yang tertimpa bencana Palu serta Donggala. Tidak sampai di situ, kami pun akan mengirimkan sejumlah 16 orang relawan untuk membantu mereka.

    Apakah ini cukup? Belum. Mereka masih membutuhkan uluran tanganmu. Kamulah harapan mereka saat ini. Yuk terus berdonasi dan bantu ringankan beban mereka.

    8 Oct 2018

    Pencairan Dana Rp 9.436.812

    Ke rekening BCA * *** 3211 a/n YAPPIKA

    Rencana penggunaan dana: Dana akan dicairkan untuk pembelian bahan makanan di dapur umum

    1 Oct 2018

    Update 1 - Tim relawan&logistik; telah tiba di Palu


    c26d91de-3295-4813-ae74-5685e46e983b.jpg

    Team relawan dari  koalisi yang berangkat dari Poso   sejumlah 11 orang dan dari Gorontalo sejumlah 20 orang beserta  logistik  awal  sudah masuk Palu pada Minggu (30/09/2018) malam ini

    6024a3c5-9baf-4e4c-ab6d-3cd69ca71f5b.jpg


    Koalisi Masyarakat Sipil akan kembali memberangkatkan relawan  di gorontalo sebanyak  15 tenaga medis dan 5 relawan beserta logistik.

    5ac7a841-2d96-4427-8207-b01689d19fb9.jpg

    Tim advance dari Jakarta sudah bergerak menuju Palu dari Makassar. Dukung kami dan sebarkan link ini kitabisa.com/poskopalu agar bantuan bagi saudara kita di Palu bisa cepat terkumpul. 

    Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

    Campaign Telah Berakhir
    Empty Fundraiser

    Galang dana sebagai Fundraiser

    Isi form dibawah untuk menjadi Fundraiser campaign "POSKO MASYARAKAT SIPIL UNTUK GEMPA & TSUNAMI PALU"
    Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke "YAPPIKA-ActionAid"

    Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?