Kitabisa! - Ayo Ikut Bersyukur di Ultah Steven ke 26!
Ayo Ikut Bersyukur di Ultah Steven ke 26!

Ayo Ikut Bersyukur di Ultah Steven ke 26!

I love to read but I love them to read more. Jadikan mereka generasi muda yang menyenangi buku. Ayo bantu perpustakaan SMA Kristen YPKPM AMBON.
Campaigner (Social Media)
steven sitongan Campaigner Telah Terverifikasi

Rp. 777.558

terkumpul dari target Rp 20.000.000
4% terkumpul 0 hari lagi
Campaign Telah Berakhir
Share ke Facebook


Kode Embed
Salin dan sematkan kode di bawah ini


Campaign ini mencurigakan? Laporkan

Update 4 - Campaign Telah Berakhir

Halo Para Donatur,

Terima kasih sudah berdonasi di campaign Ayo Ikut Bersyukur di Ultah Steven ke 26!!

Anda mendapatkan email ini karena campaign telah diakhiri oleh steven sitongan.

Total donasi yang terkumpul hingga update ini sejumlah Rp 777.558 dari 5 donatur.

Tunggu update berikutnya dari steven sitongan terkait penggunaan dana.

Terima kasih!

Update 3 - Terima kasih

Kampanye donasi perpus sudah berakhir, dengan ini saya mengucapkan banyak terima kasih untuk teman-teman yang sudah berbagi campaign ini, para donatur, dan semua yang mendukung birthday fundraising kita.


SMA Kristen YPKPM per awal Juni 2017, sudah memasuki libur sekolah, maka ijinkan saya untuk menyalurkan donasi kita pada awal tahun pelajaran berikutnya. Nantikan update selanjutnya.


Salam buku itu seru. Salam hangat dari Ambon.

Steven Sitonan.

Ambon 2 Juni 2017


Update 2 - Kunjungan Tim juri penilaian lomba perpus

Teman-teman dapat melihat kondisi perpus SMA Kristen YPKPM Ambon di laman facebook berikut:

"Kunjungan Tim juri penilaian lomba perpustakaan SMA Tingkat Provinsi Maluku."

https://www.facebook.com/smakrisypkpm/photos/pcb.1...


Update 1 - Update 1 - 29 Mei 2017.

Selamat sore teman-teman semua, Salam hangat dari Ambon.

Puji Tuhan. Saat ini donasi yang terkumpul telah mencapai 3%. Kemudian ada 1 paket buku dari kak Nana (Member BBI Jakarta).

Galang Dana ini hingga sore ini telah dilihat sebanyak 703 kali.

Saya kira selain birthday fundraising yang berakhir besok. Ada beberapa pilihan untuk membantu perpustakaan SMA Kristen YPKPM Ambon sbb:

1. Dengan bantuan dana.

2. Dengan mengirim bacaan (bahasa inggris, sains, novel populer) langsung ke alamat sekolah. JL. Diponegoro no. 61. Ambon 97127. No. Telepon: (0911 - 344673)

Yuk manfaatkan pengiriman buku gratis setiap tanggal 17 di kantor Pos.

Maksimal 10 kg.

Terakhir, dari obrolan saya dengan ibu Vonny, staf perpus. Salah satu kebutuhan penting perpus ini adalah pemutar cd, yang dipakai untuk listening materi bahasa inggris.

Terima kasih atas perhatiannya. Salam buku itu seru.



Hai, Saya, Steven, di akhir bulan Mei tepatnya tanggal 30 akan berulang tahun ke 26.

Saya seorang blogger buku di komunitas Blogger Buku Indonesia (BBI).

Tapi di ulang tahun ini, fokusnya bukan tentang saya, kawan. Ijinkan saya berbagi sedikit keresahan saya.

2eb33c35e48af21884d041af4ad79a9563266a3e

Di dekat tempat tinggal saya ada sebuah sekolah. SMA Kristen YPKPM namanya. Dari laman web sekolah, kita akan mendapati sekolah ini berfokus pada penguatan SDM di dalamnya. Ada kerja sama dengan Pesta Pendidikan yang digagas Kampus Cikal. Di awal tahun ada pelatihan dari Ibu Weilin Han, seorang pengajar yang juga mendampingi pengajar muda di Gerakan Indonesia Mengajar.

Akses Perpustakaan.

Perpustakaan milik SMA ini baru saja mengoptimalkan perpustakaan miliknya dengan sistem terkomputerisasi. Jika teman-teman sudah terbiasa menggunakan layanan mandiri ketika meminjam buku di perpus, setelah menelusuri buku-buku di rak yang tak terbilang panjangnya, menumpuk buku di counter, sembari mengecek barcode, dan tak lupa mengecap di kartu pinjam. Kawan-kawan kita baru saja mengalami pengalaman tersebut.

b408c53035851c96d1bcbbfa4472f661f8fbac16

***

"Employ your time in improving yourself by other men's writing, so that you shall come easily by what others have labored hard for" anjuran filsuf Yunani, Socraters.

"There are worse crimes than burning books. One of them is not reading them."- Joseph Alexandrovitch Bodsky.

Saya sepakat dengan keduanya. Namun coba bayangkan kalau mereka (siswa-siswi) SMA YPKPM jarang berkenalan dengan buku, bahkan tidak sempat membaca, karena ketersediaan buku yang belum optimal. Maksud saya ragam jenis buku di dalam koleksi perpustakaan sekolah. Buku fiksi dan nonfiksi. Selain buku umum semacam buku wajib yang mendukung kegiatan belajar.

c9662703ebf6de102aa23d58dc7a5e2d7fabcdaf

Di Ambon bahkan sempat ada promosi di toko buku : "pelajar boleh membeli buku di tempat kami dengan mencicil". Sedemikian tingginya pengertian pemilik toko buku sehingga memudahkan para pembaca muda untuk memiliki buku idaman. Namun tentu saja hal terbaik yang bisa dimiliki para pembaca muda ini adalah memiliki perpustakaan dengan koleksi yang baik.

***

Steven, terus apa bagusnya punya banyak koleksi buku di perpustakaan?

Tentu saja ini sebuah kemewahan sederhana yang jarang kita sadari. Melalui aneka macam buku dari berbagai jenis genre dan latar belakang pengarang, seseorang akan diajak belajar menghargai perbedaan dan mengembangkan perbedaan, sumber konstruktif untuk memajukan kesejahteraan. Ini saya sarikan dari nilai yang dimiliki Jakob Oetama (Syukur Tiada Akhir, 2015).

Budaya Baca

Sekali lagi tentang budaya baca, menumbuhkan budaya baca adalah tugas semua pihak selain pengelola sekolah.

Kita semua yakin dan berharap generasi muda yang akan mengelola Maluku kelak adalah generasi muda yang tumbuh menjadi sosok pemimpin.

Salah satu poin menjadi seorang pemimpin, yang saya pelajari dari Sir Alex Ferguson, manager tersukses klub Manchester United adalah membekali diri dengan membaca. Di dalam bab pertama "Memimpin", Sir Alex berujar:

"Saya menyadari bahwa kita dibentuk oleh banyak hal selain mengamati, mendengarkan, dan membaca. Kita semua adalah hasil percampuran DNA kedua orangtua kita; kita dibentuk oleh nasib, kondisi masa pertumbuhan, dan pendidikan yang kita terima. Namun, kita semua punya dua set alat hebat yang kita kendalikan sepenuhnya: mata dan telinga. Mengamati orang lain, mendengarkan saran mereka, dan membaca mengenai orang lain adalah tiga hal terbaik yang pernah saya lakukan."

***

Di kesempatan ini saya mengajak teman-teman semua turut merayakan ulang tahun saya ke 26 ini. Mari bersama-sama mendukung gerakan literasi di perpustakaan milik SMA Kristen YPKPM Ambon.

Terakhir. Dari obrolan saya dengan Ibu Vonny Pattipawae, staf pengelola, 3 Mei 2017, beliau mengungkapkan tambahan koleksi buku sangat dibutuhkan. "Di sekolah ada 18 sudut baca, yang dikelola masing-masing kelas. Untuk buku pelajaran disesuaikan dengan kurikulum berjalan. Kami masih butuh banyak koleksi buku." ujarnya saat ditanya tentang kebutuhan koleksi di luar buku penunjang pembelajaran.

Siang itu dari perbincangan singkat di toko, saya menangkap kesan kalau perpus ini memiliki semangat untuk memajukan literasi di sekolahnya. "Tahun lalu, kami juara harapan 1 lomba perpustakaan. Bukan hanya tingkat kota. Tapi di tingkat provinsi." dengan semangat.

Minggu lalu, kala Ambon sedang mendung, menyempatkan mampir ke toko, ibu guru membeli kado. Beliau mengatakan kelak perpus mereka akan dibuka untuk umum. Ini kabar yang menggembirakan hati.

"Sementara ini belum. Karena belum dibuatkan kartu anggotanya." ungkap ibu Vonny siang ini. Nantinya koleksi mereka akan bisa diakses khalayak umum. Oase bagi dahaga intelektual pelajar muda di kota kami.


Terima kasih banyak, Tuhan memberkati.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner dan tidak mewakili Kitabisa

Donatur 5

  • Rp. 250.551
    Anonim

    Terus membaca terus bergerak

  • Rp. 250.365
    Parker Casio Patty

    Happt birthday Epen :) jadi berkat

  • Rp. 200.988
    Anonim
  • Rp. 50.549
    Anonim
  • Rp. 25.105
    Anonim
  • Rp. 250.551
    Anonim

    Terus membaca terus bergerak

  • Rp. 250.365
    Parker Casio Patty

    Happt birthday Epen :) jadi berkat

  • Rp. 200.988
    Anonim
  • Rp. 50.549
    Anonim
  • Rp. 25.105
    Anonim

Apa itu Fundraiser?

Fundraiser adalah status yang Anda dapat saat berhasil mengajak teman berdonasi

Ingin menjadi Fundraiser untuk campaign ini?


Silakan Masuk untuk mendapatkan link Fundraiser Anda
Pesan kamu akan langsung terkirim ke steven sitongan

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?