Kitabisa! - Yuk Bantu Bebaskan Indonesia dari Riba
info_outline Donasi pada campaign support fundraiser ini akan langsung masuk ke Campaign Induk

Yuk Bantu Bebaskan Indonesia dari Riba

Yuk Bantu Bebaskan Indonesia dari Riba
Bersama kita berantas riba di Indonesia, Bantu ribapedia membangun aplikasi edukasi riba dan program nonprofit pendampingan hijrah dari riba.
Campaigner
Tribun Islam Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 100.973

terkumpul dari target Rp 1.000.000
10% terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke Bantu ribapedia Bebaskan Indonesia dari Riba

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan

Terlihat seorang ibu yang tertunduk lesu karena ia baru saja menyadari bahwa uang yang beliau pinjam sebesar 20 juta beberapa tahun yang lalu membengkak luar biasa menjadi 70 juta. Di seberang sana ada Bapak paruh baya yang tak kuasa menahan tangis lantaran rumahnya akan dilelang oleh pihak bank.

Ini adalah segelintir contoh permasalahan yang sangat banyak dan sangat mudah ditemui di tengah umat. Tidak peduli di pelosok kampung maupun di tengah-tengah kota besar. Pria wanita tua dan muda, tidak luput dari serangan riba ini.

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) gila.” (QS. Al Baqarah: 275)

Sudah jelas digambarkan dalam Al Quran surat al-baqarah ayat 275 bahwa orang yang mengambil riba akan mendapatkan tekanan hidup yang luar biasa. Lantas kenapa banyak sekali kaum muslimin yang mengambil atau terjebak dan terjerumus ke dalam jurang riba?

Ada tiga hal yang menyebabkannya, yaitu (1) Banyak orang yang tidak tahu bahwa riba itu perbuatan dosa. (2) Banyak juga diantara mereka yang tahu bahwa riba itu perbuatan dosa namun tidak tahu sebesar apa dosa riba. Jika saja seseorang tahu bahwa dosa riba yang paling kecil adalah senilai berzina dengan ibu kandungnya sendiri maka tidak akan ada orang yang berani mengambil riba.

Dan yang terakhir (3) Banyak orang yang tidak tahu bahwa praktek muamalah yang ia kerjakan mengandung riba ataukah tidak, sehingga secara tidak sengaja terjebak dalam praktek riba.

Masalah-masalah di atas dapat dikurangi atau bahkan di eliminasi dari negeri dengan penduduk muslim terbesar di dunia ini dengan cara :

  1. Melakukan edukasi riba secara masif dari a sampai z hingga tidak ada kaum muslimin yang buta akan riba.
  2. Mengadakan acara kopdar kegiatan tiba di berbagai kota di seluruh Indonesia secara masif.
  3. Dan yang paling penting adalah pendampingan hijrah dari riba baik secara personal maupun grup.

Solusi tersebut diatas dapat dikerjakan secara optimal jika ada suatu wadah untuk menjembatani berbagai komunitas pegiat anti riba di seluruh Indonesia. Wadah untuk meningkatkan efektivitas gerakan dan aktivitas komunitas secara masif sehingga akan lebih banyak lagi kaum muslimin yang tercerahkan dan teredukasi khususnya tentang riba.

Sebuah sistem yang sifatnya nirlaba, yang fokus pada otomasi bantuan pendampingan hijrah, tanpa mengejar keuntungan dunia. Hanya satu keuntungan yang akan dikejar, yaitu ridho Allah SWT, dengan cara memberi kemudahan bagi para pegiat anti riba untuk bertemu dan memberikan pendampingan hijrah pada mereka yang membutuhkan.

Wadah Itu adalah ribapedia. Ribapedia adalah sebuah aplikasi yang menghadirkan edukasi riba secara lengkap dari a sampai z. Didalamnya dikenalkan hukum-hukum tentang riba, kisah-kisah testimoni orang yang berhasil hijrah dari riba, serta klinik hijrah dari riba di seluruh Indonesia.

Ribapedia memudahkan orang-orang yang hendak hijrah meninggalkan riba untuk mendapatkan konsultasi secara langsung di kota masing-masing. Ribapedia percaya bahwa setiap orang yang hendak berhijrah membutuhkan pendampingan khusus agar dia sukses dalam berhijrah dan meninggalkan riba selama-lamanya.

Ribapedia adalah milik umat Islam, oleh karena itu ribapedia menyerukan kepada seluruh umat Islam khususnya di Indonesia, pemerhati dan pegiat anti riba untuk bersama-sama berkontribusi di ribapedia, sehingga umat Islam di seluruh Indonesia terbebas dari jeratan riba, insyaAllah.

Kontribusi bisa berupa tulisan, infografis, video, sangat berarti untuk meningkatkan syiar anti riba ke seluruh Indonesia. Ribapedia juga menyerukan kepada para pegiat sosmed, untuk mengamplifikasi seruan ini, sehingga akan banyak kaum muslimin yang terpanggil dan menyambut syiar ini.

Aplikasi ribapedia akan dibangun dalam platform iOS dan android, untuk menjamin masifnya penyebaran edukasi riba ini. InsyaAllah, aplikasi ini akan disebarkan gratis, tanpa iklan apapun, untuk menjamin agar edukasi bisa maksimal tersampaikan.

Oleh karena itu, saya mengajak kaum muslimin untuk berperan aktif, mendonasikan materi untuk pengembangan aplikasi ribapedia ini. InsyaAllah, setiap rupiah yang diterima, menjadi amal jariyah yang tidak putus ketika kita sudah meninggal dunia.

Tahapan pengembangan ribapedia terjadwal sebagai berikut :

  • 25 Maret 2018 Ide awal ribapedia dibentuk
  • 20 Mei 2018 Penggalangan tim developer aplikasi ribapedia
  • 29 Mei 2018 Rilis penggalangan dana ribapedia
  • 1 Juni 2018 Rilis prototype awal ribapedia
  • 1 Juli 2018 Rilis ribapedia versi beta kepada beberapa beta tester
  • 1 Agustus 2018 InsyaAllah, rilis ribapedia di appstore dan playstore.
  • 4 Agustus 2018 Grand launching ribapedia di Jakarta / Yogyakarta / Surabaya / Balikpapan


Wassalaamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Arief Jafar Rachmansyah
Founder ribapedia

WA. 0821.4141.2460
Rek. BNI Syariah 0245439992

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 1

  • Rp. 100.973
    Dadi H. Daim

    Semoga Allah meridloi kita semua.

  • Rp. 100.973
    Dadi H. Daim

    Semoga Allah meridloi kita semua.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Campaign Telah Berakhir

Di bawah ini adalah list fundraiser yang ikut mendukung Bantu ribapedia Bebaskan Indonesia dari Riba

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?