Kitabisa! - Ulang Tahun Iqbal Untuk Siti
Mau buat campaign 'Fundraising Birthday' Anda sendiri? Klik Disini

Ulang Tahun Iqbal Untuk Siti

Ulang Tahun Iqbal Untuk Siti
Gue ga pernah ngerayain ulang tahun seumur hidup. Tapi 18 November tahun ini, bantu gue persembahkan ulang tahun gue buat Siti, penderita Kanker Retinoblastoma.
Campaigner (Social Media)
Iqbal Hariadi Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 7.570.571

terkumpul dari target Rp 1.500.000
505% terkumpul 0 hari lagi
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang kamu kumpulkan akan disalurkan ke Ulang Tahun Iqbal Untuk Siti

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan

Update 5 - Thanks Guys, Siti Kembali Tersenyum :)

Sudah lama sekali sejak saya terakhir update Siti.

Terakhir, waktu saya bilang bahwa saya akan berkunjung ke rumah Siti, yang ternyata sudah 3 bulan yang lalu.

Saya tidak mau bikin alasan apa-apa, saya hanya ingin akui saya khilaf untuk update simply karena sibuk dengan pekerjaan. Untuk hal itu, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

Karenanya, ingin saya tebus sekarang dengan membuat update tentang beberapa hal penting mengenai Siti dan campaign ulang tahun ini.

1. Berkunjung ke Rumah Siti

f5eb23e89595f25e8898ce7d212f7f8eaf89fd41

Tanggal 16 Desember 2015, saya, Katri, Bu Yani, dan Mas Bowo dari Komunitas Taufan berkunjung ke Rumah Siti di daerah Cengkareng.

Sebelum ke sana, kami mampir di toko sepeda untuk membelikan Siti sepeda roda tiga. Kata Bu Yani, Siti sudah lama pengen punya sepeda roda tiga.

Sampai di lokasi rumah Siti, saya cukup kaget. Ternyata benar, rumah Siti dan orangtuanya ada di tempat pembuangan sampah, semacam TPA. Di balik tumpukan sampah, di sana Siti tinggal bersama beberapa keluarga lain yang berprofesi sebagai pemulung.

Kami disambut Mama Siti dan Sitinya sendiri yang asik bermain. Kami bawakan dua kotak susu, pampers, dan sepeda roda tiga untuk Siti. Siti senang bukan main dan langsung menaiki sepeda yang kami bawakan.

ec2c6ecf7ac0905926fd1ae5cca6539785ba33de

Selama berinteraksi dengan Siti, saya sangat terinspirasi karena Siti benar-benar seperti anak-anak seumurannya; polos, mulai cerewet bicara ini itu, dan lucu menggemaskan.

Dan mungkin kekuatannya berjuang yang juga menggerakkan teman-teman untuk jadi cara Tuhan memberikan kasih sayang-Nya untuk Siti.

Uang donasi yang terkumpul di campaign https://kitabisa.com/ulangtahuniqbal sebanyak 7,5 juta. Sebagian digunakan untuk membeli susu, pampers, sepeda roda tiga, dan sisanya dalam bentuk uang untuk biaya non-medis pengobatan Siti, seperti transportasi dari dan ke rumah sakit serta keperluan lainnya. Uang diberikan secara berkala melalui Komunitas Taufan ke Mama Siti.

Saya ingin bercerita lebih banyak melalui gambar, tapi saat kunjungan ke sana, saya lebih banyak mengambil video dibanding foto. Ada banyak video yang menggambarkan proses kunjungan kami ke sana, akan segera saya update lagi setelah videonya diedit dan sudah bisa ditonton :)


2. Berbagi Ulang Tahun Jadi Gerakan!

1c57824cdb720c0f97d2fefc1c5b538b4bd9e830

Saat saya ingin memulai campaign Ulang Tahun ini, alasan pertama adalah gemas karena budaya ulang tahun harusnya bisa jadi cara kita berbagi pada banyak orang.

Dan ternyata hal ini bisa jadi kenyataan.

Setelah teman-teman semua berpartisipasi mensukseskan campaign ini, hingga 500% dari target awalnya, banyak teman-teman saya yang menanyakan bagaimana caranya untuk ikut melakukan hal yang sama: merayakan ulang tahun untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Dari sana, ada teman saya Ardian yang merayakan ulang tahunnya untuk Bintang https://kitabisa.com/ulangtahunardian

Ada Yuyus yang merayakan ulang tahunnya untuk Rafa https://kitabisa.com/ultahyuyus

Ada Retno yang merayakan ulang tahunnya untuk Pak Romadhon (Tuna Netra) https://kitabisa.com/ulangtahunretno

Ada Ghilman yang merayakan ulang tahunnya untuk Kaysa https://kitabisa.com/ulangtahunghilman

Dan masih banyak lagi yang lanjut ikutan menjalankan semangat yang sama. Bahwa kebahagiaan ulang tahun harusnya bukan hanya untuk kita, tapi juga mengajak orang-orang di sekitar kita berbagi kebahagiaan pada orang lain yang lebih membutuhkan di luar sana.

Saya yakin ini akan jadi tren baru di Indonesia. Ketika seseorang mempersembahkan hari bahagianya bagi orang lain yang lebih membutuhkan, dan menarik semua orang di sekitar kita pada lingkaran kebaikan.

Karena dukungan teman-teman semua, saya semakin yakin: kebaikan itu menular. Kebaikan itu membahagiakan. Dan berbuat baik itu bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan.

Karenanya jika ada teman-teman yang ingin melakukan hal yang sama, tinggal kontak saya melalui email [email protected] atau line di iqbal.hariadi, nanti saya akan bantu untuk membuat campaign ulang tahun yang sama. Jika belum ada orang yang dibantu, saya bisa connect dengan pasien dampingan Komunitas Taufan ataupun isu-isu sosial lain yang ada di Kitabisa.com.

This is a very fun and easy way to do good things. And you should join.

3. Senyum Siti :)

Terakhir, saya dapat update dari Bu Yani bahwa Siti sekarang sudah menggunakan Prothesa untuk matanya

947a830ca98c80fb07005a7029f387e3967f470e

Senang sekali rasanya bisa melihat Siti yang sebelumnya menggunakan perban di matanya, sekarang bisa tersenyum dengan mata barunya :)

Dan semua ini berkat donasi teman-teman untuk Siti. Sekarang, di usianya yang akan memasuki sekolah, Siti bisa lebih pede bermain dengan teman-temannya.


Terima kasih semuanya, semoga Tuhan yang membalas kebaikan kalian semua. Dan semoga kebaikan ini tidak berhenti sampai di sini, ayo teruskan rantai kebaikan agar lebih banyak Siti lain yang bisa kita ukir kembali senyuman di wajah mereka.

Salam kebaikan :)

Iqbal Hariadi (@iqbalhape)

Update 4 - Besok, Saya Akan Berkunjung Ke Rumah Siti

Hai teman-teman,

Besok (16/12), saya dan mas bowo dari Komunitas Taufan berencana untuk berkunjung ke rumah Siti dan orang tuanya di Cengkareng. Saya ingin bertemu dengan Siti dan menyampaikan donasi teman-teman secara simbolis. Secara teknis, donasi yang terkumpul sudah disalurkan ke Yayasan Komunitas Taufan, serta sudah dan akan terus disalurkan secara bertahap ke keluarga Siti.

Saya akan buat dokumentasi selama kunjungan saya nanti, agar teman-teman bisa mendapatkan update tentang kondisi Siti. Jika ada pesan/pertanyaan yang ingin teman-teman tanyakan ke Siti atau keluarganya, bisa titip ke saya via email ([email protected]), twitter (@iqbalhape), atau Line: iqbal.hariadi.

Thanks a ton!


Update 3 - #SupportSiti: Fun Trip ke Godong Ijo

Melalui email Kitabisa, saya akan terus memberikan update tentang aktivitas Siti dengan sumber dari Komunitas Taufan.


Minggu 8 November kemarin, Komunitas Taufan mengajak Siti dan 14 orang pasien dampingan untuk ‪#‎FunTrip‬ ke Godong Ijo, Depok.

Bertamasya sejenak, istirahat dari rutinitas rumah sakit yang melelahkan, bersenang-senang bersama relawan-relawan yang menyemangati dengan kegiatan positif.

Perjalanan menuju Godong Ijo dengan bus Big Bird hanya memakan waktu 1 jam saja. Meski begitu, semua pasien tampak tak sabar untuk cepat-cepat sampai.

5157d779e68826aac068dadd07006408913faad8

Tim Godong Ijo menyambut kami penuh antusias dengan serangkaian kegiatan yang sudah disiapkan untuk kami semua. Diawali dengan pemutaran video tentang Pelestarian Alam. Diikuti oleh permainan kecil untuk menambah semangat adik-adik pasien. Kemudian memberi makan binatang-binatang yang ada disana, mengecat wayang, menanam tanaman Isora, bermain di taman reptil, serta menangkap ikan.a9e8535f18012a402a50cd9f48bc07508885f607

Ada santunan bagi tiap orangtua pasien, serta bingkisan berupa tas sekolah, buku dan tempat pensil untuk semua pasien.

Siti pun ikut bermain bersama teman-teman lainnya.70eb5fecec277431555f1e1ad7a0b4803c69b867

Terimakasih Kak Resida atas donasi yang luar biasa besar manfaatnya bagi pasien-pasien dampingan Komunitas Taufan. Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan kebahagiaan untuk semua donatur terhormat.

bd32516420172d569acec3157a347b280e395d9a

Untuk teman-teman yang ingin update lengkap atau ingin membantu lebih banyak, bisa cek facebook Komunitas Taufan.

Dan satu lagi, besok akan ada semacam acara puncak untuk penggalangan dana untuk pasien dampingan Komunitas Taufan. Kalo mau ikutan, bisa cek poster di bawah.

11a66d8457414689039f0ead1b5b26155ce9c656

Salam hangat,

Iqbal Hariadi


Update 2 - #SupportSiti: We Did It!

Halo teman-teman,

Pertama, saya mau minta maaf karena cukup lama tidak update perkembangan tentang campaign Support Siti.

Campaign ini selesai 3 hari yang lalu, tapi ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa saya tinggal sehingga baru bisa update sekarang.

Kedua, saya bersyukur luar biasa didukung orang-orang hebat berhati emas. Like you guys.

Inisiatif ini berawal dari keinginan saya bikin sesuatu yang beda untuk gerakan Movember. Di Movember (kitabisa.com/partners/movember), fundraiser lain menggalang dana dengan memanjangkan kumis. Sedangkan saya punya ikatan khusus dengan bulan November; bulan dimana saya lahir dan saya ingin merayakan ulang tahun saya untuk pertama kalinya.

Saat diluncurkan pertama kali, targetnya hanya 1 juta. Saya minta dukungan ke beberapa teman, dan dalam satu hari langsung terdanai. Pasalnya, sahabat baik saya - @harisokirio - langsung donasi besar dan target terdanai seketika.

Maka besoknya, saya menaikkan target menjadi 1,5 juta.

Dalam waktu satu hari, target itu juga langsung terpenuhi. Dan saya memutuskan untuk terus berjalan dan menggalang dana sebanyak-banyaknya.

Tepat 18 November, ulang tahun saya, terkumpul 4,5 juta untuk #SupportSiti.

58399ba452bf99c2a62b5268c19689178d5479be

Saya membuat foto itu di malam hari. Dan belum sempat saya posting, besok paginya ternyata angkanya sudah tembus 5 juta! Karena saya malas buat desain lagi, akhirnya saya buat dengan tulisan tangan.

2629cd3563a45079c2574aec30ba9d485d4faddb

Saya berniat untuk posting foto ini esok harinya, dan ternyata angkanya terus berubah. Sampai saya menunggu tanggal campaign ini selesai (22/11) dan akhirnya ini dia totalnya.

9a78a4e0c685fa98f4dc12823f5e065cb94051f4

Sebenarnya masih salah. Kalau kita cek sekarang, totalnya ternyata lebih dari 7,5 juta. 500% lebih dari target awal :))

Bukti bahwa orang baik ada dimana-mana. Mereka yang selalu siap turun tangan dan berpatungan untuk kebaikan.

Dan itu semua ada pada teman-teman semuanya. Terima kasih untuk hadiah ulang tahun ke 23 buat saya. Terima kasih telah mempercayai saya sebagai jembatan kebaikan untuk Siti.

Saya akan menuntaskan janji saya, terutama untuk reward traktiran makan dan feature di podcast saya Subjective (soundcloud.com/iqbalhariadi). Saya akan kontak satu per satu untuk memastikan saya menyelesaikan semuanya.


Untuk penyerahan donasi, uangnya akan ditransfer langsung ke Komunitas Taufan, dan nanti saya juga akan diajak untuk bertemu langsung dengan Siti dan keluarganya. Nantinya saya akan update juga ke teman-teman untuk tanggal pastinya, siapa tau ada teman-teman yang bisa ikutan untuk ketemu langsung dengan Siti nantinya.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, bisa tanya ke saya via email [email protected], line: iqbal.hariadi, atau whatsapp di 085717004165.

Salam hangat,


Update 1 - You Guys Are Hero!

Thank you guys!

Waktu pertama kali terpikir untuk membantu Siti dan tercetus ide untuk melakukan campaign, saya yakin sekali akan ada yang bantu.

Tapi saya ga nyangka yang bantu sebanyak ini. Dari target awal 1 juta, langsung tercapai di hari pertama! Lalu dinaikkan ke 1,5 juta dan terdanai kurang dari seminggu!

Belum lagi dukungan di sosial media, terutama dengan reblog di Tumblr dan Share di Facebook.c51d0ca0d2666a68834a0372ddf4c4e0f6cbdf1e

Bahkan saya lebih kaget lagi karena banyak sekali dukungan dari teman-teman yang belum kenal sebelumnya. Saya sangat senang niat baik membantu Siti yang menjadi jembatan kita bisa saling mengenal. Semoga jadi awalan pertemanan yang baik dan menghasilkan kebaikan yang lebih banyak.

Campaign masih berjalan 4 hari lagi. Dan meskipun target sudah tercapai, semoga lebih banyak lagi dukungan yang bertambah sehingga bisa membantu Siti dan keluarganya jauh lebih banyak.

Semoga semua kebaikan teman-teman dibalas dengan kebaikan yang jauh lebih baik di dunia dan akhirat.

Salam kebaikan :)


Saya tidak pernah merayakan ulang tahun seumur hidup saya.

Serius. Tidak pernah satu kali pun saya secara sadar membuat pesta yang judulnya perayaan ulang tahun dan datangnya dari saya.

Alasannya ada dua, dan sederhana saja. Pertama, karena memang tidak ada budaya merayakan ulang tahun di keluarga saya. Kedua, yang juga menjadi alasan untuk alasan pertama, karena ulang tahun bagi saya tidak penting-penting amat.
Apa sih pentingnya ulang tahun? Alibi beberapa orang, ulang tahun penting dirayakan untuk bersyukur. Evaluasi. Muhasabah.

Sayangnya (atau syukurnya) saya diajarkan untuk melakukannya setiap hari, minggu, dan bulan. Saya tidak merasa butuh momen khusus yang sifatnya tahunan untuk melakukannya.

Sebenarnya ada alasan lain. Tapi ini lebih pada bentuk penolakan pada kesalahan yang saya lihat di sekitar saya. Saya tidak suka melihat perayaan ulang tahun yang cuma pesta pora. Apalagi budaya ceplok telor, buang-buang terigu, atau lempar teman ke kolam. Lebih banyak sia-sia daripada manfaatnya. Seringkali tidak masuk akal di benak saya. Terlebih kalo isinya cuma buang-buang makanan, tawa-tiwi sana-sini, dan hura-hura haha-hihi.

Bagi saya ulang tahun memang tidak sepenting itu.

Sampai saya sadar satu hal.

Semakin luas pergaulan, semakin banyak pula saya bertemu orang-orang. Dan diantara mereka, ada orang-orang yang punya ikatan emosional dengan ulang tahun.

Bagi orang-orang tertentu, ulang tahun sangat penting. Bukan karena mereka ingin merayakannya, tapi karena setiap waktu yang mereka lewatkan benar benar tidak tergantikan nilainya.

Mereka yang bahkan tak pernah yakin jika besok masih ada.

Mereka yang setiap detiknya harus berjuang melawan penyakitnya.

Karenanya ketika sampai di hari kelahiran mereka, tak ada yang pantas diucapkan selain syukur dan bergembira atas karunia-Nya.

18 November 2015 ini, saya ingin merayakan ulang tahun untuk pertama kalinya.

Bukan dengan pesta, dan bukan untuk saya.
Tapi untuk pahlawan kecil yang setiap detik hidupnya begitu berharga.

Saya tidak butuh hadiah, tapi bantu saya memberi hadiah untuk dia. Saya ingin ulang tahun saya bisa membuatnya bahagia dan kuat melawan penyakitnya.


a479053aa774dac5dc9e4993185f90158bc9fec9


Namanya Siti. Umurnya 3 tahun, dan sejak usia 3 bulan, bola mata Siti berkilau dan membengkak. Saat diperiksakan ke rumah sakit, diagnosa dokter bilang Retinoblastoma.

Saat pertama diceritakan Mas Bowo dari Komunitas Taufan, saya sendiri yang anak biologi tidak tahu apa itu retinoblastoma. Bahasa simpelnya, Siti terkena kanker mata. Satu tahun lamanya Siti tak mampu berobat karena tidak punya kelengkapan administrasi sebagai pelengkap untuk mendapatkan kartu gratis pengobatan. Orangtua Siti bekerja sebagai pemulung.

Bola mata Siti semakin membesar dan pecah tanpa perawatan medis, hingga dengan getirnya kedua orang tua Siti menyaksikan kesakitan pada buah hatinya. Lalu dengan segala kemampuan, akhirnya Siti bisa menikmati layanan pengobatan gratis dari pemerintah hingga hari ini.

Siti sudah melakukan perawatan dengan kemoterapi hampir 2 tahun dan sudah melakukan operasi. Kini tinggal melakukan 1 kali lagi rangkaian kemoterapi untuk selanjutkan akan di lakukan evaluasi.

Saya tidak pernah ketemu Siti, tapi saya kenal mas Bowo dari Komunitas Taufan. Komunitas Taufan adalah Yayasan yang melakukan pendampingan untuk anak-anak penderita kanker, dan salah satu pasien dampingannya adalah Siti.

Komunitas Taufan mendampingi anak-anak ini untuk kebutuhan non-medis seperti memberikan supply makanan, biaya transportasi ke dan dari rumah sakit, boneka, buku cerita, dan apapun yang bisa membuat mereka bahagia.

a6bb65903bdafbec5f7b92a2cc15926bd379ba2c


Saya ingin ulang tahun kali ini saya rayakan untuk kebahagiaan Siti dan keluarganya.

Untuk membuat Siti kuat dan tidak takluk dengan penyakitnya.

Bantu saya membuat ulang tahun kali ini jauh lebih bermakna.

Rencana Penggunaan Dana


Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu Siti dan keluarga dalam biaya transportasi dari dan ke rumah sakit untuk kemoterapi, susu kotak untuk kesehatan Siti, dan kebutuhan diaper. Target saya 1.500.000, tapi semakin banyak uang yang terkumpul maka semakin besar pula bantuan yang bisa kita berikan untuk Siti. Plus sebagai bagian dari gerakan Movember, I will grow my stache during November.

Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa kontak saya via twitter @iqbalhape, whatsapp di 085717004165 atau Line: iqbal.hariadi

(function(){var qs,js,q,s,d=document,gi=d.getElementById,ce=d.createElement,gt=d.getElementsByTagName,id='typef_orm',b='https://s3-eu-west-1.amazonaws.com/share.typeform.com/';if(!gi.call(d,id)){js=ce.call(d,'script');js.id=id;js.src=b+'widget.js';q=gt.call(d,'script')[0];q.parentNode.insertBefore(js,q)}})()

Powered by Typeform

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 53

SHOW MORE
SHOW MORE
Empty Fundraiser

Galang dana sebagai Fundraiser

Isi form dibawah untuk menjadi Fundraiser campaign "Ulang Tahun Iqbal Untuk Siti"
Setiap donasi yang kamu kumpulkan akan disalurkan ke "Iqbal Hariadi"

Pesan kamu akan langsung terkirim ke Iqbal Hariadi

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?