Kitabisa! - Rumah Yatim
Rumah Yatim

Rumah Yatim

Halaman zakat resmi Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim di kitabisa.com
Organisasi (Social Media)
Rumah Yatim Campaigner Telah Terverifikasi

Rp. 68.421.630

Open Goal


Kode Embed
Salin dan sematkan kode di bawah ini


Campaign ini mencurigakan? Laporkan

Update 10 - Perjuangan Rami, Hadapi Ujian Kehidupan

4d23a63f93d14e0e322e97a236f65fcbfcd7f36d

Rami, sosok yang tegar dan kuat, sebelum ujian berupa sakit yang menimpanya, ia bertahan hidup dengan menjadi pemanggul kayu dari gunung dan sebagai buruh tani. Sejak dia mengidap penyakit kanker payudara, pekerjaan yang telah bertahun - tahun dilakoni pun ia tinggalkan.

Tinggal di Rumah yang sempat dibedah oleh pemerintah berukuran 3X4 di Jl. Kirab Remaja Desa Nyur Lembang Daye Kecamatan Narmada Lombok Barat, Rami terus berjuang sendiri karena tak ada seorang pun yang dapat menemaninya dimasa tua. Ia hanya memiliki satu saudara yang nasibnya tak berbeda jauh darinya.

Walaupun dua tahun lalu Rami mendapatkan bantuan operasi kanker payudara, namun hingga kini rasa sakit masih ia rasakan, karena tidak ada biaya untuk melakukan perawatan pasca operasi, maka tak heran bekas operasi itu masih terlihat basah. Akunya kepada Salma selaku relawan dari rumah yatim NTB, saat memberikan santunan sembako kepada Rami.

f5ca7e91138fa62c4303d2191c7514639a661625

Meskipun ujian menerpa dirinya, tak lantas membuatnya berpangku tangan, meminta-meminta dan menggantungkan hidup pada belas kasih orang, hingga kini menjadi pemungut rongsokan menjadi mata pencaharian satu - satunya yang mampu ia kerjakan.

Karena harga rongsokan 2.000/kg untuk memenuhi perut kecilnya, Rami harus mengumpulkan terlebih dulu hingga berminggu-minggu dan berbulan-bulan, beruntung masih ada tetangga yang peduli kepadannya, dengan menyisihkan rongsokan untuk memenuhi targetnya mengais rupiah demi rupiah.

Hal tersebut yang membuat Salma mengagumi dirinya dan ingin membantu dan mengajak kepada masyarakat yang peduli untuk memberikan bantuan untuk Rami terutama untuk biaya pengobatannya. Karena Salma melihat kondisi Rami harus mendapatkan penanganan cepat dari dokter.

“Salut kepadanya yang masih bekerja meski dalam kondisi sakit, saya mengajak kepada masyarakat untuk meringankan sedikit beban hidup Inaq Rami terutama untuk pengobatan dirinya yang tidak dia perhatikan karena ketidakmampuannya.” Imbau Salma.

Mari ringankan penderitaanya dengan membantu Rami untuk sembuh dari kanker payudara yang ia derita ...

CP : Salma Relawan Rumah Yatim NTB ( 0878-2153-6824 )

#RumahYatim
#ZakatuntukPerubahan

Update 9 - Rumah Yatim Aceh Salurkan Santunan untuk Dai

fb607f1cb2378df1df7ae7c3ed417d325642c9c2

Mengabdi sebagai guru ngaji dan ustad bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan kesabaran dan kelapangan melakoninya. Tak pelak, banyak yang berpikir dua kali untuk mengabdikan diri menjadi abdi agama ini.

Hal inilah yang membuat Rumah Yatim merasa perlu untuk memberikan apresiasi kepada para dai. Sebanyak enam dai yang ada di Aceh yakni daerah Lamlagang, mendapatkan santunan berupa uang tunai. Santunan ini diberikan langsung oleh Tim Rumah Yatim Aceh kepada para dai pengajar di beberapa dayah-dayah (semacam surau atau langgar tempat mengaji anak dan ibu-ibu) ini.

Keenamnya bisa dikatakan telah sepuh dalam urusan menjadi dai. Ada yang telah menjadi dai selama 35 tahun, 19 tahun, dan ada pula yag baru 5 tahun tapi telah berkelana mengajar di berbagai tempat.

Para dai pun tampak terkesima ketika mendapati Rumah Yatim mengunjungi mereka dan memberikan santunan. Rasa haru dan terima kasih pun terucap. Para dai sangat berterima kasih pada Rumah Yatim yang telah memberikan perhatian pada mereka.

“Kita berharap bantuan tersebut dapat membuat para dai terus bersemangat dalam menyebarkan ajaran Islam.” Ujar Dewi Tim Pelaksana Kegiatan Bantuan.


Update 8 - Rumah Yatim Bersinergi Bantu 124 Buruh Cuci

f32cc7d133f16d3b6d2efbd35c6f75a995b93805

Rumah Yatim Aceh kembali melaksanakan aksi penyaluran bantuan kepada para yatim dan dhuafa. Adapun bantuan yang disalurkan berupa sembako, terdiri dari beras, mi instan, dan gula. Adapun bantuan kali ini diselenggarakan bekerja sama dengan dinsos setempat dan salah satu komunitas peduli sosial Rumah Aceh.

Ini merupakan pertama kalinya sinergi antara ketiga pihak dalam menyalurkan bantuan sosial. Adapun bantuan sendiri berasal dari Rumah Yatim sementara pihak dinsos dan Rumah Aceh memberikan informasi database mustahik yang Alhamdulillah tepat sasaran dan sesuai. Daerah yang menjadi sasaran ialah Lampok Jaya dan Kapal Apung.

Menurut Dewi, penanggung jawab penyaluran ini rata-rata penduduk di kedua lokasi bekerja sebagai buruh cuci dan buruh gosok. Kebanyakan mereka adalah para perempuan yang bekerja dan berperan sebagai pencari nafkah dikarenakan suami mereka mengalami sakit parah.

Jika di laundry, satu kilo pakaian yang dicuci atau disetrika dihargai hingga Rp 3000. Namun, para ibu-ibu ini hanya dibayar Rp 1000 per kilonya. Belum lagi uang listrik yang tidak ditambahkan. Rasa prihatin itu pun semakin memuncak ketika Dewi dan Tim Rumah Yatim beserta perwakilan dinsos datang ke rumah mereka.

Rata-rata rumah mereka berbahan kayu dan seng seadanya. Bahkan ada rumah yang hanya memiliki satu ruangan saja. Ruangan itu menjadi ruang tamu, kamar tidur, dan dapur sekaligus. Meski hidup dalam kekurangan, rasa memuliakan tamu para keluarga ini mencengangkan.

“Hidup mereka memang susah dan pas-pasan sekali. Namun, saya dan tim takjub ketika kami datang dan naik ke rumah mereka, mereka menjamu kami dengan semua yang mereka miliki. Bahkan ada yang sampai membelah buah durian satu-satunyadi rumah itu hanya untuk memuliakan tamu yang datang.” Jelas Dewi terharu.

Rumah Yatim berharap sedikit bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga yatim dan dhuafa ini. Dan di lain kesempatan Rumah Yatim dapat kembali memberikan bantuan.


Update 7 - Bantuan Sembako Bahagiakan 100 Warga

bb3e5756915a033783546716e584de1ff1f74b10


Mengadu nasib ke kota belum tentu bisa memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat. Banyak diantara mereka melakukan urbanisasi namun kondisi perekonomian mereka masih cenderung minim. Salah satunya masyarakat kampung Sasak Lemak RT 04 RW 11 Pasirjati kecamatan Ujungberung.

Mereka adalah masyarakat desa yang mengadu nasib ke kota, namun kondisi mereka masih tetap kekurangan. Kebanyakan warga yang melakukan urbanisasi ke Ujungberung kota Bandung tepatnya di kampung Sasak Lemak bekerja sebagai buruh tani dan serabutan yang penghasilannya tidak menentu. Banyak dari warga disana pun yang berstatus janda dan lansia.

Rumah Yatim yang beberapa hari lalu berkunjung ke kampung Sasak Lemak untuk survei penyaluran akhirnya datang kembali untuk menggelar penyaluran sembako. Sebanyak 100 paket sembako yang berisi beras, mie instan dan gula disalurkan kepada 100 warga kampung tersebut. Terlihat raut bahagia ditunjukan warga kampung Sasak Lemak ketika menerima santunan tersebut.

“Bantuan sembako ini merupakan bantuan pertama kami, Alhamdulillah puji Syukur atas nikmat yang telah Allah berikan lewat Rumah Yatim dan para donaturnya. Bantuan ini telah kami terima, Insya Allah bantuan ini akan sangat bermanfaat untuk kami.” Ungkap Yadi salah satu warga kampung Sasak Lemak

Budi salah satu relawan Rumah Yatim mengatakan bahwa proses penyaluran yang digelar pukul 08:00 sampai 11:00 WIB berjalan dengan lancar, masyarakat dan aparat setempat turut membantu menyalurkan bantuan tersebut. "Alhamdulillah sebanyak 100 paket sembako telah tersalurkan kepada yang berhak menerimanya, semoga santunan ini bisa meringankan kebutuhan hidup mereka." pungkas Budi


Update 6 - Bantuan untuk Warga Raden Saleh Lampung​

f2d5a8b65cde718b4a5847ffa734ef8ef73affd6

Rumah Yatim Lampung kembali mengadakan kegiatan penyaluran dana zakat melalui bantuan berupa sembako. Sembako kali ini disalurkan di daerah Raden Saleh, Lampung. Sebanyak 20 janda dan lansia mendapatkan bantuan ini.

Menurut Hendi, Kepala Cabang Rumah Yatim Lampung yang juga turun langsung ke lapangan, para janda dan lansia ini rata-rata bekerja sebagai buruh cuci dan gosok. Ada yang dibayar perhari dan ada pula yang dibayar perbulan.

Untuk perbulan rata-rata jasa mereka dihargai Rp 500 ribu per bulannya. Itu belum dikurangi untuk keperluan harian dan biaya sekolah anak-anak mereka. Alhasil penghasilan bersih para janda ini pun bisa dikatakan minim.

Adapun para lansia kebanyakan berusia 70-80 tahun. Beberapa di antaranya ada yang mengalami sakit-sakitan. Sehari-hari mereka hanya menjaga rumah sementara para wali yang merupakan anak mereka pergi mencari nafkah.

Rumah Yatim berharap bantuan ini dapat dirutinkan. Mengingat para janda terutama memainkan peran ganda sebagai ayah sekaligus bagi anak-anak mereka. Sehingga akan sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin melonjak.


Update 5 - ​Bantuan untuk 100 Pekerja Serabutan

9f2247e110284552a6f006c42c274a5d90ae1e4a

Rumah Yatim area Jawa Barat menyalurkan 100 paket sembako kepada 100 warga kurang mampu diwilayah Rancakasumba RT 05 RW 07 kelurahan Cisaranten Kulon kecamatan Arcamanik,.

Dwi salah satu panitia penyaluran mengatakan bahwa santunan diberikan kepada warga kurang mampu yang notabennya bekerja sebagai pekerja harian lepas dan serabutan. Meskipun lokasi penyaluran santunan termasuk pemukiman menengah keatas, namun masih banyak warga yang tergolong kurang mampu bahkan hidup dibawah garis kemiskinan.

Kegiatan yang dimulai pukul 10:00-12:00 WIB ini telah mendapat respon hangat ketua RW setempat. tidak hanya itu, kegiatan ini pun disambut antusias warga setempat. Dengan sabar mereka menunggu antrean yang sangat panjang.

“ Alhamdulillah acara sukses diselenggarakan dengan lancer dan tertib. Terima kasih kepada aparat keamanan setempat yang turut membantu dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga sembako ini bisa bermanfaat untuk penerima dan menjadi berkah untuk para muzaki yang telah menitipkan amanahnya kepada Rumah Yatim.” Kata Dwi


Update 4 - Rumah Yatim Gelar Pembagian 200 Paket Sembako

e27aa3b8c41e93ff09ccc6c178da5d6269f258e1

Rumah Yatim kembali mengadakan kegiatan penyaluran sembako. Kali ini dilaksanakan bertempat di kantor Rumah Yatim Yogyakarta. Setidaknya 200 sembako dibagikan dalam kegiatan ini.

Menurut Faizin selaku pengurus Rumah Yatim Yogyakarta, kegiatan kali ini tak hanya menyalurkan sembako tetapi juga pakaian layak guna. Pakaian ini diterima dari donatur yang kemudian dikumpulkan dan diberikan kepada masyarakat.

Sebelum pembagian sembako dimulai ,pembagian pakaian terlebih dahulu dilaksanakan. Masyarakat bebas memilih sendiri pakaian yang diminati. Setelahnya, dilanjut dengan pembagian sembako untuk lima orang setiap sesinya.

Kegiatan ini disambut positif oleh masyarakat. Terutama sembako yang mengalami naik turun menjelang bahkan selama Ramadhan.

“Alhamdulillah meski jumlahnya cukup besar, kegiatan berjalan tertib dan lancar. Dan kegiatan juga lebih cepat selesai dari target waktu. “ jelas Faizin.

Faizin mengaku puas telah menyelenggarakan kegiatan ini karena menjadikan gaung Rumah Yatim lebih besar lagi dalam hal meringankan beban umat utamanya permasalahan ekonomi. Harapannya ke depan Rumah Yatim dapat menyampaikan bantuan lebih beragam dan banyak lagi serta terus dapat menjalin silaturahim dengan masyarakat.


Update 3 - Bantuan Biaya Hidup di 3 Kecamatan

41969b24741effe5b42015bfecb2e6cdb6709b1c

Dapat membantu sesama melahirkan kebahagiaan tersendiri bagi Rumah Yatim. Program-program yang terealisasi sebelumnya mendapatkan respon yang baik dari seluruh masyarakat, baik dari mustahik maupun pihak donator itu sendiri. Prestasi semacam ini yang selalu membuat Rumah Yatim terus bersemangat dalam mensukseskan berbagai kegiatan, termasuk Bantuan Biaya Hidup bagi pasra mustahik.

Kali ini Rumah Yatim menyusuri wilayah Pejaten Barat, Pekayon dan Cinere untuk membantu 20 orang jompo dan dhuafa. Pemberian bantuan berupa santunan tunai pun, langsung diserahkan kepada para mustahik di kediamannya masing-masing. Saat ditemui oleh tim Rumah Yatim, ada tiga orang jompo yang sedang terbaring sakit. Mereka merasa bahagia saat tahu ada pihak Rumah Yatim yang langsung ke rumah, memberikan Bantuan Biaya Hidup. Selain itu, ada beberapa dari mereka juga yang sedang sibuk melakukan aktifitas keseharian.

“Untuk jompo yang kita berikan Bantuan Biaya Hidup kisaran usia 60-75 tahun. Ada sekitar 12 jompo, dan 8 orang dhuafa untuk kuota Bantuan Biaya Hidup yang Rumah Yatim siapkan bagi 3 wilayah tersebut” ungkap Ali Ridwan

Penyerahan Bantuan Biaya Hidup dilakukan secara door to door oleh relawan Rumah Yatim. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10 pagi hingga menjelang Magrib tersebut berhasil mendapatkan target Mustahik yang diharapkan. Untuk selanjutnya, Rumah Yatim akan kembali menerjunkan timnya untuk melaksanakan program seperti, Bantuan Peduli Sesama dan Bantuan Sarana Publik dalam kurun waktu dekat di Daerah Jakarta.


Update 2 - ​Biaya Hidup untuk Masyarakat Sekotong Lombok

61bbbd174d7980ab970b4a0ee80eb7a434afe145

Sekotong Lombok Barat bukan tempat asing bagi Rumah Yatim Cabang NTB, sudah berapa kali Rumah yatim mengadakan santunan disana, bahkan di tempat tersebut ada mitra yang rutin mendapatkan bantuan dana. Kini Rumah Yatim kembali menyambangi pegunungan yang asri ini untuk menyalurkan bantuan biaya hidup untuk 20 mustahik di Dusun Mertamas Desa Kedaro.

Menurut Amir Sumarna kepala Cabang Rumah Yatim NTB, rata-rata mata pencaharian orang-orang disana adalah petani dan pengembala, akses ke kota yang cukup jauh membuat mereka terisolir dan menggantungkan hidup pada alam yang ada, ditambah tingkat pendidikan yang rendah pun mengakibatkan mereka tak memiliki ide lain untuk mencari mata pencaharian lainnya.

“Untuk ke sekolah, mereka harus menempuh perjalanan hingga 5 km.” paparnya.

Selain itu kemiskinan pun diperparah oleh sumber air yang letaknya sangat jauh, untuk mendapatkannya harus berjalan hingga 2 km. Maka tak heran saat Rumah Yatim berkunjung ketempat mereka, sambutan hangat bahkan air mata kebahagiaan mengalir dari mereka, karena santunan biaya hidup yang diberikan sangat berarti bagi mereka yang penghasilannya tak seberapa itu.

11c9856d1d5bd699a2824582f7d862cc4831cfd8

“Meski perjalanan cukup menyita waktu dan tenaga, tapi semuanya terbayar, Alhamdulillah kami menyalukan ketempat yang tepat dan mereka pun sampai menangis saat mendapatkan santunan itu.” Tutup Salma Hasanah, Ibu asrama yang turut mendampingi dalam pembagian santunan tersebut.


Update 1 - Bantuan Pipa untuk Daerah Sulit Air

1f5bbca06f59e49c9a5bf97d10058768fb5cb45e

Mengawali program di pertengahan tahun ini, Rumah Yatim Yogyakarta melaksanakan penyaluran bantuan sarana publik. Adapun sarana yang diperbantukan ialah saluran air milik warga di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo.

Desa Purwosari termasuk kategori desa yang masih mengalami kesulitan air. Bahkan di musim kemarau, air akan sangat susah sehingga membuat warga mengalami kesulitan pula dalam beraktivitas.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim pun dengan sigap memutuskan untuk menyalurkan bantuan ke desa ini. Sebanyak 43 pipa air diberikan langsung kepada Nurkahono, ketua pengelola proyek air untuk warga ini.

Berlangsung mulai pukul 12.00 hingga pukul 15.00 WIB, bantuan pun sukses disalurkan dan mendapat sambutan yang baik pula dari masyarakat.

“Terima kasih kami sampaikan pada Rumah Yatim yang telah memberikan kepedulian pada masyarakat desa kami. Semoga bantuan ini menjadi amal bagi Rumah Yatim dan tentunya bermanfaat bagi warga sekitar.” Ujar Nurkahono.

Sebelumnya, di desa ini Rumah Yatim turun untuk memberikan bantuan biaya hidup kepada Teplu. Bantuan ini akhirnya menjadi viral di salah satu situs berita sehingga diangkat pula oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Kedepannya Rumah Yatim akan melihat progres dari proyek ini dan jika memungkinkan akan diberikan bantuan berkelanjutan.

#RumahYatim
#ZakatuntukPerubahan

www.rumah-yatim.org


Secara universal kemiskinan di Indonesia (khususnya) bisa diidentifikasi menjadi dua kategori: kemiskinan kultural dan kemiskinan struktural. Kedua jenis kemiskinan ini sangat berkaitan erat dalam tatanan kehidupan sosial.

Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang sifatnya teologis, lebih bertumpu pada mental dan spiritual. Artinya kemiskinan kultural ini tidak disebabkan oleh kurangnya materi atau kekayaan, tetapi lebih disebabkan oleh krisis mental dan rapuhnya tatanan iman dan pemahaman agama seseorang sehingga harta yang melimpahpun tak mengurangi “Kemiskinan” jiwanya yang rakus.

Sementara jenis kemiskinan kedua adalah kemiskinan stuktural. Kemiskinan struktural ini lebih bersifat sosialis, yang ditandai dengan kurangnya materi dan lemahnya ekonomi.

Melihat realita kondisi masyarakat saat ini, yang memiliki kesenjangan sosial yang begitu besar sebagai dampak dari dua kemiskinan tersebut, maka sudah saatnya “Spirit Zakat” sebagai penegak keadilan sosial harus benar-benar ditegakkan. Untuk menumbuhkan dampak “Perubahan” yang lebih besar dan luas di masyarakat.

Untuk mengimplementasikan misi ini tidak cukup mengaktualisasikan zakat hanya sebatas doktrinal tanpa membangun spirit transformasi sosial. Spirit zakat ini harus diorientasikan untuk merubah kondisi yang timpang itu menjadi sebuah keadilan sosial yang menyeluruh.

Dengan spirit Zakat, orang yang kaya secara material harus dituntut bersedia berbagi dengan masyarakat yang miskin secara struktural sehingga nantinya orang-orang miskin struktural ini tidak lagi menjadi masyarakat miskin yang selalu diberi zakat (Mustahik), tetapi bisa berubah menjadi masyarakat yang mandiri dan nantinya bisa menjadi orang yang mampu untuk memberi zakat (Muzaki).

Zakat untuk Perubahan adalah sebuah keniscayaan. Ibadah Zakat bukan hanya dipraktekkan sebagai pemenuhan kewajiban rukun Islam tanpa disemangati untuk merubah tatanan sosial. Zakat bisa merubah kemiskinan kultural karena sesungguhnya zakat itu mengajarkan tentang rasa syukur dan kepedulian, Zakat juga mampu merubah kemiskinan struktural karena zakat juga mengajarkan arti sabar dan kemandirian.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Profesional, Rumah Yatim memiliki sebuah prinsip dan keyakinan bahwa Ibadah Zakat yang diimplementasikan secara benar, bukan hanya mampu menggugurkan kewajiban ritual namun juga sekaligus menjadi sebuah media sangat efektif dalam melakukan perubahan tatanan sosial yang berkeadilan.

5549c8e5efe35cefd0be858f38b3338215a38945

Melalui dana Zakat, para mustahik yang berstatus fakir, miskin dan para lansia, menjadi prioritas utama kami, dalam penyaluran bantuan yang bersifat konsumtif seperti Bantuan Biaya Hidup dan Bantuan Sembako.

ccb4e9a8f328a00e49e8e0b1d92e86c3605e26cf

Dalam membantu pemerintah untuk memajukan sektor ekonomi lokal, Rumah Yatim menyediakan bantuan bagi para petani dan pengusaha kecil dalam bentuk bantuan modal usaha, bibit, serta bantuan mesin produksi. Setelah pemberian bantuan, kegiatan monitoring pun dijalankan, hingga para petani dan pengusaha kecil tersebut bisa menghasilkan produk yang memiliki daya saing dengan produk yang telah ada sebelumnya.

819313a303e0e9de92e51920a687cebc060433fe

Selain itu Rumah Yatim pun telah berhasil menyediakan layanan kesehatan murah, dan fasilitas ambulan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Program penyuluhan kesehatan pun dicanangkan dengan membentuk tim relawan kesehatan, yang secara berkala menyisir wilayah pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang minim dan sulit terjangkau. Selain melakukan edukasi terhadap wabah penyakit yang diderita secara umum, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan pun dibebaskan dari pungutan biaya.

bf3ea9678cc7175b46c1911be142935b00c436b2

Demi menjalankan amanah untuk terus memberikan kehidupan yang lebih baik bagi anak yatim, dhuafa serta masyarakat pada umumnya, Kami mengajak Anda, untuk membantu sesama dengan berperan aktif dalam menunaikan 2,5% kewajiban zakat dari penghasilan, melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim.

Besar kecilnya harta yang dikeluarkan, berarti besar untuk merubah tatanan kehidupan sosial secara menyeluruh, mulai diri sendiri.

"Zakat untuk Perubahan ... "

Salurkan Bantuan anda dengan cara:

1. Klik tombol hijau "Tunaikan Zakat"
2. Isi data diri dan pilih cara pembayaran.
3. Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui social media anda.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner dan tidak mewakili Kitabisa

TUNAIKAN ZAKAT

Donatur 238

  • Rp. 5.000.779
    Anonim
  • Rp. 5.000.516
    Anonim
  • Rp. 5.000.320
    Tes
  • Rp. 5.000.278
    handini

    agar bisa membantu pendidikan mereka sehingga mereka bisa berdikari

  • Rp. 3.000.993
    Anonim
  • Rp. 2.250.964
    Anonim
  • Rp. 1.500.402
    Anonim
  • Rp. 1.300.107
    Anonim
  • Rp. 1.200.658
    Anonim
  • Rp. 1.000.978
    Anonim
SHOW MORE
SHOW MORE

Apa itu Fundraiser?

Fundraiser adalah status yang Anda dapat saat berhasil mengajak teman berdonasi

Ingin menjadi Fundraiser untuk campaign ini?


Silakan Masuk untuk mendapatkan link Fundraiser Anda
Pesan kamu akan langsung terkirim ke Rumah Yatim

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?