Kitabisa! - Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara

Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara

Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara
Ribuan petani sangat miskin butuh pendampingan untuk bangkit. Memperbaiki ekonomi dan sekaligus memperbaiki krisis lahan. Yuk kita berzakat untuk mereka

Bantu Amal Sosial Odesa dengan menjadi Fundraiser. Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke "Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara".

Rp 59.113.930

Open Goal 438 hari lagi


Penggalangan dana dimulai 10 Oct 2018 oleh:

Baca update terbaru dari penggalangan dana ini!

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) setiap tahun menyampaikan data tentang keterpurukan hidup pertanian. Krisis lingkungan yang melanda dunia, termasuk Indonesia menyebabkan penurunan produktivitas pangan para petani kecil. 

3dedd28e-affb-4e26-9f0b-101157ae92af.jpg

Musim yang tidak teratur, susutnya ekosistem tanaman hutan, dan rusaknya tanah akibat eksploitasi penggarapan disertai kimia membuat kerja petani makin sulit dengan hasil yang minim. Odesa Indonesia melihat fakta betapa kesengsaraan petani di Kawasan Bandung Utara( KBU) meluas, menyebabkan petani miskin semakin miskin, dan mereka yang rawan miskin mudah menjadi miskin. 

Mereka telah bekerja keras, dan saat mendapat pendampingan kegiatan pertanian yang lebih produktif sekaligus menyelamatkan lingkungan hidup dari erosi mereka bisa melakukannya. 

Dunia telah berubah. Sistem kerja harus berubah. Model-model baru pertanian untuk menghasilkan pangan bergizi digerakkan. Pertanian yang baik adalah pertanian yang efektif dan memberi manfaat kepada masyarakat sekitarnya. Dan itu setahap demi setahap berhasil dilakukan Yayasan Odesa Indonesia dengan melibatkan para petani dan penggarap lahan untuk menanam tanaman pangan dan tanaman penghijauan. 

fa020c42-f1e2-4dd1-8290-406640eb18a2.jpg

Kelor, sorgum, hanjeli, bunga telang, kopi hingga tanaman tegakan seperti nangka, mahoni, cemara telah banyak ditanam. Gerakan ini melibatkan petani untuk menghasilkan pangan bergizi dan penghijauan ini sangat efektif. 

Petani butuh alat. Teknologi kecil tepat guna banyak dibutuhkan. Alat penyiraman, selang, green house, hingga mesin pengolahan pasca panen menjadi kebutuhan mendasar. Dengan model pendampingan secara harian, para petani bisa bangkit dan menemukan jalan keluar. 

Yayasan Odesa Indonesia mengajak Anda untuk bersolidaritas dalam usaha pembangunan sumber daya manusia dan usaha penyelamatan lingkungan penyebab banjir Kota Bandung ini. 

SALURAN MUDAH DAN TERPERCAYA UNTUK DONASI ANDA Salurkan donasi pertanian dan penghijauan melalui 

https://www.kitabisa.com/donasihijau Salurkan zakat untuk program petani miskin/prasejahtera https://www.kitabisa.com/zakatodesa 


Untuk informasi detail seputar kegiatan Amal Sosial Odesa, Anda bisa menghubungi:

ODESA INDONESIA BERGIAT MELAYANI KEHIDUPAN KAUM PAPA.

Beberapa diantaranya adalah para petani yang didampingi oleh Amal Sosial Odesa. Amal Sosial Odesa merupakan bagian dari Yayasan Odesa Indonesia yang didirikan oleh para jurnalis, dosen,seniman dan pengusaha di Bandung. 

b8ba7535-6432-47e9-bf49-36393beb0b8c.jpg

Yayasan ini berdiri dalam rangka mengatasi problem kemiskinan akibat kesenjangan sosial dan juga masalah lingkungan hidup yang rusak parah di Kawasan Bandung Utara (KBU) khususnya di Kecamatan Cimenyan khususnya di Desa Mekarmanik, Desa Cikadut, Desa Mandala Mekar, Mekarsaluyu, Cimenyan, Ciburial, dan Sindanglaya.

Pada wilayah tersebut, keterbatasan akses bibit yang berkualitas, pengetahuan yang kurang memadai, hingga rendahnya penghasilan, membuat mayoritas keluarga petani hidup serba kekurangan.

"Banyak keluarga buruh tani yang penghasilannya hanya berkisar antara 400-700 ribu setiap bulan dengan tanggungan beban ekonomi tiga kapita," terang Faiz (Pendiri Amal Sosial Odesa). 

Akibatnya, anak-anak mereka pun tak punya ongkos dan kemampuan untuk melanjutkan sekolah. Bukan hanya itu, tempat tinggal mereka pun jauh dari kelayakan huni. 

085d83ac-b687-4358-b9e8-c6e6bf2bb787.jpg

Ada Pak Damin yang sehari-hati bekerja menggali batu. Dalam sebulan, beliau harus memenuhi target setidaknya 1 Colt batu untuk bisa mendapatkan penghasilan 350 ribu rupiah. Penghasilan ini pun tidak menentu, lantaran tak setiap hari ada permintaan batu. 

Pak Damin tinggal bersama anak dan cucu-cucunya di Kampung Cadas Gantung. Ketiadaan modal usaha dan keterampilan memaksa beliau hanya mengandalkan pekerjaan menggali batu meski sangat berbahaya. 

7678703d-ea7a-4a02-aa78-5c424eb67699.jpg

Lain lagi kisah hidup Pak Aep Sapari dan Ibu Nani dengan ketiga anaknya di Kampung Barukai, Desa Mekarmanik. Mereka hidup di gubuk kecil berukuran 5x2,5m persegi yang berada di lokasi tempat pembuangan sampah.

Sehari-hari, Aep yang bekerja sebagai buruh bangunan mengandalkan penghasilan yang tak menentu. Walau serba sulit, Pak Aep dan Bu Nani berjuang agar anak-anak mereka tak putus sekolah. Saat ini, Lela anak sulungnya duduk di kelas 6 SD, adiknya Dede Furkon berada di kelas 3 SD, sedangkan bungsunya masih berusia 1 tahun. 

Demikian pula dengan Pak Dadang dan Bu Nengsih serta kedua anaknya. Pak Dadang dan Bu Nengsih yang mencari nafkah sebagai pencari rumput untuk ternak 6-8 kali dalam sehari. Sejak jam 6 pagi, mereka harus naik turun bukit agar mencapai target pengumpulan rumput.

12172cba-93bd-49f0-b844-5994631dec87.jpg

Acapkali kedua anak Nengsih ditinggal tanpa sarapan sebelum berangkat sekolah. Tak jarang kedua batal sekolah karena minimnya pengawasan orang tua. Kondisi miskin dan kurang air ini membuat anak-anak mereka terkena kurang gizi. 5 Januari lalu, Andri, anak yatim piatu itu terkena infeksi. Bagian kakinya bengkak karena telat pemeriksaan. Sekarang sudah diurus relawan Odesa ke rumah sakit dan mendapatkan pemantauan intensif. 

Masih banyak lagi keluarga-keluarga miskin lain di Kawasan Bandung Utara yang membutuhkan bantuan. Zakat Anda akan sangat berarti untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga-keluarga prasejahtera ini. Anda bisa pula melihat kisah keluarga lain di sini.

Banyak orang kekurangan pangan

Kisah Petani Pra Sejahtera di Balik Bukit

Kenapa Amal Sosial Odesa Berhak Menerima Zakat?

  • Penerima manfaat dari program yang dijalankan oleh Amal Sosial Odesa berasal dari asnaf Miskin dan Fi sabilillah merujuk pada 8 Golongan yang berhak menerima zakat menurut QS At Taubah 60:
503ef9bd-be4d-4238-bb48-2522e5cc627a.jpg
  • Amal Sosial Odesa Indonesia banyak menyasar kepada golongan tepat sasaran yaitu buruh tani berpendapatan kecil di bawah Rp 600.000. Keadaan hidup yang memprihatinkan di balik perbukitan dilayani. Pada kelompok ini juga telah berhasil menjangkau lebih dari 230 orang siswa/i yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk memberikan pendampingan pendidikan luar sekolah dan kepala keluarga di Kawasan Bandung Utara (KBU). 

Apa Program Zakat Amal Sosial Odesa?

79101fcf-ebcf-499d-ab7a-377610f8abb5.jpg

Program penyaluran dana zakat yang kami jalankan adalah:

  • Amal Sosial disertai pendampingan perbaikan kualitas hidup meliputi program ekonomi tani (budidaya, pasca panen dan marketing) kebersihan, pendidikan dan kegotong-royongan.
  • Budidaya tanaman pangan, tanaman herbal dan tanaman penghijauan berupa pembagian bibit gratis kepada para petani pra sejahtera dan pemuda tani. Jenis bibit antara lain, kelor, sorgum, hanjeli, kopi, pepaya, nangka, kumis kucing, padi gogo, sirsak, pisang, bambu, surian, ciplukan,dll.
  • Bantuan Ternak domba dan sapi. Peternak juga didampingi agar mampu beternak secara optimal.
  • Literasi: Pendidikan Informal Bermodel Pendampingan, mulai dari Bahasa Inggris, kewirausahaan, pertanian, kepedulian lingkungan hidup kepada anak-anak dan remaja dari keluarga pra-sejahtera. Materi pembelajarannya berorientasi pada pembangunan karakter yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
ebae2913-230e-4ee3-91cf-d7464214b553.jpgd30603c4-a8a2-422b-833a-077a2a807a86.jpg5f436b49-59f4-4053-a925-264db9408665.jpg

Pengurus Yayasan Odesa Indonesia:

Pengurus Yayasan Odesa Indonesia Bandung

Untuk informasi detail seputar kegiatan Amal Sosial Odesa, Anda bisa menghubungi:

  • No. Telepon:  082240062622
  • Fanspage: Odesaindonesia
  • Instagram: odesaindonesia
  • Twitter: odesaindonesia
  • Website: https://odesa.id/

Mari salurkan zakat Anda melalui Amal Sosial Odesa untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat miskin di Kawasan Bandung Utara (KBU); serta membersihkan penghasilan dan harta untuk keberkahan hidup kita.

Cara Zakat:

  1. Klik Tombol "Zakat Sekarang"
  2. Masukkan nominal Zakat
  3. Pilih metode pembayaran: GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI.

Wassalam,

Amal Sosial Odesa

----------

Disclaimer:

100% zakat Anda disalurkan dalam program ZakatHub by BAZNAS, dengan pembagian sebagai berikut:

  • 90% zakat dialokasikan langsung ke Amal Sosial Odesa
  • 10% zakat dialokasikan ke program BAZNAS

Dengan ini Anda akan mendapatkan Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dilampirkan saat melaporkan SPT tahunan sebagai pengurang PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman penggalangan ini adalah milik penggalang dana dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

ZAKAT SEKARANG

Donatur 873

  • Rp. 10.000.671
    Anonim
  • Rp. 5.000.798
    Anonim

    semoga barokah

  • Rp. 2.000.551
    Rini Murwahyuni

    semoga Allah swt meridhoi amal ibadah kita, amin YRA

  • Rp. 2.000.539
    Anonim
  • Rp. 2.000.000
    Anonim
  • Rp. 1.500.000
    Rini Murwahyuni

    Semoga Allah memberkati kegiatan ini. Juga akan baik sekali jika keluarga petani yg membutuhkan bisa dihubungkan dengan program dana desa.

  • Rp. 1.000.837
    Nadine
  • Rp. 1.000.754
    Anonim

    Utk zakat profesi

  • Rp. 1.000.555
    Rini Murwahyuni
  • Rp. 1.000.411
    Anonim
SHOW MORE
  • Rp. 10.000
    Hamba Allah

    Semoga berkah

  • Rp. 1.000.555
    Rini Murwahyuni
  • Rp. 350.000
    Anonim
  • Rp. 50.549
    Anonim
  • Rp. 945.000
    Anonim

    Semoga bermanfaat ya utk meningkatkaj kesejahteraan keluarga petani! :)

  • Rp. 10.000
    Anonim
  • Rp. 1.000
    Hamba Allah
  • Rp. 489.164
    Muhammad Wahyu Syahputra

    Semoga Para Petani makin produktif dan mandiri

  • Rp. 2.000
    Anonim
  • Rp. 50.000
    Mussa

    Semoga bermanfaat, amin. (Sri.P)

SHOW MORE
Amal Sosial Odesa 14 Aug 2019

Pencairan Dana Rp 1.600.000

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: penyaluran zakat bulan agustus untuk suport keluarga mak imih yang cucunya stunting

Amal Sosial Odesa 24 Jun 2019

Pencairan Dana Rp 29.180.641

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: Pencairan untuk pelaksaan program modal usaha pertanian bulan 1) modal pembibitan, 2) alat/mesin penyiraman, 3) santunan anak sekolah

Amal Sosial Odesa 21 Jun 2019

Update 11 - Zakat Anda Memperbaiki Ekonomi, Gizi & Lingku

Orang Baik......

Zakat yang Anda kirimkan berhasil memperbaiki ekonomi, memperluas gizi berkualitas dan memperbaiki lingkungan. Petani pra-sejahtera butuh kebangkitan dengan modal usahanya.

Bulan Juni 2019 Yayasan Odesa Indonesia telah menyalurkan zakat untuk keperluan pendampingan keluarga petani. Kali ini ada Pak Tardi yang sebelumnya menanam hanjeli berhasil bagus. Tahap bertama tanam bulan november 2018 berhasil, tahap kedua bulan juni akan memperluas tanam hanjeli. Pak Tardi sangat bagus kinerjanya dan patut menjadi teladan dalam bermasyarakat khususnya memberikan contoh kepada tetangganya untuk mengembangkan tanaman bergizi. Selain akan tanam hanjeli juga menanam sorgum dan mengembangkan bibit herbal lain di rumahnya. 

Hanjeli Sangat baik untuk perbaikan gizi. Pohonnya menumbuhkan keanekaragaman spesies dan komposnya menyuburkan lahan.

Petani Sutardi Pengembang Hanjeli dan SorgumPak Tardi Cisanggarung Cimenyan Kab.Bandung

Ada juga petani pra-sejahtera di Kampung Waas, namanya Pak Wahdar yang sudah mulai mengembangkan tanaman herbal serta tanaman pangan seperti hanjeli dan sorgum. Kisah hidup Pak Wahdar bisa dibaca di https://odesa.id/keluarga-pak-wahdar-beginilah-keadaan-petani/

Keluarga Pak WahdarKeluarga Pak Wahdar

Lain Hal dengan itu, ada seorang janda tiga anak yang ditinggal meninggal suami tahun lalu. Bu Sugeng harus menyangga ekonomi keluarganya dengan tiga anaknya yang semuanya masih sekolah dasar. Karena minat berusaha berjualan, Bu Sugeng berhasil membuat kue dari bahan tanaman pangan sorgum yang dikembangkan Odesa Indonesia.

1a5912ec-d789-4b8b-a98a-ede06ab5124a.jpg

Ada juga pak Ai Wahyu, seorang petani pekarangan yang menderita stroke akut. Ketika ia mulai sembuh setelah sering mengonsumsi daun afrika dan kelor sebagaimana dikisahkan dalam video ini https://www.youtube.com/watch?v=LkgUY8ELAJY ia mulai bertani lebih serius karena ia tidak bisa lagi bekerja memegang mobil atau naik motor.

Stroke bisa sembuh dengan kelor dan daun afrika.

69ae9a49-5582-4e6a-a6a6-2255fa8d793e.jpg

Masih ada petani-petani teladan lain yang membutuhkan suntikan dana untuk modal usaha secara bertahap. Mereka membutuhkan kebangkitan ekonomi. Dan keberhasilan mereka dengan usaha tani juga berarti memperbaiki lingkungan karena tanaman yang ditanam berdampak bagi penghijauan. Lebih dari itu, hasil panen itu juga menyehatkan masyarakat karena semua tanaman yang dikembangkan Odesa Indonesia memiliki gizi yang baik.

Mari kita bantu. Berdonasilah lagi supaya mereka bangkit dari keterpurukan dengan usaha-usaha yang dirintis dari rumah atau ladangnya.

Salam Hormat

Odesa Indonesia

Amal Sosial Odesa 3 Jun 2019

Pencairan Dana Rp 10.000.000

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: Pencairan sebelum Idul Fitri karena sebagian donatur yang menginginkan untuk zakat Zakat mall lainnya untuk modal petani atau santuan

Amal Sosial Odesa 3 May 2019

Pencairan Dana Rp 1.500.000

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: Pencairan untuk zakat 3 penerima sebelum bulan

Amal Sosial Odesa 27 Mar 2019

Update 8 - Laporan Penyaluran Zakat Odesa Maret

Sahabat muzaki Yth,

Yayasan Odesa Indonesia pada bulan maret ini telah menyalurkan amanat zakat ke para petani di desa.

Rp 3.000.000 untuk petani hotani (7 anggota) sebagai modal usaha tanam sorgum dan tanam sayuran.

Sedangkan sisanya dibagi untuk 2 orang janda, dan satu petani pekarangan penyandang stroke. 

Demikian laporan kami. Terimakasih dan mohon berdonasi lagi karena banyak banyak fakir miskin yang membutuhkan bantuan.

ad77d464-262d-4716-810e-92e5d3e7ed03.jpg5ec7cc31-d3e7-401f-9cd3-5bda9e54965a.jpge01fc717-f054-40cc-89b0-75d667cce73d.jpga9d3415b-4151-406d-a616-c9dc822d5d97.jpg

Amal Sosial Odesa 9 Mar 2019

Pencairan Dana Rp 4.950.260

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: Assalamu'alaikum akan mencairkan dana zakat tersebut untuk penyaluran bantuan pangan dan bantuan pembibitan petani bulan maret

Amal Sosial Odesa 2 Mar 2019

Update 6 - Penyaluran zakat januari


0122c5d5-be41-46ad-afee-a9a9f08b6621.jpg

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yayasan Odesa Indonesia mengucapkan terimakasih kepada para donator/muzzaki yang telah berzakat ke baznas kita bisa. Pada bulan januari lalu kami telah menyalurkan zakat kepada 6 orang fakir dan 1 orang miskin melalui program zakat pemberdayaan pertanian. Pendamping pertanian di lapangan Mang Toha dan Pak Ujang Rusmana menyalurkan bantuan dengan tahapan-tahapan mingguan untuk memenuhi kebutuhan dapur dan juga kebutuhan usaha tani masing-masing orang. Sebagian penyalurannya dalam bentuk beras, uang dan belanja bahan pertanian, terutama bibit dan polybag.

Kami menyalurkan Rp 4.000.000 dengan nominal berbeda sesuai dengan usaha yang sedang digarap. Ibu Imi Rp 1.200.000. Ibu Nengsih Rp 1.200.000. Ibu Aas Rp 600.000. Ibu enah Rp 300.000. Mang Idan Rp 300.000. Kakek Tukhyat Rp 300.000. Mang Karin Rp 300.000. Total pengeluaran untuk beras, belanja polybag, bibit tanaman dan bantuan finansial. Rp 4.000.000 

Kami sangat berharap para donator kembali menyalurkan bantuan ini karena kami memiliki banyak binaan kelompok fakir-miskin yang sedang menekuni usaha pertanian.

Demikian kami sampaikan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Hormat Kami

Agung Prihadi

Sekretaris Yayasan Odesa Indonesia


0afd501e-7319-4dc6-b8d2-c9fce1118635.jpg
Amal Sosial Odesa 29 Jan 2019

Pencairan Dana Rp 4.000.000

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: Pencairan dana untuk tasaruf kepada keluarga miskin bulan januari 2019. Yang tertunda karena pencairan sebelumnya gagal.

Amal Sosial Odesa 16 Jan 2019

Update 4 - Laporan Pencairan dana

Tanggal 30 November lalu kami sudah mencairkan dana zakat Rp 500.000. Disalurkan sebagai tambahan untuk bantuan kebutuhan merawat cucunya, andri. Kebutuhan donasi satu bulan Rp 900.000. Sedangkan kekurangannya dari pihak luar program ini. Dua bulan ini alokasinya untuk Pak Dadang/Ibu Imi yang merawat cucu yatim piatunya. Juga untuk ibu nengsih (2 anak) untuk menunjang kebutuhan pangan dan pendampingan tani pekarangan untuk peningkatan usaha rumah tangga. Selain itu donasi yang terkumpul bersama donasi di luar program ini akan memberikan santunan kepada 14  anak desa yang belajar di program sekolah minggu di Cikored. Santunan tersebut akan diwujudkan dalam bentuk belanja buku/alat tulis, dan makanan bergizi. Terimakasih donatur. Kami masih banyak kekurangan karena kegiatan pendampingan ini berbeda dengan program charity. Butuh biaya beberapa bulan untuk mensuport keluarga pra-sejahtera mendapatkan pekerjaan baru yaitu tani pekarangan.

b70064d5-baa9-423e-b2ec-537f92c51498.jpgfd0338eb-3909-4218-8610-b44c422f4c8f.jpgd7432e17-55a2-4d8d-972c-74a4ea0089fc.jpg
Amal Sosial Odesa 16 Jan 2019

Update 3 - Penyaluran zakat januari

Keluarga ibu imi dengan cucu yatim piatunya Andri yang kurang gizi ini mendapat santunan rutin bahan pangan setiap hari. Juga bantuan kebutuhan mandi. Selain keluarga ibu imi, keluarga nengsih janda anak dua juga mendapat santunan rutin. Zakat dari Anda semua tersalurkan secara tepat waktu dengan model pendampingan. Kita berharap dgn program tambahan ekonomi tani pekarangan, nantinya mereka setahap demi setahap bisa mandiri, atau terkurangi bebannya. Terimakasih donatur. Semoga Allah Swt membalas kebaikan Anda. Kami masih menerima bantuan ini karena beberapa keluarga fakir miskin membutuhkan pendampingan jangka panjang karena menyangkut nasib anak-anaknya yang kurang terurus. 

d82fd65a-d4bb-414c-8cd3-e48c9622521e.jpg
b29085a6-1b3c-46d1-9950-b8014918bb5f.jpg
Amal Sosial Odesa 28 Dec 2018

Update 2 - Penyaluran zakat desember

26792480-f01f-4d98-af98-1231361243f3.jpg

Keluarga ibu imi dengan cucu yatim piatunya Andri yang kurang gizi ini mendapat santunan rutin bahan pangan setiap hari. Juga bantuan kebutuhan mandi. Selain keluarga ibu imi, keluarga nengsih janda anak dua juga mendapat santunan rutin. Zakat dari Anda semua tersalurkan secara tepat waktu dengan model pendampingan. Kita berharap dgn program tambahan ekonomi tani pekarangan, nantinya mereka setahap demi setahap bisa mandiri, atau terkurangi bebannya. Terimakasih donatur. Semoga Allah Swt membalas kebaikan Anda. Kami masih menerima bantuan ini karena beberapa keluarga fakir miskin membutuhkan pendampingan jangka panjang karena menyangkut nasib anak-anaknya yang kurang terurus. 

47b89745-6686-49bf-998e-7f08f4464dbd.jpg
Amal Sosial Odesa 30 Nov 2018

Pencairan Dana Rp 500.000

Ke rekening BRI ** *** *** *** 4506 a/n YAYASAN ODESA INDONE

Rencana penggunaan dana: terimakasih kepada donatur yang telah berzakat. Bantuan ini kami cairkan 500.000 sebagai tambahan biaya pendampingan 2 keluarga miskin yang 3 anaknya kekurangan gizi. Nilai bantuan 20 persen dari total pembiayaan.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

ZAKAT SEKARANG

Berzakat sebagai Fundraiser

Isi form di bawah untuk menjadi Fundraiser penggalangan "Zakat untuk Pemberdayaan Petani Bandung Utara"
Setiap zakat yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke Amal Sosial Odesa.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?